Buntu, dalam menulis. Kok bisa??

19 komentar
"BUNTU?? NO PROBLEM"


Buntu dalam menulis. Pernah gak sih kalian mengalaminya???

Pernah gak sih kalian berfikir, kenapa ya ada orang yang bisa menulis gak henti- hentinya? 
Pernah gak sih kalian berfikir kenapa orang itu selalu ada aja idenya sementara kita gak punya ide? Pernahkan? Pernah dong ya. Pernah aja deh.

Seringkali ketika sedang menulis, tiba-tiba saja kita merasa bosan, tiba-tiba saja kita merasa buntu dan gak tau harus menulis apa. Kenapa? saya sendiri juga gak tau sih hehe, karna saya sendiri juga sering mengalami hal itu. 

Seringkali ketika menulis, awalnya itu semangat banget, pokoknya semangat 45 banget deh,  bisa ngetik sampai beberapa halaman dalam waktu singkat kalo udah semangat banget. Tapi giliran udah buntu, ditambah badmood bisa jadi pengangguran gak ada kerjaan. 

Kalo udah masanya buntu nih kepala, pasti tuh langsung ditutup segala perlengkapan untuk menulis. Buka laptop, direfresh berkali-kali terus nutup laptop yang baru aja dibuka itu, atau gak malah lari kenonton film atau main game. 

Kurang kerjaan banget kan? tapi serius itu sering banget dialami banyak orang. Namanya juga orang buntu kan, sama kayak jalan buntu, kalo udah dijalan buntu gak bisa kemana-mana, terjebak ditempat itu, dan akhirnya balik lagi ketempat semula. 

Kalo udah kayak gini, siapa yang mau disalahin coba? 

Ingin jadi penulis, tapi buntu. Ingin jadi penulis, tapi gak punya ide. Ingin jadi penulis, tapi gak mood buat nulis. 

Plis deh, coba fikir-fikir lagi, emang semua penulis itu gak pernah buntu? emang semua penulis itu gak pernah kehilangan ide tiba-tiba gitu? emang semua penulis itu gak pernah bad mood gitu? 

ingat!!! penulis juga manusia loh, mereka sama kayak kita, pasti pernah ngalamin hal-hal kayak begitu, tapi kenapa mereka bisa sukses dan tetap menjadi seorang penulis? 

Intinya sih istiqomah. taukan istiqomah? tau dong ya. Maksudnya dari istiqomah itu, bertahan. 

Ya, kita harus bertahan gak peduli seberapa buntunya kita, seberapa gak ada idenya kita, gak peduli seberapa badmoodnya diri ini kita harus tetap menulis, kita harus tetap fokus sama tujuan kita, menyelesaikan tulisan kita. 

Samakan kayak kita yang dituntut istiqomah dalam beribadah, gak boleh ditinggalin kan ibadah itu meskipun kita lagi males banget ibadah? Yap begitu pun juga ketika kita menulis. Sebenernya, ketika kita buntu, itu bukan berarti kita lagi gak berfikir. Iya gak? iya dong kan.

Meskipun buntu, otak kita itu tetap bekerja sebagaimana mestinya kok. Otak kita itu tetap berfikir, jadi kita itu bukan lagi gak dapet ide sebenernya, tapi lagi gak bisa menuangkan idenya aja. 

Kalo kita mau menulis, tulis aja apa yang lagi kita pikirin saat itu, saat lagi buntu itu. Pasti kalian mikir, apa yang mau ditulis? orang lagi buntu jugak hehe. 

Tulis aja deh apa yang lagi kalian pikirin saat itu, tulis aja, kalo lagi buntu ya tulis lagi buntu, kalo lagi laper ya tulis lagi laper. Simpel ajakan? ya, mungkin bagi sebagian orang gak sesimple itu sih. 

Tapi ingat lagi ada pepatah mengatakan "dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan". Percaya gak sama pepatah ini? Percaya gak percaya, tapi pepatah ini benerloh. Gak percaya? gakpapa juga sih kalo gak percaya, saya gak maksa. 

Meskipun memang bener kalo ada kemauan dulu baru ada jalannya. Kalo gak ada kemauan, gimana mau dikasih jalan coba? 

Tapi emang benerloh saat kita lagi buntu, tulis aja apa yang difikirkan otak saat kita lagi buntu itu. Sama kayak saya yang sekarang lagi buntu ini, nah bisa tertulis kan apa yang ada dalam otak saya walaupun lagi buntu? Alhasil ada juga yang bisa saya tuangkan dalam tulisan meski lagi buntu, meskipun mungkin tulisan ini gak begitu bermanfaat kali ya. 

Nah, jadi tetaplah menulis meskipun lagi buntu, tetaplah menulis ketika lagi malas, lawan rasa malas yang dibahasa gaulkan badmood itu.

Baiklah sekian dulu, untuk orang-orang yang ingin jadi penulis keep istiqomah ya, saya yakin kalian bisa menghasilkan karya-karya yang bagus dan bisa bermanfaat bagi banyak orang kalo emang ada kemauan. Keep spirit!!
Semoga bermanfaat❤
kikichem
Hello! Call me Kiki
Lebih baru Terlama

Related Posts

19 komentar

  1. Aku sering buntunya karena emang lagi ngga pengen nulis tapi ngebet mau nulis. Kadinya diem aja depan laptop sambil dengerin musik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu gimana ya?πŸ˜‚. Biasanya sih kalo saya, musik itu sebagai pengiring saat menulis

      Hapus
  2. sekarang aja awak lagi buntu #inhale #exhale

    BalasHapus
  3. Istiqomah itu berat jenderal.. πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berat tapi bisa kok dijalankan kak. InsyaAllahπŸ˜‚

      Hapus
  4. iya, kak......suka buntu emang....

    BalasHapus
  5. kalau aku pribadi, buntu pas nulis karena bener2 lagi gak niat nulis makanya ide ga ada yang keluar. jadi kalau nulis lancar pasti bener bener ada niat juga, pasti ada aja ide buat ditulis.

    BalasHapus
  6. buntu itu adalah.. buntu ya itu buntu ... aq jarang buntu kaka.. malah banyak ide tp yg buat aq gk nulis tu malas ngetik nya hahaahha dan banyak gangguan jd buat aku tertunda tunda huhu..disuruh cuci piring..cuci.baju..masak dll.. jadi tertunda smua hahaha

    BalasHapus
  7. Keren tampilan blog kakak nya :) ini kasus semua blogger ya kak ,ada masa orang itu stop berpikir

    BalasHapus
  8. Keseringannya si kalo malas hahaha

    BalasHapus
  9. Kalau buntu biasanya Gacil kurang tersakiti. Tunggu kecewa dan sedih dulu baru ngalir seperti air kak hehe

    BalasHapus
  10. Banyak yaa macem org buntu kalo nulis,, kalo aq kutinggal tulisan itu sambil maenn game

    BalasHapus
  11. aku sering banyak ide bersilewaran eh kepotong ma tugas negara pas punya waktu buat nulis udh ilang jadi buntu πŸ˜…

    BalasHapus
  12. Pas banyak lupa di notes. Pas mood batiba ga tau mau nulis apa 😐

    BalasHapus
  13. Aku lebih susah nuangin ide kedalam tulisan πŸ˜…. Termasuk buntu juga gak tuh? Huhu. Mungkin aku harus banyak baca dan jalan. Wkwk .

    Btw, thankyou ya kak tipsnya πŸ˜ƒ

    BalasHapus
  14. saya biasanya saat buntu untuk menulis pengennya ngemil :D.... setelah ngemil... terus ngantuk.... itulah yang terjadi dengan saya :D

    BalasHapus
  15. ketawa sendiri baca2 komen diatas,, biasalah itu writer block kan,,, makanya kdg kalo pnya ide,, buat aja dlu kerangkanya,, tp, sakin banyak ide,,semua cuma jd draf aja,, g rampung2 nulisnya ,,hhaha

    BalasHapus
  16. Aq seringkali buntu nulis kalo udah ter-skip anak-anak jejeritan

    BalasHapus

Posting Komentar