Pengikut

Tradisi dan Sunnah Menyambut Idulfitri

Tradisi dan sunnah lebaran

kikichemist.com,- Idulfitri merupakan momen yang paling ditunggu oleh tiap umat muslim. Kita dianjurkan untuk menyambut idulfitri dengan penuh sukacita dan ikut menyemarakkannya.

Momen idulfitri biasanya selalu dijadikan waktu yang tepat untuk kumpul keluarga. Tiap anggota keluarga yang berada jauh dari kampung halaman akan melakukan perjalanan mudik demi merayakan idulfitri.

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar wa lillahil hamdu.

Alhamdulillah, hari kemenangan telah tiba dan semoga segala amal ibadah kita selama bulan Ramadan Allah terima. Allahumma Aamiin.


Tradisi Idulfitri

Idulfitri merupakan sebuah momen spesial bagi umat muslim. Idulfitri kerap kali dirayakan dengan beberapa tradisi. Orang Indonesia sendiri selalu menghiasi idulfitri dengan berbagai macam cara, setidaknya ada 4 tradisi yang selalu dilakukan oleh keluargaku tiap kali momen idulfitri tiba.

1. Memasak Lontong atau Rendang

Memasak lontong, ketupat ataupun rendang yang merupakan makanan khas Indonesia tentu tak asing lagi bagi masyarakat saat idulfitri tiba. Di keluargaku sendiri, kami selalu memasak lontong tiap kali idulfitri.

Biasanya masakan ini akan tersedia di rumah orangtua yang akan didatangi anak-anaknya tiap kali lebaran tiba. Sudah seperti hal yang wajib, kalau di rumah orangtua harus ada lontong.

Tapi, usai itu jangan lupa untuk mengkonsumsi buah-buahan juga agar kolesterol gak naik seketika.

2. Kue lebaran

Tradisi yang pasti dan selalu ada saat idulfitri adalah membuat kue lebaran. Gak hanya membuat sih, tapi juga membeli. Intinya, tiap kali idulfitri setiap rumah wajib punya kue lebaran, karena itu adalah tanda siap sedia kalau rumah kita akan didatangi tamu.

Idulfitri tanpa kue lebaran itu bagai sayur tanpa garam, gak berasa feelnya!

3. Silaturahim ke Rumah Saudara dan Kerabat

Tradisi selanjutnya yang udah pasti dilakukan masyarakat adalah saling berkunjung kerumah kerabat dan saudara. Biasanya yang muda mendatangi yang lebih tua. Tapi, gak harus kok, karena siapapun wajib menjalin tali silaturahim.

Kadang, kalau bukan karena idulfitri juga susah banget kumpul dengan kerabat dan saudara. Nah, momen idulfitri jadi waktu yang tepat banget untuk menjalin silaturahim dan mempererat tali persaudaraan.

4. Saling Memberi THR

Setelah saling berkunjung, biasanya saat idulfitri gak akan pernah lepas dari yang namanya THR. Tradisi memberi THR ini juga merupakan upaya sedekah bagi umat muslim, karena semakin kita memberi maka rezeki yang Allah beri akan semakin banyak.


Sunnah Idulfitri

Ketika idulfitri tiba, ada beberapa ritual yang harus dilakukan. Rasulullah mengajarkan beberapa sunnahnya ketika idulfitri tiba, apa aja sih? Yuk simak!

1. Mandi

Ketika idulfitri tiba, kita disunnahkan untuk melaksanakan mandi idul fitri. Berdasar laman jabar.nu.or.id, mandi idulfitri ini disunnahkan bagi laki-laki, perempuan, maupun yang sedang dalam keadaan haid dan nifas.

Waktu mandi ini dimulai ketika malam idulfitri hingga tenggelamnya matahari pada keesokan harinya, namun diutamakan dilakukan saat terbit fajar.

2. Memakai Pakaian Terbaik


Memakai pakaian terbaik dan berhias juga disunnahkan untuk dilakukan saat idulfitri tiba, hal ini sebagai bentuk kegembiraan umat muslim dalam menyambut idulfitri.

Kenakanlah pakaian terbaik, tidak meski pakaian baru dan jangan lupa untuk memotong kuku juga berhias, tapi ingat jangan sampai istidraj.

3. Makan Sebelum Salat Id

Sebelum melaksanakan salat idulfitri, kita disunnahkan untuk makan terlebih dahulu. Berbeda dengan salat iduladha yang harus makan setelah salat. Hal ini sangat dianjurkan dan makruh jika meninggalkan anjuran ini sebagaimana dikutip al-Imam al-Nawawi dari kitab al-Umm

4. Salat Sunnah Idulfitri

Salat sunnah idulfitri memiliki hukum sunnah muakkad, ini berarti salat idulfitri merupakan salat sunnah yang sangat dikukuhkan. Maka dari itu, sebelum menyemarakkan idulfitri, pastikan kamu ikut melaksanakan salat id ya. Jangan hanya lebarannya aja yang mau, tapi salat ogah-ogahan.

5. Jalan Menuju Tempat Salat Id

Ketika akan melaksanakan salat id, kita juga dianjurkan untuk berjalan menuju ketempat salat. Selain itu, disunnahkan untuk mengambil rute yang berbeda ketika pergi menuju ke tempat salat dan pulang selesai salat id.

Termasuk sunnah Nabi adalah keluar menuju tempat shalat Id dengan berjalan”. (HR. al-Tirmidzi dan beliau menyatakannya sebagai hadits Hasan).

6. Memperbanyak Takbir

Dan sempurnakanlah bilangan Ramadhan, dan bertakbirlah kalian kepada Allah”. (QS. Al-Baqarah: 185).

Perbanyaklah takbir ketika idulfitri tiba, disunnahkan juga ketika menuju ke tempat salat id, teruslah senantiasa bertakbir hingga salat dilaksanakan.

Kesunnahan takbir Idul fitri dimulai sejak tenggelamnya matahari pada malam 1 Syawal sampai takbiratul Ihramnya Imam shalat Id bagi yang berjamaah.

Pendapat lain menyatakan waktunya habis saat masuk waktu shalat Id yang dianjurkan, yaitu ketika matahari naik kira-kira satu tombak (+ 3,36 M), baik Imam sudah melaksanakan Takbiratul Ihram atau tidak.

Jabar.nu.or.id

7. Memberi Ucapan Selamat

Sunnah lain yang dapat dilakukan ketika idulfitri tiba adalah dengan saling mengucapkan selamat idulfitri keada sesama umat muslim.



kikichem
Hello! Call me Kiki
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar