Pengikut

Pengalaman Ngeblog Asik dengan Canva


Pengalaman ngeblog asik dengan canva


kikichemist.com., Dunia design semakin hari, semakin digandrungi oleh banyak orang. Berbagai kebutuhan seperti pembuatan flyer, konten medsos, banner, poster dan yang lainnya membuat kita gak bisa lepas dari dunia design grafis.

Nah, bagi sebagian orang, design grafis itu dunia yang ribet bin njelimet. Tapi gak sedikit orang juga yang ketika mengetahui dunia design grafis, langsung jatuh cinta dan cari tau aplikasi sana sini untuk mempercantik designnya.

Bagi seorang blogger, tentu gak bakal bisa lepas dari yang namanya design grafis. Suka gak suka dengan ribetnya ngedesign, seorang blogger mau gak mau tetep harus berurusan dengan dunia satu ini, berhubung infografis sangat dibutuhkan untuk memperindah tampilan blog.

Belakangan ini, ada satu aplikasi yang sedang naik daun nih. Mungkin banyak orang yang udah tau ya, apalagi bloggermania, yang pasti udah berburu aplikasi ini sejak lama. Yup, namanya canva. Aplikasi yang mempermudah banyak orang.

Karena kemudahan yang diberikan, para blogger terbiasa ngeblog asik dengan canva. Kalo dulu cuma bisa ngedesain pake photoshop dan coreldraw yang sangat horror, sekarang udah gak perlu takut lagi.



Apasih canva itu?

apa itu canva


Sebelum kita ngulik-ngulik canva, untuk lebih jelasnya harus tau dulu apa sih sebenernya canva itu. Dilansir dari Wikipedia, canva adalah aplikasi desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media social, presentasi, poster, dokumen, dan konten visual lainnya.

Jadi, udah tau dong ya, canva itu apa. Gimana cara pakenya? Gampang kok. Jadi, canva ini aplikasi yang bisa di download, kalian bisa download aplikasi canva di playstore. Oh iya, aplikasi ini bisa digunakan di android maupun laptop ya.

Kalo gak mau download aplikasinya, kalian juga bisa pake canva melalui web loh. Wahh memudahkan banget kan ya. Untuk ngeblog asik dengan canva, kita bisa pilih template yang cantik-cantik.

Sayangnya, gak semua fitur yang ada di canva bisa kita gunain. Jadi, kalo mau versi lengkapnya kita harus gunain canva pro, artinya menggunakan aplikasi ini secara berbayar.

Tapi jangan sedih, kalian tetep bisa gunain yang free kok. Walaupun gak selengkap yang berbayar, design yang kalian buat bisa tetep ciamik meskipun jadi mainstream ya.



Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Canva

kelebihan dan kekurangan aplikasi canva


Seperti yang udah disinggung di atas, kalian pasti udah nemu ya kelemahan si canva satu ini. Nah, mari kita lihat apa aja sih kelebihan dan kekurangan si canva.

Kelebihan

kelebihan aplikasi canva


Untuk aplikasi canva ibi, namanya juga buatan manusia ya, pasti ada aja deh kelebihan dan kekurangannya, kita bakal bahas yang baik-baiknya dulu nih, oke deh cekidot kelebihan si canva.

1. Tersedia banyak template menarik

Kelebihan canva yang pertama dan paling menarik itu karena adanya template yang tersedia, template ini nantinya bisa kita gunakan, tinggal edit warna dan tulisan aja.

Jadi tanpa perlu berlama-lama kita udah bisa menghasilkan desain ciamik. Pokoknya kita bakal ngeblog asik dengan canva deh.


2. Bisa diakses menggunakan android dan web

Canva juga bisa digunakan melalui unduh aplikasi atau melalui web. Jadi, gak perlu ribet download aplikasinya, kalian bisa desain secara online melalui webnya.


3. Tidak memerlukan ruang penyimpanan

Bagi kalian yang memonya udah menjerit-jerit gak perlu khawatir dear, karena situs web canva bakal memudahkan kita ngedesain tanpa harus nyediain berates MB untuk aplikasinya.



4. Tampilannya cukup sederhana

Tampilan canva juga sederhana, bagi orang yang suka bingung sama aplikasi-aplikasi desain, percaya deh, begitu ngeliat canva kalian bakal langsung ngerti dan gak sebingung ketika buka software photoshop.



5. Tersedia fitur simpan otomatis

Sering banget kan ya, kejadian saat udah ngedesain capek-capek eh malah kepencet tombol yang gak diinginkan dan ngebuat bahan yang udah kita desain hilang gitu aja tanpa jejak.

Kalo di canva kalian gak perlu khawatir dear, karena begitu keluar, riwayat desain yang kalian buat langsung tersimpan secara otomatis dan bisa lanjut kalian kerjakan nanti.


Kekurangan

kekurangan aplikasi canva


Setelah tau kelebihan-kelebihan si calon pasangan, eh maksudnya si canva wkwk. Kali ini, kita harus tau kekurangannya juga, dibalik kelebihan pasti ada kekurangan dong ya, masak iya bisa nerima kelebihannya tapi gak bisa nerima kekurangannya, kan gak adil ya (curhat).

Oke deh yuk mari ceki-ceki!

1. Hanya bisa digunakan secara online

Nah kekurangan yang harus kita tau pertama kali ini nih, si canva hanya bisa diakses secara online, sayang banget ya buat anak kos yang biasa hemat kuota jadi sedikit terbebani. Tapi, gakpapa dong berkorban dikit demi design ciamik canva.

2. Tidak semua fitur bisa diakses akun free

Canva ini tersedia secara gratis, tapi disamping itu ada yang berbayar. Kalo udah bersebrangan gini nih yang suka buat ngambek.

Yup, jadi seperti yang udah agak disinggung-singgung di bagian atas, jadi cuma canva pro yang bisa akses semua fitur terbaik canva ini. Namanya juga gratisan ya, pasti terbatas dong. Kamar mandi aja bayar 2 ribu ya (canda).

3. Membutuhkan sinyal yang stabil

Ini nih, selain cuma bisa diakses secara online, apa boleh buat kalo mau desain pake canva harus punya jaringan yang stabil juga, jadi bagi yang daerahnya suka ada sinyal ngambek kayaknya harus segera pindah lokasi nih.

4. Belum ada fitur table untuk slide presentase

Si canva ini bisa buat presentasi design ciamik, tapi sayangnya belum ada fitur table untuk slide presentasenya, jadi kalian gak bisa pake table buat slidenya.



Serunya Menggunakan Canva

serunya menggunakan aplikasi canva


Jadi, selain untuk buat konten pelengkap blog, ternyata banyak juga yang bisa dibuat di canva. So excited, aku juga baru tau dari videonya coach Marita kalo slide presentasi juga bisa dibuat di canva, duhh ketinggalan banget nih kayaknya.

Sebenernya aku udah kenal canva cukup lama, eh baru tahun ini deh hehe. Tapi udah beberapa bulan gitu, cuma gak pernah ngulik karena udah berasumsi “gak ngerti” duluan. Kirain, desain di canva itu ribet banget karena kan selama ini taunya desain orang-orang yang dari canva bagus-bagus ya.

Selama ini, aku ngedesain pake pixellab untuk beberapa desain ringan. Lumayan bikin gedek sih karena aku buka tipe yang bisa pilih warna dengan baik haha, asal habis desain pasti ngerasa desainnya jelek banget wkwk.

Tapi eh tapi, bulan juni kemarin aku di amanahi untuk jadi admin medsosnya sekolah tempat aku mengajar. Jadi mau gak mau harus download semua desain grafis yang mumpuni, dan karena belakangan aku sering denger kata canva, iseng aja download juga.

Awalnya gak tau mau ngapain, begitu buka aplikasinya di android yaudah coba utak atik aja dan aku nemu ternyata ada banyak template yang di sediain. Kirain apa gitu kan, nyoba ngeklik eh ternyata tamplate yang bisa di edit dong. 

Tapi, belum banyak riset keyword yang aku gunakan berhubung masih newbie, palingan juga waktu buat desain untuk blog ini, sekadar riset bagian element untuk cari gambar buku atau note.

Waduh, bahagia banget dong kan. Kalo biasanya kepala panas mikir desain, sekarang jadi enjoy aja. Templatenya cantik, bikin langsung jatuh cinta pokoknya. Gimana lagi kalo pake yang pro ya, seru banget kayaknya.

Nah, baru berapa hari kenalan sama canva, ternyata di blogspedia coaching dapet materi canva dong dari coach hamim, jadi kayak “aduh baru belajar banget”. Kalo aja ngulik canva udah lebih lama pasti tinggal sat set sat set ya.

Tapi berkat para coach juga sih aku jadi tau kalo pake canva ternyata bisa melalui web, jadi gak buat memori gendut sama aplikasinya.


Oke deh itulah sekilas pembahasan kita terkait canva, biar bisa ngeblog asik dengan canva kalian harus sering-sering berlatih ya dear, aku juga masih belajar banget kok. butuh diasah terus nih skill desainnya biar gak cupuu.
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

Posting Komentar