Pengikut

Google Analytics: Tools Penunjang SEO untuk Blog Kamu

Posting Komentar
tools penunjang seo blog dan website


kikichemist.com., Setelah cukup lama berhibernasi akibat kepusingan mengelola google analytics, akhirnya aku berhasil menaklukkan tools yang satu ini. Cukup buat keliyengan ternyata ya haha.

Sebagai orang awam yang sok-sok an mau jadi blogger, tentu aku akan dipusingkan dengan berbagai tools penunjang seo yang harus dikuasai para blogger. Inilah salah satu kelebihan dari ngeblog, lebih banyak yang dikelola.

Tapi, itu juga yang jadi tantangan, mau gak mau harus tetep menyelesaikan semua tantangan biar blognya tetep jalan.

Ngomongin google analytic, kebetulan aku mengenal google analytic menjelang akhir tahun 2022 ini. Jadi, ketika kita buat akun GA, bakalan ada pemberitahuan bahwa GA untuk versi yang lama akan segera dihapus.

Versi lama udah mau dihapus aku baru mau bahas aja nih. Kalian udah tau belum apa itu google analytic? Google analytic adalah tools gratis yang disediakan oleh google untuk menampilkan analisa statistic pengunjung dari web ataupun blog.

Nah, berhubung udah ada wacana tools versi lamanya mau dihapus, sekarang kita dianjurkan untuk menggunakan GA4, yaitu versi terbarunya google analytic. Ketika membuat akun GA, nantinya kalian akan otomastis punya akun UA dan akun GA4 dear.

Banyak blogger yang masih meraba-raba untuk menggunakan GA4 ini, karena katanya sedikit berbeda dengan GA versi yang lama. Untuk aku sendiri tentu gak handal keduanya, serius masuk dunia blog juga baru tahun ini kan. Tapi, semoga kalian dapat apa yang dibutuhkan dari artikel ini ya dear.


Apa sih bedanya UA dan GA4?


Kalo ngeliat dari kepusingan para blogger yang udah ahli, kayaknya bakal buat aku lebih pusing deh. Aku sih cuma ngikut-ngikut tutorial dari coach Marita aja sih bisanya. Dikasih tools seo gratis aja susah banget nerapinnya wkwk.

Oke deh, kita bahas si GA ini dari mulai perbedaannya dulu kali ya. Jadi, perbedaan yang paling keliatan dari GA ini adalah kode trackingnya. Kalo GA yang lama biasa dimulai dengan UA, kali ini kode trackingnya dimulai dengan G.

Selain itu, berdasarkan artikelnya blogspedia tentang GA4, perbedaan lain dari dua versi analytic ini, di versi lama dahulu kita diminta untuk memilih jenis platform yang akan kita awasi kinerjanya, apakah we, app, atau web + app dan kalau ada kesalahan memilih bisa bermasalah pada laporannya.

Nah di versi terbarunya, GA4 meminimalisir terjadinya kesalahan itu. GA4 ini bisa mengintip kerja situs plus aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Konon GA4 adalah tools yang disediakan bagi para pebisnis karena banyak fitur yang berhubungan dengan pemasaran


Manfaat Google Analytics untuk Blog


manfaat google analitik


Kalian pernah bertanya-tanya gak, kenapa sih harus pasang GA? Kenapa gak nulis aja di blog biar gak susah-susah. Nah, untuk menemukan jawaban dari pertanyaan itu, skuy baca apa aja manfaat dari GA ini.

1. Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog


Manfaat pertama dari memasang google analytic adalah mengetahui jumlah pengunjung blog kita. Setelah kita memasang goggle analytic, nantinya GA akan memberikan laporan jumlah pengunjung yang masuk ke blog kita.

Kita perlu tau dong jumlah pengunjung di blog yang udah susah-susah diurus, kalo gak ada pengunjungnya kan sedih ya.

Laporan view dari GA akan ditampilkan lebih detail dan akurat dibanding dengan view yang ada di dashboard blog kita, dari GA kita juga tau pengunjung kita berasal dari mana aja. Pokoknya kita bisa memantau trafik blog dengan google analytic.

Dengan mengetahui jumlah pengunjung dari blog, kita jadi tau harus pasang strategi apa biar pengunjung kita naik, dan tulisan di blog lebih banyak dibaca orang.


2. Mengetahui Konten Promosi Yang Performanya Paling Baik

Manfaat lainnya dari tools seo gratis ini, kita bisa mengetahui nih kira-kira konten mana yang paling banyak dibaca oleh pengunjung blog. Dari konten yang paling banyak dan sering didatangi pengunjung, kita jadi lebih tau untuk buat konten selanjutnya.

Dengan begitu, kita bisa meningkatkan performa blog dan membuat pengunjung lebih betah berlama-lama di blog kita.


3. Mengetahui Kata Kunci Yang Paling Efektif

Ketika membuat konten blog, kita pasti akan research dulu nih kata kunci yang kira-kira bisa dipake. Nah, GA akan memudahkan kita untuk memilih kata kunci paling efektif untuk konten blog yang akan kita buat nantinya.

Kalo kita udah punya kata kunci, rasanya jadi lebih mudah kan ya untuk buat konten, selain itu, konten yang kita buat juga akan lebih mudah berada di halaman utama pencarian google.


Cara Memasang Google Analytics


cara memasang google analitik


Kalian udah pada tau belum nih gimana cara pasang google analytic? kalo belum tau, kalian bisa buka artikel ini untuk lebih jelasnya ya dear. Tapi, aku akan kasih sedikit tutorial nih untuk memudahkan kalian menggunakan google analytic.

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah masuk ke halaman google analytics, kemudian klik “mulai mengukur”
  2. Login dengan akun gmail
  3. Buatlah akun GA, untuk nama akun kalian bisa menggunakan nama yang kalian suka ataupun nama blog kalian. Di bawah kolom nama akun, Google meminta persetujuan untuk mengirimkan informasi terkait GA via email, silakan centang lalu klik “berikutnya”.
  4. Pilih jenis property “web”
  5. Buatlah property, isi nama blog kita dan urlnya. Pilih https jika blog kita sudah beralih dari http ke https, lalu isikan domainnya di kolom bagian samping. Lalu isikan domainnya di kolom samping.
  6. Selanjutnya pilih “kode industri” dan “zona waktu”. Kalo tinggal di Indonesia, pilihnya Indonesia aja ya, lalu klik “buat”. Oh iya, pada kotak pilihan, berhubung GA UA udah mau kadaluarsa, silakan pilih memasang UA sekaligus GA4 ya dear.
  7. Nantinya aka nada ID pelacakan yang muncul, silakan copykan ID pelacakan ke bagian setting blog. Jangan lupa, copy juga kode html ke bagian edit html di tema blog, copy tepat di bawah <head>.
  8. Hubungkan GA-UA dengan GA4. Caranya, masuk ke bagian admin, klik di bagian GA4 Setup Assistant, saat muncul pilihan, silakan pilih “saya mau menghubungkan ke property GA4 yang sudah ada” kemudian klik GA4 yang sudah muncul.

Penutup

Key deh, itulah dear manfaat tools seo gratis, tepatnya si google analytic yang bisa meningkatkan performa blog kalian. Yang belum pasang bisa mulai coba-coba pasang yuk biar lebih okeh blognya. Semoga bermanfaat ya dear, kalo udah pasang google analyticnya, jangan lupa rawat blognya ya.
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

Posting Komentar