Pengikut

Pelajari 6 Hal Ini Sebelum Kamu Menjadi Istri

3 komentar
Belajar pranikah sebelum menikah

kikichemist.com., Hai sobat kichem yang masih pada jomblo. Kali ini, aku khususkan artikel ini buat kalian yang belum menjadi seorang istri. Menjadi istri adalah sebuah anugerah yang Allah berikan pada tiap hambanya.

Pastinya kita para perempuan suatu saat nanti akan mendampingi sosok bernama suami untuk menempuh hidup bersama. Tapi, menjadi istri itu ternyata gak mudah loh. Untuk menggapai keluarga yang sakinah, ma waddah, rahmah, wa dakwah tentunya banyak perjuangan ya dear.

Jadi, sebelum perjuangan dimulai kita wajib banget mempersiapkan segala sesuatunya, biar ketika udah menempuh jalan perjuangan kita bisa tau arah langkahnya dan gak berhenti di tengah jalan.



Mengapa Harus Belajar Sebelum Menjadi Istri?


Emang penting ya belajar dulu sebelum jadi istri? Pernah gak kalian punya pertanyaan gitu? Kalo aku sih dulu pernah, malah suka aneh sama orang yang rela belajar ilmu pranikah, sampai ngerasa mereka lebay, naudzubillah. Padahal menikah tuh gak sebecanda itu (kayak judul buku bang Risalah Amar wkwk).

Nah, jadi temukan dulu ya dear alasan kamu harus belajar sebelum jadi istri, biar langkah kamu mudah untuk mempelajarinya dan insyaAllah apa yang dipelajari nempel senempel nempelnya. Oke deh aku kasih bocoran dulu, kenapa sih kita harus belajar sebelum jadi istri?

1. Kamu akan menghadapi manusia yang sama setiap hari

Hal pertama yang jadi alasan kamu harus belajar , karena nantinya kamu akan menghadapi orang yang sama setiap harinya. Ketika menghadapi orang yang sama, pasti akan menimbulkan rasa bosan, kesal dan segala macamnya.

Perasaan-perasaan seperti itu gak boleh dianggap sepele ya dear, makanya kita harus belajar biar tau gimana menghadapinya kalo perasaan itu timbul. Secara, kita pasti menginginkan pernikahan sehidup sesurga kan?

2. Akan menghadapi orang baru yang berbeda karakter

Orang baru yang awalnya bukan siapa-siapa, kemudian tiba-tiba jadi pasangan hidup kita, sedikit banyaknya pasti memiliki beberapa karakter yang berbeda dengan diri kita.

Untuk itu, kita perlu tau apa yang harus dilakukan ketika menghadapi perbedaan karakter biar gak terjadi debat berkepanjangan dan akhirnya menimbulkan hal yang gak kita inginkan.

3. Akan berhubungan dengan banyak anggota keluarga

Pernah dengar istilah “menikah tak hanya menyatukan dua manusia, tapi menyatukan dua keluarga”?

Tepat sekali, kalimat itu udah pasti benar adanya ya dear, karena setelah menikah anggota keluarga kita akan semakin banyak dan semakin beragam pula karakternya. 

Jadi, biar gak kelimpungan, kita harus udah wanti-wanti cara berkomunikasi yang baik dengan anggota keluarga baru kita. Apalagi mertua yang harus kita ambil hatinya, wajib banget diberi perlakuan khusus.

4. Menjadi istri yang selalu dirindukan


Nah, ini nih. Banyak sekali orang yang gak berhasil jadi istri yang dirindukan. Bahkan, banyak suami yang gak betah berada di rumah. Hal ini tentu gak kita inginkan ya dear, maka dari itu penting banget kita mempelajari cara menjadi istri yang selalu dirindukan.

5. Harus mendidik anak


Salah satu hikmah dari pernikahan adalah untuk memiliki keturunan. Setelah kita dikaruniai keturunan, gak mungkin banget dong dibiarin gitu aja, kita harus mendidiknya dengan baik. Selalu ingat ya dear, bahwa mendidik itu gak bisa mendadak.

Jadi, kita harus belajar ilmu parenting juga agar kita bisa menjadi ibu yang baik dan mengarahkan anak kita untuk mencintai Tuhannya


Pelajari Hal Ini Sebelum Jadi Istri

Setelah tau beberapa alasannya, saatnya kita mempelajari beberapa hal. Ada hal-hal yang harus kita latih dari sebelum menikah dear. Jadi, dari pada kepo mendingan simak beberapa hal di bawah ini ya dear!

1. Management emosi

Hal yang paling penting kita latih dan pelajari sebelum menjadi istri adalah management emosi. Dear, sebagai seorang wanita yang terkenal dengan vokalnya, kita mungkin pernah meledak-ledak ketika marah, atau mudah terpancing amarah.

Ketika amarah mulai mendatangi kita, sebenarnya kita punya pilihan, untuk mengeluarkan semuanya seketika dan membuat semua orang yang membuat kita kesal sakit hati, atau meredamnya saat itu kemudian membicarakannya saat kondisi hati sudah tenang.

Hal ini perlu kita pelajari sebelum menikah, agar tidak terjadi konflik berkepanjangan yang nantinya malah akan merugikan diri kita sendiri. Memang gak mudah, tapi bisa kok kita belajar secara perlahan.

2. Memperbaiki dan menghafal bacaan qur’an

Sebagai pencetak generasi masa depan, sudah sepatutnya kita menjadi guru terbaik bagi anak kita kelak. Untuk mewujudkannya, kita harus mulai berlatih sebelum menikah.

Dear, perbaikilah bacaan qur’an kita sebelum menikah, karena ketika kita sudah menikah terkadang tak banyak waktu yang bisa kita gunakan untuk belajar dari nol.

Mulailah dengan mengikuti kelas tahsin, kemudian sedikit demi sedikit hafalkan qur’an dan ikuti kelas tahfidz. Sekalipun di tempat kalian susah menemukan guru, saat ini sudah banyak lembaga yang mengadakan kelas secara online, jadi gak ada yang susah.

Semua bekal ini, insyaAllah akan bermafaat hingga akhirat nanti, bukankah kita ingin memiliki anak hafidz/hafidzah?

3. Merutinkan sholat sunnah

Selanjutnya, rutinkanlah mengerjakan sholat sunnah. Kita sebagai seorang hamba, haruslah selalu memuliakan pencipta kita. Jika sholat sunnah mulai kita lakukan setelah menikah, yakinlah, habbit itu akan terasa lebih sulit kita bangun.

Namun, jika kita mengerjakannya dan membentuk habbit sebelum menikah, pasti akan lebih mudah. Jadi, yuk rutinkan sholatnya, kalo kita taat insyaAllah akan dibersamakan dengan seorang yang taat pula.

4. Pola komunikasi

Komunikasi juga merupakan hal penting yang harus kita latih dan pelajari sebelum menikah. Belajarlah untuk berkomunikasi dengan baik pada orang tua kita.

Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan mertua, ataupun saudara baru dari pasangan kita. Selain itu, kita juga harus menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan nantinya agar tercipta keluarga yang tenteram.

5. Mulai belajar menabung

Untuk kaum hawa yang hobinya checkout shopee, ingat yang satu ini ya wkwk. Tahan dulu checkoutnya, mulai sekarang berlatihlah untuk selalu menabung. Kalau gajian, jangan langsung dihabisin buat skincare ya dear.

Kita harus belajar pola prioritas sebelum menikah. Jadi, kita bisa memiliki tabungan dan membeli kebutuhan sesuai dengan yang dibutuhkan. Untuk keinginan yang tak terlalu penting, sebaiknya dihindari dulu ya dear. Kalian bisa baca artikel management keuangan ini.

6. Ikut kelas pranikah


Ujung dari semua tips di atas adalah ikut kelas pranikah. Silakan pelajari banyak hal dalam rumah tangga di kelas pranikah ya dear, banyak kelas pranikah baik online maupun offline. 

Kalau di kotaku ada kelas offline klinik nikah medan, ada kajian pra nikah dari sahabat hijrahku. Atau kelas online dari SPNO, kelas jodohnya kang Setia Furqon, kelas pranikah dari uda Agus Ari Wibowo, dan banyak lagi.



Udah siap jadi istri belum dear? siap dong ya, eits jangan lupa persiapan nikah sebelum jadi istrinya. Karena sejatinya kita adalah manusia yang gak akan pernah berhenti belajar hingga akhir hayat, jadi jangan pernah lelah untuk terus belajar ya dear. kalian pasti bisa. Ganbatte!
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

3 komentar

  1. Wah sangat bermanfaat ya sist tulisannya👍

    BalasHapus
  2. Kak request dong, ilmu tentang hal" Apa saja yang perlu kita tanyakan kepada laki" yg ingin mau melamar kita?

    BalasHapus

Posting Komentar