Pengikut

7 Kenangan Ramadan Waktu Kecil yang Sulit dilupakan

Kenangan termanis ramadan

kikichemist.com,- Kalian pernah gak? Di siang hari ketika hidup lagi capek-capeknya, tiba-tiba random aja teringat masa kecil?

Terkadang, ada beberapa memori yang lucu, hingga saat kita membayangkannya seketika bisa senyum-senyum sendiri. Beberapa memori mungkin ada yang tak ingin kita ingat, seperti saat-saat dimana kita dimarahi emak misalnya.

Tapi, kalian pernah kebayang masa-masa Ramadan saat kecil dulu gak sih? Rasanya momen Ramadan saat kecil dulu lebih berasa vibesnya. Dulu, saat aku kecil, ntah kenapa perasaan menanti Ramadan itu sangat menggebu-gebu, ada rasa bahagia yang menelusup bahkan sebulan sebelum puasa Ramadan.

Rasanya gak sabar banget untuk bisa masuk ke dalam bulan Ramadan. Padahal kan kita disuruh nahan lapar ya, sementara saat itu masih kecil. Tapi, ya begitulah yang kurasakan. Dan saat ternyata Ramadan akan berakhir, ada rasa sesak yang berkumpul dalam dada, gak rela.

Wah, mungkin karena anak kecil jauh dari dosa kali ya makanya lebih terasa momen spesial dari bulan Ramadan itu. Aku sendiri punya beberapa hal yang sering kukenang, juga bahkan dirindukan saat Ramadan waktu kecil dulu. Kalian sendiri gimana? Yuk ah ikutin pengalaman ramadanku.

1. Puasa Setengah Hari

Aku rasa, setiap anak yang lahir di tahun 1990-an kayak aku pernah ngerasain, gimana rasanya dituntut untuk puasa setengah hari. Yup, dulu orangtuaku juga yang termasuk menerapkan itu sama anak-anaknya.

Ketika bulan Ramadan tiba, ibuku menyuruh anak-anaknya yang masih kecil untuk berpuasa setengah hari, ituloh yang ikut sahur terus buka puasanya jam 12 siang hihi. Di keluargaku sendiri, batas untuk berpuasa setengah hari berlaku sampai kelas 3 SD. Setelahnya udah harus full.

Alhamdulillah saat itu aku sudah puasa full di kelas 3 SD, tapi kalo anak zaman sekarang lebih cepat lebih baik sih hihi. Cara mendidik orang tua zaman dahulu ini ternyata terbukti ampuh untuk buat anak-anaknya taat sama aturan puasa.

Aku sendiri mulai diajarkan berpuasa setengah hari saat kelas 1 SD. Saat itu, tentu tantangan banget ya. Apalagi bulan puasa masih sekolah. Meskipun puasanya hanya setengah hari, tapi itu berarti selama di sekolah gak boleh makan apapun.

Banyak di antara teman-temanku yang gak puasa saat itu dan malah menggoda untuk “motel aja”. Aku yang tetep takut sama aturan orang tua meskipun gak bakalan keliatan juga, tetep kekeh sama pendirian dan Alhamdulillah akhirnya itu menjadi suatu hal yang baik.

Aku jadi terbiasa dengan hal itu, meskipun ada di antara temanku yang gak berpuasa sampai kelas 6 SD, aku berhasil puasa full saat kelas 3 SD hingga seterusnya. Meskipun mungkin kalian bisa puasa lebih cepat dari aku ya hihi, tapi bersyukur banget.

2. Dimasakin Masakan Favorit

Salah satu hal yang memacu semangatku untuk terus menjaga ibadah puasa adalah dimasakin masakan favorit. Dulu, ibuku mengiming-imingi anaknya untuk memasak masakan yang jarang banget dimasak, ketika bulan Ramadan tiba.

Kalo dulu aku paling suka ayam goreng tepung. Melihat jejeran menu makanan menjelang buka sangat menggugah selera.

Sebagai anak kecil, tentu hal sesederhana itu bisa sangat membahagiakan banget dong ya, apalagi setelah seharian gak boleh makan apapun, eh tiba-tiba dimasakin masakan favorit, rasanya gembira bukan main. Menebak menu berbuka jadi hal yang sering aku lakukan.

3. Tarawih di Masjid

Momen Ramadan lain yang masih kuingat hingga saat ini adalah saat tarawih! Haha rasanya lucu banget. Dulu ketika tarawih ke masjid, aku selalu berangkat tarawih dengan 2 orang kakak kandungku.

Ntah kenapa kalo tarawih di masjid rasanya nguantuk poll deh. Aku bahkan merasa seperti melayang saat melaksanakan salat tarawih. Dulu, di kampungku anak-anak yang masih kecil pasti suka melakukan tarawih bolong-bolong, dua rakaat salat, rakaat berikutnya tiduran.

Begitu juga aku saat baru-baru ikut tarawih dan terkena imbas tradisi masyarakat. Tapi, untungnya ada saat dimana aku merasa malu untuk bolongin rakaat salatnya, dan dengan rasa kantuk yang semakin menguasai aku tetap berusaha kuat untuk berdiri salat, emang ya godaan syaitan itu berat (eh kan bulan Ramadan syaitan dibelenggu)

Oh iya, aku masih ingat, dulu selalu ada desas desus kalo salat di masjid terus ngantuk, itu berarti “badannya banyak setannya”. Hiiii.

4. Tadarusan Plus Khataman di Masjid

Nah, momen lain yang ada saat Ramadan adalah tadarusan di masjid. Dulu, karena aku masih kecil, aku selalu tadarusan di masjid saat kakakku juga tadarus. Jadi, ibaratnya aku buntutnya beliau. Seneng banget rasanya duduk melingkar sama teman-teman lain terus baca Al-qur’an secara bergantian.

Sebenernya saat tadarus harusnya tiap orang baca qur’an pake mic kan ya, kadang aku heran kenapa orang-orang bisa pede bicara pake mic. Sementara aku dan kakak-kakakku pasti selalu nolak buat baca qur’an pake mic, keliatan banget keluarga introvert.

Dulu, selain tadarusan di malam hari selesai tarawih, kadang juga kami tadarusan di pagi hari dengan guru ngajiku sampai waktu dzuhur. Meskipun ya, yang paling banyak baca itu guru kami, dan kami cuma jadi bumbu aja haha.

Setelah mengkhatamkan 30 juz Al-qur'an, di masjid juga biasanya akan diadain khataman, aku masih inget banget, semua yang ikut tadarus bakalan diajak makan bersama di masjid, jadi kebayang enaknya roti jala yang disiram kuah kari waktu itu deh.

5. Buka Bersama di Masjid

Yup, kalian pernah ngerasain buka bersama di masjid gak sih? Dulu, saat Ramadan tiba, di momen-momen tertentu guru ngajiku ngajakin kami untuk buka bersama di masjid. Jadi deh masjid penuh dengan bocil yang datang dengan membawa takjil. 

Rasanya syahdu banget, buka bersama teman-teman sekaligus bapak-bapak yang akan salat berjamaah di masjid. Mana bapak-bapaknya baik banget mau ngasih uang jajan.

Selepas buka bersama, kami salat maghrib berjamaah dan pulang ke rumah msing-masing. Beruntung banget aku punya tempat tinggal yang hanya berjarak sekitar 15 meter dari rumah.

6. Beli Baju Lebaran

Selepas berpuasa, momen yang paling ditunggu anak-anak saat mendekati lebaran udah pasti, beli baju baru! Bahagia banget gak sih rasanya. Apalagi, dulu itu beli baju baru seperti dikhususkan saat lebaran tiba. Tentu bahagia puol ketika diajak ke pasar untuk turut memilih deretan baju baru.

Beda dengan sekarang yang semuanya serba online, kalo dulu pasti ada momen ngambek ataupun gak cocok, saat momen membeli baju lebaran tiba.

Oh iya, jadi dulu di keluargaku selalu diajarkan untuk nabung. Jadi nih ya, setiap anak di keluargaku harus nabung selama satu tahun dari uang jajan untuk beli baju lebaran. 

Saat mendekati lebaran, semua celengan dibongkar, yang punya isi tabungan paling banyak pasti dipuji abis-abisan, dan bisa beli baju lebaran paling banyak pastinya, haha seru banget.

7. Main Kembang Api

Selain nungguin baju lebaran, hal yang paling aku tunggu-tunggu di bulan ramadan saat menjelang lebaran adalah main kembang api. Mendekati lebaran, tiap kali ibuku pulang, pasti aku selalu melirik sambil membatin “bawa kembang api gak ya?” kembang api bunga menjadi andalanku saat itu, untuk dimainkan saat malam takbiran.

Kalau dulu, kayaknya jadi momen yang wajib banget ya main kembang api saat malam takbir tiba. Setiap keluarga menunjukkan eksistensinya dengan membeli kembang api yang beraneka ragam.

Dulu, aku pengen banget main kembang api yang ada warna warninya, tapi sekalinya dibeliin langsung trauma karena ternyata asapnya banyak banget haha.

kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

Posting Komentar