Pengikut

Menjelajahi Wisata Sumut Kaldera Toba

4 komentar
wisata sumut kaldera toba

kikichemist.com., Di zaman yang makin maju ini, kita sering sekali mendengar kata healing. Seakan-akan healing adalah sebuah hal wajib yang harus dilakukan oleh tiap orang agar tetap waras. Kalau kalian gimana? Butuh healing juga?

Banyak banget cara orang untuk membahagiakan diri, salah satunya dengan jalan-jalan. Kalau jalan-jalan versi kalian, lebih suka ke mall, atau ke alam? Atau jangan-jangan ngadem di Indomaret atau atm udah cukup ya wkwk.

Kalau aku sendiri, lebih suka main ke alam karena udara alam jelas berbeda dengan udara AC dong ya. Selain itu, mata kita juga pasti lebih merasa dimanjakan. Nah, di Sumatera Utara ada yang namanya danau toba. Tentu kalian udah gak asing lagi ya dengan danau fenomenal ini.

Danau toba menjadi objek wisata sumut yang banyak diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Jadi, untuk menemani healing kalian di sumut, aku akan ulas wisata sumut kaldera toba untuk jadi referensi kalian.

Asal mula Kaldera Toba

kaldera toba sumut


Berdasarkan informasi dari Ahli Geologi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), sebelumnya Kaldera Toba terbentuk karena adanya tumbukan lempeng di antara sesar Sumatera.

Tumbukan itu kemudian membentuk jalur patahan yang ada di zona rigid, oleh sebab itu magma menembus ke atas.dan mengangkat bagian keraknya saja.

Jadi, kaldera toba adalah hasil erupsi-erupsi yang pernah terjadi beberapa ribu tahun silam dari gunung purba yang terletak di danau toba. Letusan ini merupakan peristiwa kolosal dan sempat memakan banyak korban jiwa.

Namun, dibalik peristiwa itu, ternyata terbentuk danau toba yang sangat indah dan cukup memukau. Saat ini keindahan danau toba bisa kita nikmati dan menjadi pilihan untuk berlibur.

Dilansir dari CNN Indonesia, Kaldera Toba telah berhasil masuk daftar UNESCO setelah dinilai dan diputuskan oleh UNESCO Global Geoparks Council pada Konferensi Internasional UNESCO Global Geoparks ke-IV pada tahun 2019.

Wisata sumut kaldera toba menjadi tempat yang dicari karena keindahan alamnya. Suasana sejuk dan hijaunya pepohonan mengelilingi keindahan danau yang cocok untuk healing kids zaman norw.


Jalur transportasi ke Kaldera Toba

jalur transportasi kaldera toba


Sebagai objek wisata, tentu kita butuh akses untuk mencapai tempat satu ini ya, untuk mengunjungi kaldera toba, kita bisa menggunakan jalur transportasi darat dengan kendaraan pribadi. Biasanya, orang yang pergi berlibur ke tempat ini menggunakan sepeda motor, mobil ataupun bus.

Jika ditempuh dari pusat kota medan, membutuhkan waktu sekitar 5 jam 40 menit, rute yang diambil untuk menuju kaldera melalui jalan jamin ginting, dan menempuh waktu 20 menit dari parapat.


Menikmati Keindahan Kaldera Toba

wisata sumut kaldera toba

Berdasarkan pengalaman adikku yang berkunjung ke Kaldera Toba bersama 3 orang temannya, mereka pergi ke tempat wisata ini menggunakan sepeda motor, lumanyun melelahkan sih ya.

Beberapa spot bisa kita jadikan untuk tempat mengabadikan moment. pasti dong yang pertama kali kita liat dari tempat wisata adalah spot foto yang instagramable. Bagi pecinta keindahan alam, pasti suka ambil foto di tempat ini.

Spot foto yang paling fenomenal di tempat ini adalah tempat di mana ada sepasang kursi dan satu meja bulat di tepi lembah antara beberapa pohon pinus yang sempat menjadi lokasi jokowi berfoto.

Tempat yang dulunya hanya ditumbuhi rerumputan ini mendadak eksis dan diburu oleh para traveller. Namun, firtst impression adikku ketika mengunjungi tempat ini gak begitu excited sih, mungkin karena ekspektasinya yang ketinggian kali wkwk.

Setibanya di area wisata, pengunjung yang ingin masuk untuk menikmati suasana Kaldera toba di kenakan biaya sebesar 20 ribu per pengunjung, sementara untuk parkir kendaraan dikenakan biaya 20 ribu per unit.

Pengunjung Kaldera toba akan disuguhkan pemandangan alam pegunungan yang berdampingan dengan danau toba, areal kaldera toba yang cukup luas dan sejuk khas udara pegunungan akan memanjakan mata dan pikiran kita.

Beberapa fasilitas meja dan kursi disediakan bagi pengunjung untuk beristirahat di sekitar kaldera toba. Areal parkir dari tempat wisata ini juga cukup luas dan toilet bersih. Selain berlibur bersama teman, tempat ini juga cocok bagi keluarga yang ingin pergi liburan. Anak-anak juga akan nyaman berlarian di sekitar taman.

Kalau untuk urusan makan, aku saranin bawa bekal sebelumnya untuk dibawa ke sini, kalau adikku kemarin memutuskan untuk makan di luar areal tempat wisata, karena biasanya cukup sulit untuk muslim membeli makanan di sini.


The Caldera Toba Nomadic Escape


Nah, belum lama ini, kaldera toba memanfaatkan lahan dengan membangun destinasi wisata baru, yaitu glamour camping atau glamping bagi wisatawan yang ingin bermalam di kaldera toba.

Hunian yang dibangun ini terdiri dari 4 kabin yang berdiri di tepian bukit yang langsung menghadap ke arah danau toba. Untuk yang suka dunia perkemahan, mungkin bisa mencoba untuk menginap di tempat ini.

Nah, bagi kalian yang belum pernah mengunjungi danau toba, ayo main ke wisata sumut Kaldera Toba, dijamin ketika ngeliat pemandangannya bakalan bikin mata terpukau. Jangan lupa main ke Sumut ya, atau kita bisa pergi bareng nih dear hihi.
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

4 komentar

  1. Danau toba,, salah satu tempat impianku buat liburan. Semoga suatu saat nanti bisa berkunjung kesana.. Aamiin. View nya bagusss ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, iyaa bagus mbak. Semoga terwujud nantii

      Hapus
  2. MasyaAllah, mbaaak... Ini masuk wish list-ku sejak entah kapan. Sejenak melupakan keinginan kesana, baca ini jadi pengen lagi. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh hayuk mbakk mulai direncanakan lagi biar terwujud suatu hari nanti

      Hapus

Posting Komentar