Pengikut

4 Rekomendasi Pilihan Tempat Wisata Di Siantar Simalungun

16 komentar
rekomendasi pilihan tempat wisata

kikichemist.blogspot.com., Objek wisata merupakan salah satu tempat yang banyak dicari oleh keluarga saat sedang liburan, atau traveller yang hobi keliling-keliling. Selain untuk foto-foto dan update story, liburan sudah menjadi solusi yang paling tepat untuk sejenak melepas penat.

Setelah beribu purnama bergelut dengan kerasnya hidup, tak ada salahnya jika sekali-kali kita mengunjungi tempat liburan biar bisa cuci mata.

Untuk menemani kalian yang sedang bimbang mau liburan kemana, kali ini aku akan kasih 4 rekomendasi pilihan tempat wisata di Siantar Simalungun.

Siantar Itu Di mana?

Sebelumnya, mungkin ada yang gak tau ya Siantar itu di mana? Atau jangan-jangan Siantar sudah sangat terkenal ya, hmm. Oke deh disclaimer dulu ya, biar gak pada bingung di mana letaknya. 

Aku coba kasih tau deh. Siantar itu terletak di pulau sumatera, tepatnya Sumatera Utara, Indonesia. Siantar adalah sebuah kecamatan yang terletak di kabupaten Simalungun, biasanya disebut dengan kota siantar. Kota Siantar terletak di tengah-tengah kabupaten Simalungun.

Jika ditempuh dari kota Medan, membutuhkan perjalanan sekitar 3-4 jam perjalanan. Biasanya tempat wisata di Siantar Simalungun ini juga menjadi tempat untuk berwisata bagi orang yang tinggal di Medan.


1. Taman Hewan Pematang Siantar

taman hewan pematang siantar simalungun


Taman hewan Pematang Siantar aku rasa merupakan tempat wisata yang paling terkenal di Siantar. Tempat wisata seluas 4.5 hektare ini berada di Jl. Gunung Simanuk Manuk No.2, Teladan, Siantar Bar., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Taman hewan yang dikelola oleh PT. Unitwin Indonesia Medan ini resmi dibuka untuk umum sejak 23 November 1996. Bapak Dr. H. Rahmat Shah sebagai pimpinan dan pecinta lingkungan hidup mengambil alih tanggung jawab pengelolaan kebun binatang yang bisa dibilang legend ini, berdirinya 1936 cuy.

Setelah sebelumnya penanganannya terbengkalai oleh pemda, akhirnya ada yang mengelolanya dengan lebih baik dan mengubah nama "Kebun Binatang Pematang Siantar menjadi "Taman Hewan Pematang Siantar", atau bahasa gaulnya Siantar zoo

Tempat wisata ini merupakan taman hewan ke-empat tertua di Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini. 

Karena kesuksesan pengelolaannya, jumlah koleksi taman hewan ini semakin bertambah. Selain itu, Siantar zoo juga berhasil menangkar hewan langka seperti siamang, harimau putih, serta harimau sumatra.

Di samping hewan langka, taman hewan Pematang Siantar kerap menerima sumbangan hewan hasil tangkapan warga seperti buaya pemangsa manusia yang tertangkap warga di kabupaten Labuhan Batu.

Salah satu koleksi yang paling terkenal adalah buaya sinyulong tertua, yang sudah ada sejak berdirinya taman hewan tersebut hingga saat ini.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Siantar zoo termasuk taman hewan terlengkap yang ada di Indonesia. Banyak koleksi hewan yang jarang dijumpai seperti cendrawasih, unta, zebra, beberapa jenis harimau, singa, kuda nil, orang utan, dan lainnya. Ada sekitar 100 spesies yang tinggal di taman hewan satu ini

Tapi, selain bisa menikmati pemandangan hewan, di sini juga disediakan beberapa jenis wahana seperti kolam renang, flying fox, perahu bebek/sepeda air, museum, juga mulut harimau tempat beragam permainan seperti komedi putar yang bisa kalian coba satu persatu. 

Fasilitas kamar mandi dan musholla terletak di dekat mulut harimau. Harga tiket masuknya sendiri, di tahun 2022 sekitar Rp.30.000 lain parkir ya hihi. Kalo dulu, tiket masuknya masih sekitar Rp. 10.000-15.000, tapi gak mungkin gak naik dong ya karena sekarang juga apa-apa serba mahal (curhat).

Selain biaya masuk, kalian juga bisa sewa tikar kalau datang ke sini bersama keluarga, biayanya sekitar Rp. 20.000. Kalau mau datang ke tempat wisata si Siantar Simalungun satu ini, jangan malam-malam ya, jangan pula subuh-subuh, karena jam bukanya 08.00-17.00 wib.


2. PAS Timuran

pemandian alam sejuk siantar simalungun


Pemandian Alam Sejuk alias PAS Timuran ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Siantar Simalungun. Kalau tempat wisata satu ini bertema pemandian alam.

Bagi pecinta dunia air, bisa di coba tempat wisata satu ini. Pemandian ini berada di Nagori Mariah Jambi, Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi, Kabupaten Simalungun. Wisata ini berjarak sekitar 5 km dari pusat kota Pematang Siantar.

Objek wisata ini masih sangat asri karena airnya dialirkan langsung dari mata air daerah tersebut. PAS merupakan bentukan dari kelmpok warga sekitar desa Nagori Mariah Jambi melalui pengumpulan dana warga sekitar untuk pembangunan infrastruktur.

Tempat wisata satu ini cocok untuk di datangi bersama keluarga, ataupun teman-teman. Biasanya banyak anak-anak TK, SD, SMP atau kelompok guru yang mengunjungi tempat ini.


Fasilitas dan Tiket Masuk

Bicara mengenai fasilitas, melihat tempat pemandian yang asri dan sejuk ini sudah jadi fasilitas paling memukau ya hihi. Tapi, hebatnya untuk bisa masuk ke pemandian alam ini kalian gak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup Rp. 0. Kalian cukup siapkan biaya parkir. 

Di dalam pemandian, tersedia pondok untuk tempat kalian makan-makan, kalau tidak salah ada biaya sewa tikar juga sih. 

Selain itu, juga terdapat beragam makanan bagi yang gak mau berat-berat bawa bekal, yang bawa bocil juga gak perlu khawatir karena ada kolam khusus bocil dan wahana bermain bagi mereka. Untuk kamar mandi di sini terbilang baguslah, biaya masuk Rp. 2000.


3. Kebun Teh Sidamanik

wisata kebun teh sidamanik


Kebun teh Sidamanik berada di Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatra Utara. Letaknya sekitar 24 km dari pusat kota Siantar. 

Kebun teh ini milik PTPN IV Bah Butong dan Tobasari. Ternyata kebun teh satu ini merupakan kebun teh terbesar no. 2 di Indonesia loh. lokasi kebun teh ini berada di 890 meter DPL.

Biasanya, yang paling di cari dari tempat ini adalah pemandangannya yang memukau. Hamparan kebun teh yang luas cukup memanjakan mata, bisa bikin kita eksis ngumpulin foto banyak-banyak, juga healing untuk kids jaman now yang terlalu banyak pikiran. 

Tak kalah dengan pemandangannya yang memukau, kebun teh ini juga menghasilkan teh dengan kualitas tinggi yang cukup terkenal, hasil perkebunan juga di ekspor di beberapa negara Timur Tengah, Asia, dan Eropa.

Pengunjung kebun teh ini diberi keleluasaan untuk mengelilingi hamparan kebun teh dengan berjalan kaki sembari menghirup kesejukannya. Selain itu, wisatawan juga bisa belajar cara memetik daun teh yang baik dan benar. Jadi, selain eksis juga bisa nambah wawasan.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Tempat wisata ini bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum. Berbagai fasilitas seperti musholla, area parkir yang luas, toilet dan warung makan juga tersedia. 

Untuk ke tempat wisata ini juga tak perlu merogoh kocek dalam-dalam,  kalian bisa mengelilingi kebun teh secara hanya dengan Rp. 5000, biaya parkir mobil Rp. 10.000, dan untuk parkir kereta Rp. 5000.


4. Air Terjun Bah Salak

wisata air terjun bah salak


Air terjun bah salak merupakan salah satu objek wisata yang terbilang masih baru. Air terjun bah salak atau tangkahan raja ini merupakan galian C yang dijadikan pemandian di tengah perkebunan bridgestone. 

Pemandian ini berlokasi di Desa Bah Salak, Nagori Nagur Usang, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun. Untuk menuju ke objek wisata, dibutuhkan waktu sekitar 40 menit dari pusat kota Siantar. 

Namun, tempat menuju lokasi cukup terjal dan menantang. Bagi yang suka tantangan mungkin bisa dicoba.

Tempat ini merupakan pemandian karyawan perkebunan karet setempat yang disulap masyarakat setempat menjadi objek wisata. Pemandian ini aliran Sungai Salak, Sungai Mali dan Sungai Ranggasan, lalu kemudian dibangun bendungan sehingga terbentuk air terjun di tangkahan.

Wisata air terjun ini terbilang asri, dan cocok bagi kalian yang penat berkutat dengan keramaian. Kedalaman air sekitar 2-4 meter akan menjernihkan pikiran kalian yang seperti benang kusut.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Pemandian alam ini menyajikan pemandangan yang cukup menjanjikan, meskipun perjalanan lumayan menantang, tapi akan terbayar dengan indahnya air terjun bah salak ini. 

Harga tiket masuk ke wisata ini hanya Rp. 5000. Selain itu, terdapat fasilitas pondok istirahat,warung makan, kamar mandi juga sewa ban. Oh iya, lahan parkir juga pastinya disediakan.

Nah, gimana? masih ragu mau ke Siantar? cuss kunjungi kota Siantar Simalungun. Gak rugi loh kalau main ke tempat wisatanya, atau mau main ke tempat kulinernya. Oke deh, berhubung udah ada rekomendasi pilihan tempat wisata di Siantar Simalungun, jangan bingung lagi ya kalo mau main ke sini!




kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

16 komentar

  1. Banyak wisata alamnya ya kak? Jadi pengen berkunjung. Di kotaku mah banyak wisata buatan, kecuali pantai wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daerah sini malah banyakan pemandian alam kak, pantai gak ada wkwk

      Hapus
  2. Wow, harga tiketnya lumayan ramah dikantong ya mba. Jadi pengen deh berkunjung kesana. Tapi sayangnya jauuuuhhhh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbakk. Wahh semoga ada kesempatan suatu hari nanti mbak

      Hapus
  3. Ow ternyata Siantar itu nama kecamatan ya? Selama ini aku kira nama kota. Nice info kak

    BalasHapus
  4. Saya belum pernah ke Sumatra Kak, tapi dari pengetahuan ini, terasa banget kondisi Sumatera yang masih alami. Thanks infonya Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak hihi. Banyak sebenernya potensi alamnya, cuma kadang kurang dikembangin

      Hapus
  5. Meski sering ke siantar, baru 1 aja yg udh di kunjungi, ahh semoga nnt berkesempatan main ksana
    Mksh infonya dek 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk kak barengan, bawa ibal juga berenang2 di alam seruu

      Hapus
  6. Wah, banyak ya tempat wisata alam Siantar. Saya sudah pernah ke Kebun Binatang Siantar.. Tempat lainnya belum. Kalau boleh dikasih tahu alamat tempat wisatanya ya, jadi mudah cari map. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya, kelupaan saya nyantumin alamatnya kak hihi, tapi cari di map pakai nama tempatnya juga bisa kok.

      Hapus
  7. kota siantar adalah satu dr sekian byk kota yg blm pernah kudatangi. tapi wisata ke mana pun, aku biasanya paling dulu liat kondisi toiletnya. sebagus apa pun, klo jorok gak deh! mudah2an di siantar pd bersih2 semua ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, persis. Penting banget toilet tuh

      Hapus
  8. Wah aku baru tahu tempat wisata siantar ini dan ternyata kebun binatangnya termasuk yang tertua ya di Indonesia

    BalasHapus
  9. Yeay, aku udah pernah ke Kebun Binatang dan Kebun Teh Sidamanik nya dong, waktu itu sempat bikin konten foto pakai hanbok haha, terniat

    BalasHapus
  10. aku familiar dengan kata Siantar tapi belum tahu lokasi dimana ternyata sumatera ya . wah menarik juga nih. tadinya aku penasaran dengan gambarnya. hehehe mungkin jika ada gambar mendukung yang lebih jelas akan lebih menarik

    BalasHapus

Posting Komentar