Pengikut

Penting! Daftar Google News Untuk Blogger

15 komentar
daftar google news untuk blogger

kikichemist.com,- Sebagai seorang blogger, tentunya kita ingin artikel yang telah kita buat dibaca oleh banyak orang. Nah, agar bisa terbaca pastinya kita harus memastikan kalo konten blog kita udah terindeks oleh google.

Setelah kemaren aku daftar google analytics dan google search console untuk support blogku. Kali ini coach Marita kembali memberikan tools rahasia yang bisa kita gunakan untuk semakin memudahkan konten kita berada di halaman pertama google.

Yup, ada yang namanya google news. Pertama kali mendengar namanya pasti kita akan mengira bahwa google news hanya diperuntukkan bagi konten berita saja. Tapi ternyata, lebih dari itu konten dari blog kita juga bisa didaftarkan untuk masuk google news.

Tentunya hal ini akan menguntungkan blog yang didaftarkan ke google news. Tapi sebelumnya, ketahui dulu manfaat daftar google news untuk blogger di bawah ini.

Manfaat Daftar Google News Untuk Blogger


manfaat google news untuk blogger

Ada beberapa keunggulan yang bisa kita dapatkan ketika konten blog yang kita punya terdaftar di google news. Apa aja ya? Yuk ceki-ceki ke bawah!

1. Lebih Mudah Masuk Ke Halaman Pertama Google

halaman pertama google


Ketika kita membuat konten yang berkualitas dan disukai oleh google news. Maka akan ada kemungkinan artikel kita akan menjadi berita utama dan berada di halaman pertama pencarian google.

2. Mempercepat Indexing Google


Cara daftar google news ini adalah materi tugas bonus terakhir yang dikasih coach Marita, kalo kata coach Marita mendaftarkan blog ke google news bisa mempercepat indexing google.

Kalo selama ini kita harus inspect url satu persatu ke google search console, nah google news akan membuat konten blog kita lebih cepat terindeks sebelum kita melakukan inspect url.

3. Menambah Traffic Organic Blog


Memiliki traffic organic pasti diinginkan semua blogger kan, mendaftarkan blog ke google news juga akan lebih banyak mendatangkan traffic organic, karena nantinya artikel kita jadi lebih mudah untuk ditemukan oleh pembaca.

4. Berpeluang Mendapat Backlink


Kalian udah pada tau backlink kan? yup, backlink adalah tautan web yang akan mengarahkan ke web lainnya. Jika konten kita berhasil direkomendasikan oleh google news, pastinya konten kita akan dijadikan referensi oleh blog lain.

Maksimalkan Fungsi Google News Anda

fungsi google news

Kita udah tau nih apa aja manfaat dari mendaftarkan blog ke google news, untuk memaksimalkan manfaatnya, kita perlu melakukan beberapa hal.

1. Perhatikan Struktur Blog

Berdasarkan informasi yang aku dapatkan dari niagahoster.com, google news akan lebih cepat menerima blog kita kalo url blog kita gak berubah-ubah, karena url yang terus berubah menyebabkan crawl google gak bisa berfungsi dengan baik.

Yang kedua, tampilan blog yang kita punya haruslah menarik dan responsive. Kayak yang udah aku bahas sebelum-sebelumnya. Tampilan SEO friendly ternyata sangat penting buat blog, bahkan google news juga memperhatikan hal ini.

Tampilan blog yang mudah untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain juga menjadi indikator google news untuk menampilkan konten blog kita.


2. Menjelaskan Identitas Blog Dengan Baik


Nah, ini nih. Di bagian ini yang aku masih perlu pr wkwk. Ternyata blog yang gado-gado itu memang kurang baik ya, kita harus punya nih niche blog yang satu arah biar si google news juga lebih suka dengan blog kita. Jadi, silakan jelaskan blog kalian dengan rinci ya di bagian page about.


3. Membuat Konten Berkualitas


Yang namanya konten pasti udah jadi ratu untuk suatu web kan, jadi jangan segan-segan untuk selalu membuat konten yang berkualitas ya dear. konten yang berkualitas dan informative juga akan mempermudah indexing kita. Yuk mulai rutinin dan beljar buat konten yang berkualitas.

Yuk Daftar Google News


Setelah tau manfaat dan cara biar google news makin suka dengan konten kita, gak perlu tunggu lama, saatnya kalian daftarkan blog ke google news. Caranya gak sulit kok, kalo paham wkwk.

Waktu aku daftar google news, sempat rada parno juga karena artikelku gak muncul-muncul. Eh ternyata cuma masalah waktu wkwk.

Satu jam setelahnya artikelnya langsung pada muncul kok. Jadi, kalo kalian mengalami hal yang sama tenang aja dulu yes. Oke deh ini dia cara sederhananya. Lebih lengkapnya kalo mau disertai video, kalian bisa melipir ke blogspedia ya, tapi kalo udah paham langsung cuss wae

  1. Hal pertama yang musti kalian lakukan adalah membuat logo blog dengan ukuran 512x512 px, kemudian buat gambar yang sama dengan ukuran 200x20 px.
  2. Setelah itu silakan pergi ke halaman ini dan buat akun, klik add publication. Pastikan kalian menggunakan email yang sama dengan email yang terdaftar di google search console ya.
  3. Setelah itu klik bagian google news utuk menyempurnakan pendaftaran. Ada 3 tab yang harus kalian isi yaitu umum, konten setting, dan tinjauan dan publikasi.
  4. Di bagian umum, silakan pilih kategori publikasi yang paling mendekati dengan blog kalian.
  5. Di bagian pengaturan konten, bagian add section “feed” dan bagian rss silakan isi https://www.kikichemist.com/feeds/posts/default?alt=rss. Ganti dengan domain blog kalian. Jangan lupa klik simpan yang ada di bagian atas, lalu klik berikutnya.
  6. Di bagian tinjauan dan publikasi, akan terlihat tulisan tinjau jika ada bagian yang belum lengkap. Jadi, klik bagian tinjau yang masih muncul dan kalian akan diarahkan ke bagian yang perlu diperbaiki. Jika ketika di klik tinjau ternyata mengarah ke bagian general dan di bagian “artikel” tidak memunculkan artikel kita, tunggu beberapa saat dulu dear, setelah itu kembali lagi dan akan muncul “publikasikan”, tinggal klik dan pendaftaran kamu berhasil.

Untuk kalian yang link artikelnya gak muncul-muncul saat daftar google news untuk blogger, kalian bisa daftarkan feed dulu di feedburner, tapi kasus ini kalau gak muncul sampai beberapa hari ya. Oke deh sekian dulu, semoga bisa bermanfaat, Setelah daftar google news tinggal istiqomah nulis aja nih.
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

15 komentar

  1. Ternyata Google News ngebantu banget, ya. Selama ini, aku masih setia jadi silent bloger. Tapi ketika bangkit karena kagum sama semangat teman-teman bloger, aku jadi pengin daftar juga. Semangat juga ah!

    BalasHapus
  2. saya juga baru daftar google news kak, dulunya ga tau klo ternyata tools ini banyak fungsinya

    BalasHapus
  3. Manfaatnya memang banyak bgt mbak. Jadi terlihat lebih profesional juga ya sebagai blogger kalau daftar Google news tuh.

    BalasHapus
  4. Asli, google news ngebantu banget buat optimasi artikel kita. Dulu sering banget bermasalah dengan indexing yang ga jelas, kadang cepat kadang lambat. Dengan google news, masalahnya jadi terpecahkan

    BalasHapus
  5. Aku pikir mendaftar google news bakalan agak ribet. Ternyata mudah banget ya, cuma butuh sabar nunggu review.. Yuk semangat lagi memaksimalkan blog kita 🥰

    BalasHapus
  6. Saat awal mendaftar Google News ini yang dibutuhkan kesabaran ya?beruntung saya waktu daftar sangat cepat. Mungkin karen abelum begitu banyak yang menggunakan waktu itu

    BalasHapus
  7. Google News ini sangat penting emang. Yang paling terasa itu indexingnya, dalam hitungan menit sudah terindex. Enak banget, beruntung dulu dipaksa daftar gegara ikut kelas, kalau nggak dipaksa mana mau melakukan keribetan ini wkwk
    Aku bagian yang harus daftar feedburner itu, jadi reviewnya luamaa bets. Emang kudu sabarrr.. Alhamdulillah jadinya bisa juga, dan aplikasi ke blog lain juga jadi paham sih.

    BalasHapus
  8. Manfaatnya banyak sekali yaa pasang google news...Alhamdulillah aku pasang google news ini tidak harus menunggu terlalu lama

    BalasHapus
  9. beneran lo setelah daftar google news, ga perlu nungu lama, artikel yang sudah dibuat langsung terindex google

    BalasHapus
  10. Mantaaap.. Akhirnya pasang gnews juga. Walaupun harus nunggu lama sampe approve, tapi kalo udah berhasil pasang emang sakti si gnews ini.. Hehe

    BalasHapus
  11. Solusi bgt loh untuk yg lupa index manual GSC, kalau dah berhasil daftar gnews tuh biasanya auto keindex cepet ;) wajib deh para blogger daftari blog ke gnews.

    BalasHapus
  12. Jadi mau daftar juga... Hah selama ini kemana saja. Hehehe hanya nulis dan post saja. Takut sama keriwehaanya sih.

    BalasHapus
  13. Ternyata prosesnya cepat ya mba, 3 hari SDH terhubung dengan Google news, Alhamdulillah skrg nggak perlu inspeksi URL LGI di GSC.

    BalasHapus
  14. Wah, asyik banget nih ikuitan google news... BAru beberapi hari yang lalu googling tentang ini, tapi belum ada yang klik.
    BAca artikel ini, jadi lebih gampang ya... yuk cuss ah

    BalasHapus
  15. Sudah merasakan sendiri Google News memang sangat membantu buat indexing artikel kita. tak perlu repot lagi buat inspect ke GSC biar keindex Google. Mantappp! Semangat kak

    BalasHapus

Posting Komentar