Pengikut

Beri Solusi, Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City

1 komentar
livable city



kikichemist.com,- Memiliki tempat tinggal yang nyaman sudah pasti menjadi impian tiap orang, lingkungan perkotaan yang dinilai tempat berbagai sektor kehidupan kerap menjadi sasaran bagi masyarakat untuk hijrah dari kampung ke kota. Akibatnya, kepadatan penduduk terjadi, dan akhirnya kota menjadi tempat tinggal yang kurang nyaman untuk ditinggali.

Seringkali, dalam sebuah lingkungan, kita kesulitan untuk mendapatkan akses yang terhubung dengan tempat lain, seperti akses kesehatan, atau sekolah. Kerap kali harus ditempuh dengan jarak yang jauh, hingga cukup menyulitkan.

Kondisi tersebut akhirnya menyebabkan masyarakat mulai mendambakan sebuah tempat tinggal yang nyaman untuk ditinggali, hingga kemudian belakangan muncul istilah Livable city, yaitu sebuah tempat yang digadang-gadang menjadi tempat tinggal impian setiap orang.

Apa Itu Livable City?

Livable City mengusung sebuah lingkungan dan suasana perkotaan yang nyaman, baik dari aspek fisik (fasilitas, transportasi, prasarana dan sarana) maupun aspek nonfisik (sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan) sebagai upaya memberikan ruang yang nyaman bagi masyarakat.

Aspek fisik yang dimaksud terkait dengan berbagai penyediaan sarana prasarana yang lengkap, struktur ruang yang dapat menghubungkan berbagai lokasi dengan mudah, maupun pola tata ruang sesuai potensi lahannya, sedangkan aspek non fisik terkait dengan sosial budaya masyarakat. Tentu merupakan sebuah PR besar untuk dapat mewujudkan kota impian ini.

Bagi masyarakat awam, mungkin akan terasa asing di telinga ketika mendengar konsep Livable City ini, namun dengan adanya tempat hidup impian ini, nantinya akan turut memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan memberikan kesan tak hanya sekadar tinggal, tapi juga menikmati tempat tinggal. Seperti yang kita tahu, bahwa lingkungan akan sangat berpengaruh pada kesehatan lahir dan batin penghuninya, maka begitulah cara Livable City memberikan kemudahan.

Mengapa Konsep Livable City?

Konsep Livable city dipilih sebagai jawaban atas keresahan masyarakat yang menginginkan sebuah tempat layak huni yang menciptakan keharmonisan pada setiap penghuninya. Selain dengan kemudahan akses yang didapatkan, masyarakat juga bisa menikmati ruang terbuka hijau yang mampu menyejukkan mata dan menjadi tempat refreshing bagi keluarga.

Jika selama ini kita hanya mengenal hunian dengan gedung-gedung perumahan yang berdiri saja, konsep Livable city justru melengkapinya dengan pemenuhan kebutuhan secara lengkap. Tiap warga masyarakat juga bisa saling berinteraksi dengan baik sehingga menciptakan suasana hidup yang menyenangkan, tak hanya fasilitas namun juga sosialisasi antar penghuninya.

Posisi yang strategis, suasana yang nyaman, juga potensi masyarakat yang mampu dikembangkan merupakan hal yang bisa didapatkan dengan tinggal di sebuah tempat yang mengusung Livable City.

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Livable City

konsep livable city


Dalam upaya mengatasi permasalahan kota yang kerap mengganggu kenyamanan dari penghuninya. Sinar Mas Land mengembangkan konsep Livable City di Indonesia. BSD City merupakan salah satu proyek Livable city yang telah berhasil dikembangkan oleh Sinar Mas. Di dalamnya, BSD City memiliki akses, fasilitas serta infrastruktur yang memadai.

Berbagai kebutuhan telah tersedia di dalam kota tersebut, baik hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, akses jalan maupun keamanan dll. 

Selain itu, pusat pendidikan dari mulai tingkat taman kanak-kanak hingga universitas juga tersedia di dalamnya, sehingga para penghuninya tak perlu khawatir dengan segala aspek kebutuhan hidup. Dalam mengembangkan konsep Livable city ini, Sinar Mas Land mengacu kepada 4 pilar di antaranya: live, learn, work and play

Live yang mengacu kepada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan hidup masyarakat terkait hunian, pusat perbelanjaan, ruang public, akses jalan, serta keamanan.

Learn yang mengacu kepada sarana dan prasarana yang akan mendukung kebutuhan pendidikan masyarakat terkait sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga atas, serta universitas nasional dan internasional.

Work yang mengacu kepada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan lapangan kerja terkait pusat perkantoran, green office, kota industri serta area komersial

Play yang mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat, terkait pusat olahraga, taman rekreasi, exhibition halls, hingga pusat kuliner.

Dengan segala kebutuhan dan kemudahan akses, Livable city diyakini menjadi solusi paling tepat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, mengingat kenyamanan dan keamanan menjadi hal paling penting ketika kita mendiami suatu lingkungan. 

Tak hanya berhenti pada BSD City, Sinar Mas Land juga mengembangkan konsep Livable city dengan membangun proyek lainnya guna memberikan solusi terbaik bagi masyarakat seperti kota Deltamas cikarang, kota wisata cibubur, grand city Balikpapan, dan grand wisata di bekasi.
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar