Pengikut

3 Tips Healing Sederhana Yang Bikin Kamu Bahagia

Posting Komentar
tips healing sederhana

kikichemist.com,- Belakangan ini, kata healing telah menjadi trend anak muda yang katanya memiliki tingkat stress cukup tinggi. Banyak banget penyebab seseorang membutuhkan healing. Di antaranya kepenatan dunia kerja, kondisi rumah yang menjengkelkan, tekanan dari lingkungan dan beberapa hal lain.

Tapi, kadang ada aja sih anak mudah yang dikasih tugas sama guru udah bilang butuh healing wkwk. Entah memang tekanannya yang besar, atau generasi ini yang sangat rapuh. Tapi apapun itu, selama healing bisa mengobatinya ya silakan saja lakukan self healing.

Tapi, liat-liat juga ya healingnya dear. Jangan sampai healingnya ngabisin harta 7 turunan, atau ngerusak diri dengan hal-hal yang gak baik buat kesehatan. Berhubung mental health udah digaungkan, tugas kita adalah melakukan hal yang bisa menjaga mental health.

Aku sendiri suka melakukan hal sederhana yang menurutku cukup memberi efek yang baik. Tapi, sebelum tau apa aja yang aku lakukan saat healing, kita simak dulu ya apa itu healing dan kenapa kita hars melakukan itu.

Apa Itu Healing?

Berdasarkan yang aku temukan di web kemenkeu tekait self healing, Healing berasal dari bahasa Inggris yang jika diterjemahkan mengacu pada arti penyembuhan.

Adapun lingkup penyembuhan dari kata healing cukup besar. Arti healing sendiri dapat dikaitkan dengan penyembuhan jiwa, perasaan, batin, maupun pikiran. Maka dari itu, sering kita temukan istilah self healing yang berarti penyembuhan diri.

Penyembuhan diri ini dilakukan atas dsar tekanan batin yang terpendam dalam diri seseorang. Untuk menghilangkan tekanan tersebutlah maka muncul kata healing yang dianggap mampu mengobati penyakit batin ini.

Manfaat Healing

Healing menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan bagi sebagian orang, apalagi setelah kata ini cukup popular di media social. Tiap-tiap orang seakan berlomba untuk melakukan self healingnya masing-masing. Tapi, healing jelas sangat bermanfaat dear. Apa aja sih manfaatnya?

1. Merefresh hati dan pikiran

Setelah lelah dan penat berkutat dengan keadaan yang tak diinginkan, healing akan menjadi obat terbaik untuk menyegarkan hati dan pikiran yang awalnya seperti buntalan benang kusut. 

Keadaan hati dan pikiran yang baik, tentunya akan membuat kita menjadi semangat lagi untuk menjalani aktivitas rutin yang melelahkan.

2. Mengembalikan energi yang hilang

Healing itu ibarat mencharge handphone yang sedang lemah. Ada banyak energi yang terkuras ketika kita mengalami tekanan batin yang mendalam. 

Dengan melakukan self healing, energi yang awalnya sempat terkuras akan kembali terisi energi positif yang baru. Tapi, jangan lamaan healing dari aktivitas yang seharusnya ya dear.

Healing Sederhana Ala Kikichemist

Aku pernah nih dalam kondisi yang kayaknya butuh banget healing tapi bener-bener sendirian. Rasanya kalo pergi jauh juga gak tau mau kemana. Jadi, aku punya beberapa alternative yang bisa kalian lakukan juga. Siapa tau self healing yang pernah aku lakuin bisa berpengaruh baik juga buat kaian.

1. Membuat camilan sederhana

Membuat camilan termasuk hal yang seing banget aku lakuin ketika healing. Rasanya, ada energi positif yang mengelilingi ketika aku berhasil bereksperimen utuk membuat camilan sederhana. 

Selain berhasil buat camilan, selanjutnya kita juga bisa menikmati hasil dari self healing yang dilakukan. Gimana? Kurang enak apa coba? Pikiran fresh, perut pun kenyang. Ada beberapa resep camilan yang bisa kalian coba nih. Lain kali, aku bikini resepnya deh.

  • Kroket mie
  • Kentang goreng
  • Kroket kentang
  • Kue bawang ala-ala
  • Pastel sayur
  • Tempe goreng tepung
  • Cilok
  • Bakso tempe
  • Nugget tempe
  • Bakwan
  • Bakso ikan
  • Dll


2. Pergi ke perpustakaan

Selain buat resep masakan, aku juga pernah pergi ke perpustakaan. Kalo ini, aku lakuin saat kuliah dulu karena dikampungku juga gak ada perpustakaan. Tapi, buat kalian yang si kotanya ada perpustakaan bisa banget kalian kunjungi buat self healing. 

Silakan bawa laptop juga atau baca bukuyang ada di perpus aja. meskipun kita punya beberapa buku, rasanya pergi ke perpustakaan punya effort tersendiri. Ada rasa bahagia melihat jejeran buku nangkring dirak-rak yang tersedia. 

Kalau kalian ke perpustakaan, ada lebih banyak buku yang bisa dinikmati. Tinggal pilih dan baca deh dengan santai, tempatnya juga pasti adem kan.

3. Pergi ke taman kota

Hal selanjutnya yang aku lakukan adalah ke taman kota. Kalo di Medan aku biasa pergi ke merdeka walk. Sekadar duduk menikmati angin dengan segelas pop ice, atau sesekali melirik ayunan yang masih dimainkan oleh anak-anak. 

Ketika si anak pergi, aku buru-buru ambil posisi wkwk. Tapi seiusan deh, naik ayunan itu juga bikin pikiran kita freah. Wah, rasanya jadi rindu dengan healing seperti ini, udah lama banget aku meninggalkan kota dengan ayunannya.



Nah, itu dia beberapa tips self healing sederhana yang pernah aku lakuin dan Alhamdulillah bisa merefresh pikiran. Semoga, suau hari nanti aku bisa kembali menikmati rebutan ayunan sama anak kecil di kota wkwk. Hoke deh semoga bermanfaat ya dear, dan semoga self healing kamu berhasil. See you.
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

Posting Komentar