Pengikut

Cara Gampang Pasang TLD Blogspot di Niagahoster

8 komentar

cara pasang tld blogspot

kikichemist.com., Tadaa welcome new TLD! So excited. Agak norak ya, baru pasang TLD gembiranya bukan main wkwk. Oke deh, kita mulai cuap-cuap.

Jadi, berkat blogspedia dan coach Marita yang super keren, akhirnya aku mau gak mau harus pasang domain. Awalnya mikir panjaang banget karena masih bimbang sama diri ini yang suka gak konsisten kan ya. Tapi, berhubung masih belum mau dikick dari kelas jadi harus segera ambil keputusan wkwk.

Akhirnya, aku putuskan untuk beli domain dan beralih jadi professional blogger, bismillah. Gimana sih rasanya waktu beli domain? Nyesel gak? Rasanya percaya gak percaya sih bisa beralih domain, dan sama sekali gak nyesel dong, malah bahagia banget walaupun masih belum bisa nulis blog dengan baik.

Tapi ini jadi titik awal semangat baru, semoga semangatnya bisa terus baru ya hihi. Untuk kalian yang belum tau pasang TLD blogspot, cuss mari kita coba pasang sendiri, ternyata gak seribet yang ada dalam pikiran kita kok. Tapi kayak kata coach Marita, intinya tetap tenang dan sabar.


Apa Itu TLD?

pasang tld blogspot


Bagi para blogger, pasti udah tau ya apa itu  TLD,  TLD itu adalah Top Level Domain. Jadi, ketika kamu berniat untuk jadi professional blogger, kamu harus ningkatin performa blog dengan cara mengubahnya menjadi TLD.

Artinya, ketika blog kamu udah TLD, gak aka nada lagi embel-embel blogspot atau wordpress yang ngikut. Ujung blognya udah jadi .com, .id, .co.id, .my.id, .xyz dll. Kamu tinggal pilih mau domain yang mana.

Ada banyak pilihan domain yang bisa kamu pilih dear, tapi bagi kamu yang butuh cuan di masa depan, lebih baik memilih domain .com, karena nantinya domain itu lebih dipercaya oleh client.

Meskipun gak menutup kemungkinan juga ya bagi domain yang lain bisa dipercaya, asalkan blog kamu berkualitas, pasti ada aja deh yang dateng hihi.


Beli Domain di Mana?

beli domain aman di niagahoster


Beli domain di mana? Nahh ini nih, tempat jual domain itu banyak kan ya. Dari dulu, aku sering banget liat iklannya niagahoster dan kayak ngerasa kalo itu tempat yang terpercaya gitu, walaupun gak pernah ada niatan beli domain.

Eh tapi, ada 3 rekomendasi beli domain yang dilampirin di materi dari coach Marita, ada cara memasang TLDnya juga dong. Di dalamnya gak ada niagahoster, kan aku jadi galau ya. Aku langsung bertanya-tanya, gak ada niagahoster, apa niagahoster itu gak terpercaya ya? Pikirku.

Ternyata, niagahoster memang sengaja disisain buat dibahas di grup. Setelah nama niaga hoster disebut tiba-tiba jadi ngerasa lega dan tanpa pikir panjang, aku langsung pilih beli dan pasang tld blogspot di niagahoster.


Alasan Memilih Niagahoster

alasan memilih tld .com


Alasan aku beli di niagahoster yaitu no php. Secara kita gak suka di php-in kan wkwk. Jadi, aku pilih niaga hoster yang no php. Kalo beli domain di sini kita dapet panduan yang super jelas banget, jadi gak bingung apa yang harus dilakukan setelah beli domainnya

Selain itu, para cs-nya juga ramah banget. Kalo kita ada kendala, kita bisa langsung hubungi cs yang udah ada kontaknya di niagahoster. Mbak/mas csnya fast respon dan gak kabur-kaburan, jadi masalah pemasangan domain kamu bisa segera teratasi dear.


Pengalaman Beli dan Pasang Domain Sendiri

pengalaman pasang tld blogspot


Setelah memutuskan untuk beli domain di niagahoster, tantangan selanjutnya adalah pasang domain sendiri. Duh, dag dig dug. Awalnya aku udah tanya-tanya domain ke senior, beli domain dimana dan gimana pasangnya, tapi ternyata pada beli domain ke orang secara pribadi kalo gak salah, masangnya juga dipasangin.

Pasti dong bagi aku yang awam masalah pasang memasang domain ini kelimpungan duluan, padahal jelas-jelas kalo beli domain itu bisa liat panduannya wkwk.

Tapi namanya pengalaman pertama ya, ada aja yang bikin panik. Di tengah kepanikan aku ceki-ceki grup, ternyata temen-temen ada yang udah bisa pasang. Lagi pula, udah dikasih materinya masak iya masih mau dipasangin orang lain domainnya kan.

Akhirnya yaudin aku beli domain dan nyoba cari tutorial masangnya di youtube niagahoster, karena aku lebih suka liat video daripada baca hehe. Setelah liat video dan ngikutin tutorialnya, aku pikir bakal aman terkendali nih.

Ternyata domainnya belum bisa terpasang, sampai bolak balik aku ulang tutorialnya, panik dong ya haha. Awalnya, aku kira masalah waktu, ternyata setelah ditinggalkan beberapa jam tetap gak ada perubahan, domainnya gak bisa dipasang juga.

Untungnya aku punya temen seperjuangan yang baik hati. Tanya-tanya di grup adalah jalan ninjaku, setelah ditelaah lebih dalam, ternyata aku belum ganti nama servernya. Beruntung ada teman yang share panduan dari niagahoster versi tertulis (memang kudu banyak baca).

Setelah dikulik-kulik lagi, alhamdulillah akhirnya domainnya terpasang dan tadaa blogku udah TLD.



Cara Pasang TLD Blogspot di Niaga Hoster

Setelah berhasil beli domain di niagahoster.co.id, yang harus kalian lakukan selanjutnya adalah masuk ke member area niaga hoster. Link panelnya kemaren dikirim via email. Tapi kalo langsung login pake email kamu dari niagahoster.co.id juga bisa.

pasang domain mudah


Setelah masuk ke panel, kamu bisa pilih bagian domain, dan klik “kelola domain”

kelola domain niaga hoster


Selanjutnya pilih masuk ke dns management dan pilih“blogspot”

setting tld niagahoster

cara setting tld blogspot




Pada bagian kotak domain, isikan cname “www” pada kotak dialog domain custom di setelan blogspot, dan cname2 diisi pada kotak dialog di bawahnya. Setelah itu silakan tekan save record.

setting domain blogspot

panel setting tld

top level domain blogspot




Kemudian kembali ke setelan blogspot dan pilih simpan. Jika domain belum berhasil diubah dan ada keterangan seperti di bawah ini, kembali ke panel dan klik name server, pastikan name server 1 terisi “ns3.niagahoster.com” dan name server 2 terisi ” ns4.niagahoster.com”

petunjuk pemasangan domain

memasang domain blogspot



Setelah itu kamu bisa kembali ke setelan blogspot dan klik simpan. Aktifkan bagian alihkan domain dan https. Jika domain baru belum bisa diakses, tunggu beberapa saat, pengalihan domain biasanya membutuhkan waktu untuk penyesuaian, gak terlalu lama kok, nantinya blog TLD kamu sudah langsung bisa diakses dear.

Oke deh, itu selayang pandang cara gampang pasang TLD blogspot di Niagahoster yang semoga bisa membantu kamu. Jadi, udah bisa kan pasang domain sendiri? yuk ngeblog yang rajin dengan new TLD yang udah kita pasang!


kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

8 komentar

  1. Kebalikan aku mbak kalo tutorial aku lebih suka baca. Kalo mentok banget baru vidio.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh beruntung banget mbak. Saya pengen gitu tapi hati lebih suka video :D

      Hapus
  2. Yeay!! Akhirnya blognya pro juga ya mbak. Selamaat!! Semangat ngeblog. Gassss 😁😁

    BalasHapus
  3. Selamaat berkaryaaa.. simple yaa buat domain di niagahoster

    BalasHapus
  4. Wiiihhh, semangatnya makin membara aja nih mba Kiki setelah blognya ber-TLD. Semangatttt berkarya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, semangatnya masih menggebu2. Semoga tetap menggebu2 semangat ngeblognyaa

      Hapus

Posting Komentar