Pengikut

Tips Cepat Mengempukkan Daging dan Resep Daging Pecak

2 komentar
tips mengempukkan daging
kikichemist.com,- Hai sobat kichem! Balik lagi nih di blog aku. Gak terasa ya lebaran haji alias Idul Adha udah lewat aja. Dagingnya udah pada habis belum nih? Udah dong ya. Sebenernya udah kelamaan sih, tapi kali ini aku mau kasih resep olahan daging yang simple dan dijamin enak dehh.

Gak apa-apa dong ya kalo lebarannya udah lewat, kali aja tiba-tiba ngidam daging, bisa banget nih resepnya dicoba para moms, eh bukan moms aja sih karena yang belum jadi moms pasti pada masak juga kan ya.

Nah sebelum masuk ke resepnya, kalian biasanya ngolah daging gimana nih dear? Butuh waktu berjam-jam untuk mengempukkannya kah? Hayoo, sayang banget gasnya terbuang banyak untuk satu masakan aja ya.

Jadi, untuk mengatasi pemborosan gas yang sering dialami para wanita di dapur. Mending Pake Cara ini!

Tips Cepat Mengempukkan Daging Sapi

tips cepat mengempukkan daging

Memasak daging sapi sering kali menjadi tantangan sulit bagi para wanita. Karena rasanya yang enak ternyata juga mengharuskan kita punya effort lebih untuk bisa merasakan kenikmatannya.

Salah-salah dikit, si daging malah kayak karet yang gak bisa digigit dan kalau ditelan paksa bisa-bisa buat si lambung bekerja ekstra dan membuat pencernaan malah bermasalah. Sering kan ya kita dapetin daging yang kayak gini saat ada yang pesta wkwk.

Tapi, tenang aja, kali ini aku punya tips yang saangaat mudah untuk kalian coba dear. Dijamin deh tips ini beneran sukses berhubung aku juga udah nyobain sendiri kan.

Oke, jadi bahan ajaib yang bisa bikin daging kalian gak kayak karet adalah baking soda. Yup, bahan satu ini murah dan banyak dijual di pasar, jadi kalian gak perlu khawatir dan bingung nyarinya di mana. Oke deh, langsung aja ini dia tips dan trik mengempukkan dagingnya:

  1. Potong-potong daging sesuai selera, pastikan potong daging dengan melawan serat .
  2. Letakkan daging yang telah di potong-potong ke dalam wadah yang bertutup, tapi jangan tutup dulu ya.
  3. Ambil satu setengah sendok baking soda atau soda kue dan taburkan ke dalam wadah daging (untuk 300 gram daging).
  4. Remas-remas daging yang telah di taburi baking soda hingga semua bagian merata.
  5. Tutup wadah dan masukkan ke kulkas selama 3 jam.
  6. Daging siap dimasak.

Nahh, kalian bisa diemin dagingnya selama 3 jam (lebih juga boleh), tapi di aku 2 jam aja udah empuk sih si daging. Oh iya, kalau daging mau direbus dulu, gak usah dicuci ya dear dagingnya.

Tapi, kalau dagingnya mau langsung ditumis atau masuk ke masakan langsung silakan dicuci dulu baru kemudian dimasak. Gimana? Mau nyoba langsung kan tips dan trik mengempukkan daging ini, yuk buruan!

Resep Daging Pecak Simpel

resep olahan daging

Setelah tahu tips dan trik mengempukkan daging, kita langsung action dong. Dagingnya udah empuk, saatnya dimasak, yuk buat menu spesial untu keluarga!

Kalian suka bingung gak sih dear, ketika punya daging di rumah mau diolah apa? Kalo direndang melulu kan bosen ya, bikin sariawan, udah gitu kelamaan nunggu juga. Jadi, kali ini aku mau kasih resep simpel dan nampol (menurut aku wkwk).

Belakangan ini, kalian ngerasa gak sih menu-menu di sekeliling kita tiba-tiba penuh dengan dunia perpecakan. Di mana-mana jadi banyak menu pecak gitu.

Nah, berhubung saat kos dulu aku sering beli ayam pecak, alhasil ketika udah balik ke kampung dan rindu rasanya, aku memutuskan untuk meracik sambel pecak sendiri, berbekal lidah yang bisa tau bumbu apa aja yang dipake saat makan sambelnya hehe. Alhamdulillah ya bisa begitu.

Biasanya dunia pecak itu diisi sama ayam dan ikan nila kan ya. Kali ini aku mau out of the box, aku inovasiin si sambel pecak ke daging yang gak kalah enak sama ayam atau nila, tapi yang hipertensi minggir dulu ya.

Dari pada panjang lebar dan gak jadi-jadi masak nih, mending langsung masuk ke resep ajalah kita ya, cekidot!

Bahan:

  • Daging sapi yang telah di marinasi dengan baking soda (300 gram)

Bumbu Pecak:

  • 4 siung bawang merah
  • 10 buah cabai rawit
  • 5 buah cabai hijau
  • 1 buah tomat
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya

Bumbu rebus daging:

  • 1 siung bawang putih (ditumbuk)
  • 1 sendok ketumbar bubuk
  • 1 sendok garam
  • Seperempat sendok penyedap rasa
Masukkan bahan-bahan dalam air rebusan



Cara memasak:

  1. Didihkan sekitar 3-4 gelas air dalam panci yang telah diberi bumbu.
  2. Setelah mendidih, masukkan daging yang telah dimarinasi dengan baking soda tanpa dicuci, rebus selama 15 menit (rebus dengan wadah terbuka dan api sedang cenderung kecil ya dear)
  3. Tiriskan daging yang telah direbus.
  4. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng daging hingga berwarna kecoklatan (minyaknya jangan terlalu banyak ya dear)
  5. Angkat dan tiriskan
  6. Giling runyah atau chopper bawang merah, cabai rawit dan cabai hijau. Untuk tomat silakan dipotong dadu dan pisahkan.
  7. Panaskan sedikit minyak dan masukkan bumbu yang telah digiling atau dichopper hingga hampir matang.
  8. Masukkan tomat yang telah dipotong dadu, gula, dan garam (kalian boleh menambahkan penyedap), oseng-oseng sebentar dan koreksi rasa.
  9. Masukkan daging yang telah digoreng, oseng-oseng sampai dirasa meresap.
  10. Daging pecak siap disajikan.

Gimana nih dear? jangan lupa dicoba ya resepnya, dijamin enak deh pokoknya. Sayangnya, aku lupa untuk ambil dokumentasi, jadi gak ada penampakan daging pecak yang udah dimasak hehe.

Tapi gak apa deh ya. Semoga gak mengurangi feelnya, kalo kalian yang buat pasti lebih enak dan menyelerakan kok. Oke deh, selamat menyajikan menu spesial untuk keluarga tercinta dear. Semoga menunya bisa jadi favorit di keluarga kamu ya!
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

2 komentar

  1. Boleh ni dicoba soalnya di rumah pada sensitif giginya ngga bisa makan daging yang keras

    BalasHapus
  2. Wah beneran banget ini kebetulan daging kurban kemarin belum dapat resep buat empuk empuk, next pas beli daging ini bisa banget dipake. Nah kan bener nih ga boleh dicuci itu daging kalau ga mau langsung dieksekusi. Wah mkasih banget kak,

    BalasHapus

Posting Komentar