Pengikut

Google Search Console: Fungsi dan Bagian-Bagiannya

Posting Komentar
Fungsi dan Bagian-Bagian GSC


kikichemist.com., Masih tentang tools penunjang SEO yang buat aku kelimpungan. Setelah kemaren pasang google analytic untuk blog ini, sekarang kita lanjut ke google search console atau biasa disingkat GSC.

Sama seperti google analytic, GSC juga merupakan tools penunjang SEO gratis yang wajib kita gunakan untuk blog. Biar makin optimal, blog kita juga harus terdaftar di GSC.

Apa Itu Google Search Console?


Sebelum mulai menggunakan GSC, ada baiknya kita tau lebih dulu nih apa itu google search console. Jadi, GSC atau google search console itu adalah layanan gratis dari Google untuk membantu kita memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran situs kita di pencarian google.

Jadi, saat kita buat konten untuk blog, terkadang artikel yang udah kita publish gak bisa langsung tertampil di halaman google. Untuk itu, kita perlu mendaftarkan artikel itu ke google search console.

Sama seperti google analytics, google search console juga merupakan tools SEO gratis yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan performa blog yang kita punya.


Fungsi Google Search Console Untuk Blog


fungsi google search console

Kayak yang udah disinggung di atas, google search console ini bisa bantu kita buat memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah dari blog kita. kalo kalian mau memasang google search console, bisa kesini ya dear.

Udah pasti fungsi google search console sangat penting untuk perkembangan blog kita. Untuk lebih jelasnya, yuk baca fungsi google search console, biar kalian tau dan semakin yakin kenapa sih kita harus menggunakan tools ini.

1. Meng-crawl Situs


Maksud dari meng-crawl sendiri adalah, GSC akan bisa memastikan bahwa google bisa nemuin blog yang kita punya dan merayap ke konten yang kita buat, tentunya dengan begitu blog kita lebih mudah untuk dijangkau para pembaca.

2. Pengindeksan


GSC akan memperbaiki masalah pengindeksan, kita bisa meinta pengindeksan untuk konten yang gak terbaca oleh google, selain itu, kita juga bisa meminta pengindeksan ulang untuk konten yang diperbarui.

3. Melihat Data Traffic


Tools ini akan melihat data traffic dari penelusuran google, yaitu seberapa sering blog kita muncul di Google Penelusuran, kueri penelusuran mana yang memunculkan blog kita, seberapa seringnya para penelusur mengkliknya, dll.

4. Menemukan Masalah


Selain meningkatkan pencarian, GSC juga akan membantu kita untuk menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya yang menyebabkan konten kita gak terbaca oleh google.

Nantinya akan ada pemberitahuan yang masuk jika ternyata ada masalah dari blog kita. Selain itu, GSC juga akan menampilkan situs-situs yang menaut ke blog kita.

5. Memecahkan Masalah 

Memecahkan masalah yang berhubungan dengan AMP, kegunaan seluler, dan fitur Penelusuran lainnya.



Apa Aja sih yang ada di Google Search Console?

fitur dalam google search console


Dengan fungsi yang sedemikian rupa, google search console punya beberapa fitur yang bisa kalian kulik-kulik. Fitur-fitur google search console ini tentu akan memaksimalkan fungsinya. Biar makin kenal sama GSC, yuk kita kenalan dulu sama isinya.

1. Inspect URL


Bagian ini adalah tempat untuk melakukan inspeksi untuk url blog kita. Di bagian atas google search console, ada seperti kolom pencarian yang bertuliskan inspect url.

Kalo kita udah buat konten di blog, jangan lupa lakukan inspeksi url di bagian tersebut. Begitu juga jika ada perubahan pada konten blog kita, maka urlnya juga harus di inspeksi ulang.


Ketika melakukan inspect url muncul tulisan url ada di google, berarti aman. Tapi ketika terdapat tulisan url tidak terdaftar di google, silakan klik minta pengindeksan.

2. Performance

performa google search console


Di bagian performance, kalian akan bertemu dengan grafik. Grafik ini merupakan hasil laporan si GSC yang meliputi total klik, total tayangan, CTR rata-rata, dan posisi rata-rata.

Untuk total klik, itu merupakan data berapa kali halaman blog kita di klik dari pencarian google, total tayangan merupakan data berapa kali halaman kita ditayangkan di halaman google, tapi yang ditayangkan belum tentu diklik ya dear. CTR adalah hasil pembagian dari total klik dengan total tayangan, dan yang terakhir ada posisi rata-rata yang merupakan angka posisi kita di pencarian google.

Di bagian bawah, kita akan menemukan kueri, kalo diklik lebih jauh, kita akan menemukan informasi yang lebih rinci, kita bisa tau halaman yang sering mendapatkan traffic organic dari google.

Di samping kueri, ada menu negara, perangkat, dll. Kalian bisa klik dan melihat informasinya lebih detail lagi. Waktu aku buka bagian ini bikin dag dig dug karena keliatan banget perform dari blog yang masih butuh banyak dirawat di tengah kebimbangan ngeblog wkwk.

Oh iya, untuk jenis penelusuran kalian bisa mengganti rentang waktunya ya dear, jadi kalo kalian mau lihat perminggu, perbulan, atau pertahun silakan diganti aja pada bagian kanan atas.

3. Indeks


Menu indeks memiliki 3 bagian, yaitu cakupan, peta situs dan penghapusan.

1. Cakupan


Kalo kita klik cakupan, nantinya akan terlihat berbagai permasalahan yang ada di blog, ntah itu halama yang tidak terindeks, tidak ditemukan, atau terjadi kesalahan server.

2. Peta situs


Peta situs adalah tempat kita memberikan daftar isi dari blog yang kita punya, di sana kita memasukkan sitemap dalam format xml, jangan masukkan postingan kita dalam peta situs ya dear. Hal ini untuk memudahkan google mengetahui halaman yang ada di blog kita.


3. Penghapusan


Penghapusan pada menu indeks berfungsi untuk menghapus halaman yang ingin dihapus. Jadi, kalo misalkan ada halaman yang udah terindeks google tapi kalian ingin menghapusnya, maka kalian bisa membuat permintaan untuk menghapus halaman tersebut.


4. Penyempurnaan

Di bagian penyempurnaan kita akan menemukan banyaknya angka kesalahan yang muncul. Kalo di klik, akan terlihat lagi penyebab berbagai kesalahannya, tapi kalo aku sendiri masih belum terlalu paham gimana memperbaikinya dear. semoga nanti semakin ngulik GSC akan semakin paham yes.



Begitulah dear sedikit penjabaran mengenai fungsi google search console dan apa aja fitur-fitur yang ada di dalamnya. Jadi jangan lupa pasang google search console untuk blog kamu ya, biar tools SEO gratis ini bisa bantu blog kamu dikenal banyak orang. See you.



kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

Posting Komentar