Pengikut

5 Tips Mengelola Keuangan dengan Tepat

Posting Komentar
tips tepat mengelola keuangan

kikichemist.com,- Sebagai makhluk hidup yang menumpang hidup di bumi, kita akan bertahan hidup dengan bekerja. Nah, hasil yang kita peroleh dari pekerjaan itu tentunya harus bisa kita kelola dengan sebaik mungkin.

Mengingat sebagai manusia kita punya banyak kebutuhan, pastinya kita harus pandai-pandai untuk mengatur keuangan. Baik kamu yang sudah atau belum berumah tangga, tetep wajib ya untuk mengelola keuangan.

Biar nantinya juga akan terbiasa dan akhirnya gak bingung lagi ketika tiba-tiba butuh uang, atau tiba-tiba ada kondangan yang harus didatengi. So, yuk kita kelola uangnya!


Kenapa Keuangan Harus Dikelola?


alasan mengelola keuangan
Sebelum mengelola keuangan, kita harus tau dulu nih kenapa sih uang yang kita dapatkan harus dikelola?

Nah, jadi dengan banyaknya kebutuhan dan gaya hidup kita, tentu bukan mustahil kalo uang yang kita dapat susah payah tadi bisa habis dalam waktu satu hari dan gak tau ke mana rimbanya. Kalian pernah begitu gak dear?

Kalo udah begitu, gimana kita mau bertahan hidup sebelum waktu gajian tiba? Bukannya happy malah keliyengan. Jangan sampai karena fakirnya kita dalam mengelola uang malah menjadikan kita umat yang boros, sedangkan boros itu sangat disukai oleh syaitan.

Ada beberapa keunggulan juga nih kalo kita bisa mengelola keuangan dengan baik, diantaranya:
  • Membuat kita terbiasa untuk hidup hemat
  • Menjadi lebih tenang ketika menghadapi masalah keuangan
  • Bisa menyediakan dana darurat beberapa pengeluaran mendadak
  • Lebih mengetahui skala prioritas untuk kebutuhan
  • Membuat perencanaan keuangan lebih mudah di masa depan


Tips Mengelola Keuangan


mengelola keuangan dengan tepat

Setelah tau beberapa keunggulannya, sekarang jangan lagi deh menghamburkan uang untuk hal yang gak terlalu penting. Mulai sekarang, ayo kita kelola keuangan biar bisa hidup dengan lebih baik, dan pastinya menghindari kita jadi tukang ngutang juga ya dear.

Udah yuk, kita kulik bareng-bareng gimana cara mengelola keuangan biar jadi efektif.

1. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Yang pertama harus kalian lakukan adalah mencatat anggaran dana pemasukan dan pengeluarannya terlebih dahulu. Silakan buat anggaran untuk satu bulan. Pisahkan antara pengeluaran kebutuhan pokok dengan keinginan.

2. Mendahulukan Kebutuhan dibanding Keinginan

Setelah kita mengetahui dana yang masuk dan keluar, lihatlah apakah dana keluar yang kalian catat tadi lebih besar dibanding penghasilan atau tidak. 

Jika ternyata besar pasak dari pada tiang, silakan pangkas keinginan-keinginan kalian, usahakan catat yang memang benar-benar kalian butuhkan saja. Pastikan untuk mengurangi gaya hidup kalian ya dear.

3. Menyiapkan Tabungan, Investasi, dan Dana Darurat

Jangan lupa untuk memasukkan tabungan dan dana darurat dibagian kebutuhan tadi, ingat ya dear selalu sisihkan tabungan sejak pertama kali kalian menerima gaji, jangan menabung disisa-sisa pengeluaran kalian. Kalian bisa menabung dengan membeli emas, agar kedepannya nilai rupiah akan mengikuti perkembangan zamannya. 

Siapkan juga dana darurat dibagian kebutuhan. Dana ini akan kalian gunakan jika sewaktu-waktu ada hal mendadak yang memerlukan uang, jadi kalian gak akan kelimpungan.

Nah, untuk meningkatkan nominal penghasilan kalian dan memiliki tabungan yang lebih, silakan sisihkan penghasilan anda untuk berinvestasi. 

Saat ini, sudah banyak wadah yang tersedia untuk kita berinvestasi. Tapi ingat ya dear, telusuri dengan baik sebelum berinvestasi, jika sudah jelas akadnya dan terpercaya silakan mulai berinvestasi.

4. Memiliki Impian Kehidupan di Masa Depan

Dalam mengelola keuangan, agar kita memiliki motivasi yang kuat dan tak sembarangan menghamburkan uang, perlu adanya mimpi untuk kehidupan yang lebih baik. Hal ini akan mendorong kita lebih bersemangat untuk tetap mengelola keuangan. Jadi, tentukan mimpimu dear.

5. Menghindari Hutang

Nah, beberapa orang ada yang senang sekali berhutang, padahal kebiasaan hutang ini bukanlah hal baik. Sebaiknya hindari berhutang hanya untuk bergaya dear. apalagi hutangnya sama rentenir, atau sama bank yang udah jelas kata MUI riba.



Cara Mengatur Anggaran Keuangan


cara mengatur anggaran

Hoke deh, kalian pasti pusing nih untuk nyusun anggaran keuangan yaa. Jadi, nih aku kasih informasi anggaran keuangan yang aku dapetin dari materi manajemen keuangan yang sempat aku ikuti beberapa waktu yang lalu di Medan.

Sebelumnya, catat dulu pemasukan kalian dari mana aja dan totalin semua dear, baru deh hitung-hitung anggaran pengeluaran berikut.

Anggaran Pengeluaran

  • Hutang (maks. 35%)
  • Tabungan: dana darurat, dana asuransi, emas (min. 10%)
  1. Belum menikah dana darurat 3x kebutuhan
  2. Belum punya anak dana darurat 6x kebutuhan
  3. Punya anak dana darurat 12x kebutuhan
  • Investasi (min. 10%)
  • Kebutuhan (maks. 50%)
  • Keinginan (maks. 10%)

Nah, itu dia sedikit tips mengelola keuangan yang bisa kalian jadikan acuan, selamat berhemat dear. Gak ada salahnya kan kita berhemat saat ini, untuk kehidupan yang lebih layak di masa depan. 

Kalau kehidupan layak, kita juga bisa bantu oranglain biar bisa hidup lebih layak, iya gak? Jadi, udah bisa kalian terapin nih tips mengelola keuangan dengan tepat.


kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

Posting Komentar