Pengikut

Manfaat Ikan Lele dan Olahan Sederhana

Posting Komentar
manfaat dan olahan ikan lele

kikichemist.com., Hai dear, kembali lagi nih bersama kichem, setelah berkutat dengan dunia nyata, kali ini aku bakalan kembali ke dunia maya ini, tapi bukan dunianya si Maya ya. Oh iya, kalian siapa nih, yang suka makan ikan lele, atau justru anti banget sama ikan yang satu ini.

Kalo aku sendiri sih, gak terlalu suka ya sama yang namanya ikan lele, tapi ya masih bisalah untuk memakannya, temanku malah ada yang bahkan menghindari ikan satu ini, padahal ikan ini kaya manfaat lo, apalagi buat tumbuh kembang si kecil.

Kali ini, aku punya tips nih, buat kalian yang gak suka ikan lele. Kalian gak perlu mengolah ikan lele bulat-blat, jadiin nugget aja. yup, aku sering banget buat nugget ikan lele kalau bapak mincing dan dapet ikan yang jumlahya kebangetan.

Awalnya, aku coba-coba aja buat kreasi, eh ternyata para bocll malah ketagihan, yaudah deh setiap kali hasil pancingan bapak melebihi kapasitas kuolah jadi nugget, secara kadang ikan pancingannya sampai 8 kg, kan gak mungkin ya kita makan ikan itu sampek enek.tapi, sebelum lanjut ke proses pembuatan si nugget ini, yuk kita kulik dulu, apa sih kandungan yang ada di dalam ikan lele ini.

Kandungan Gizi Ikan Lele

kandungan gizi ikan lele


Penting banget kan, buat kita mengetahui kandungan dari tiap makanan, nah biar kalian gak ragu buat makan ikan lele, liat deh kandungan apa aja yang ada dalam ikan ini, biar kalian makin semangat makannya.

Ikan lele merupakan ikan yang cukup popular di masyarakat, selain karena pertumbuhannya yang cepat dan mudah beradaptasi, ikan ini juga memiliki rasa yang enak dan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, ikan ini juga memiliki nilai gizi yang tinggi, sehingga gak heran jadi lauk yang dikonsumsi masyarakat sehari-hari.

Menurut Astawan, 2008 dalam jurnal pangan dan gizi, ikan lele memiliki komposisi gizi berikut: protein (17,7 %), lemak (4,8 %), mineral (1,2 %), dan air (76 %). Keunggulan lainnya yang dimiliki ikan ini adalah, ia kaya akan kandungan leusin dan lisin.

Di mana leusin merupakan asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak, asam amino ini berguna dalam perombakan dan pembentukan protein otot, juga menjaga keseimbangan nitrogen di dalam tubuh.

Gak kalah penting lisin, asam amino ini sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan. Kedua jenis asam aminoyang ada dalam ikan lele ini sangat baik bagi tumbuh kembang anak, jadi kita bisa buat camilan sehat dan bergizi nih buat si kecil.



Yuk Buat Nugget Lele

 
cara membuat nugget lele



Nah, begitu tau manfaatnya, pasti dong jadi lebih semangat buat makan ikan lele. Buat yang gak suka ikan ini, atau anak-anak susah makan kalo dikasih ikan lele, nih aku kasih tips buat nugget lele. Biar tetep dapet manfaat si ikan lele, tapi gak berasa lagi makan ikan lele, ya gak?

Sebelum membuat nugget ikan lele, pastikan dulu ya ikannya tersedia hehe, yuk mulai membuat!

Bahan:

  • Daging ikan lele (fillet) 1 kg
  • Tepung terigu 50 gram
  • Tepung tapioka 50 gram
  • Telur 1 butir
  • Tepung panir ½ kg
  • Bawang putih 3 siung besar
  • Merica ½ bungkus
  • Garam 1 sdt
  • Gula ½ sdt
  • Penyedap rasa 1 sdt

Cara membuat:

  1. Potong kecil-kecil ikan lele yang telah di fillet, kemudian masukkan ke dalam penggiling. Kalian bebas ya mau pakai apa, kalau aku pakai blender karena yang ada cuma blender hihi.
  2. Masukkan juga bumbu-bumbu berupa bawang putih, merica, gula, garam dan penyedap rasa. Giling bersamaan dengan daging ikan lele.
  3. Masukkan daging ikan lele yang telah digiling ke dalam wadah, pecahkan telur dan campur dengan daging lele, aduk hinga merata
  4. Masukkan tepung terigu kemudian ratakan, setelah merata, masukkan juga tepung tapioka kemudian aduk hingga merata.
  5. Siapkan kukusan, masukkan adonan nugget yang telah jadi ke dalam wadan untuk mengukus. Pastikan wadahnya diolesi minya dulu ya dear, biar gak lengket.
  6. Setelah semua adonan telah dipindahkan, kukus selama lebih kurang 40 menit.
  7. Cek tingkat kematangan dengan menusik adonan. Jika sudah tidak lengket, adonan bisa diangkat dan ditiriskan.
  8. Diamkan adonan yang telah matang hingga dingin
  9. Potong adonan sesuai selera, siapkan tepung terigu yang telah diberi air dan sedikit garam untuk perekat.
  10. Masukkan adonan ke dalam tepung terigu basah, lalu gulingkan ke tepung panir.
  11. Nugget siap untuk digoreng atau simpan di freezer.

Gimana? Mudahkan membuat nugget lele? Rasanya juga dijamin mantul dan anak-anak suka banget. Ponakanku juga jadi lahap banget makan nasi kalo udah ada nugget lele begini. Nugget lele yang sehat dipadukan dengan rasa lezat pastinya akan membuat selera makan meningkat. Yuk coba di rumah!
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

Posting Komentar