Sleep Paralysis? Ini Dia Terapi Agar Bisa Tidur Nyenyak

6 komentar
terapi agar bisa tidur nyenyak

kikichemist.com., Sobat kichem pasti udah pada tau ya, kalau tidur itu merupakan ritual wajib yang pasti dilakukan semua manusia. Setelah menjalani rutinitas yang melelahkan, tidur menjadi obat terbaik, seperti yang Allah jelaskan dalam surah Al-furqon ayat 47.

“Dan Dialah yang menjadikan malam untukmu (sebagai) pakaian, dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk bangkit berusaha” (Al-furqon: 47).

Jadi, udah Allah tetapkan bahwa nalurinya manusia itu untuk tidur di malam hari. Yang namanya mau istirahat, pasti dong kita mau tidur dengan nyenyak, aman damai sentosa tanpa gangguan apapun. Tapi, ada suatu kondisi yang ganggu banget.

Kalian tau sleep paralysis? Atau pernah mengalaminya? Buat yang pernah mengalami hal ini, pasti deh gak nyaman banget dan membuat kita takut untuk tidur lagi, jadi aku mau kasih cara nih biar kita gak terkena sleep paralysis. Tapi sebelumnya, kalian harus tau dulu, apa sih sleep paralysis itu?



Apa Itu Sleep Paralysis?

pengertian sleep paralysis
Sleep paralysis atau yang sering disebut ketindihan adalah kondisi di mana seseorang merasa ada yang menindih tubuhnya saat dalam keadaan tidur, kondisi ini sering dibarengi dengan adanya halusinasi penampakan makhluk gaib.

Biasanya, orang yang terkena sleep paralysis akan mencoba untuk bangun atau menjerit, tapi seringkali upaya itu sangat sulit dilakukan karena seperti ada yang menghalangi itu tadi.

Nah, jadi kondisi sleep paralysis ini ada penjelasan ilmiahnya dear. Dilansir dari halodoc, ketika kita tidur, tubuh akan masuk ke fase yang dinamakan NREM (non-rapid eye movement) dan tidur REM (rapid eye movement).

Fase tidur NREM akan membuat tubuh kita rileks dan mengalami proses pemulihan. Setelah fase ini berakhir, maka akan berlanjut ke fase tidur REM,fase tidur ini adalah fase di mana mimpi terjadi dan otot tubuh kita dimatikan. Ketika ditengah-tengah fase ini ternyata kita tersadar, maka akan terjadilah sleep paralysis.

Dalam kondiri tersebut, otak kita belum siap untuk mengirimkan sinyal bangun sehingga tubuh kita masih antara tidur dan sadar. Akhirnya, kita merasakan tubuh yang kaku, kesulitan bernapas dan tidak bisa bicara yang biasanya merupakan gejala sleep paralysis.


Penyebab Sleep Paralysis

penyebab ketindihan

Dari segi ilmu kesehatan, sebenarnya belum diketahui pasti penyebab pastinya mengapa kita mengalami sleep paralysis. Tapi ada beberapa kondisi yang diyakini bisa meningkatkan terjadinya sleep paralysis yang dilist oleh alodokter, yaitu:

  • Migrain
  • Kurang tidur
  • Insomnia
  • Gangguan tidur
  • Gangguan kesehatan mental
  • Jadwal tidur yang terganggu

Amalan Sebelum Tidur

amalan sebelum tidur
Sleep paralysis tentu sangat mengganggu ya dear kalau kita mengalaminya. Untuk itu, aku punya ritual khusus nih yang bisa kalian lakukan sebelum tidur biargak mengalami sleep paralysis. Terlepas dari kebenaran sleep paralysis itu ada campur tangan makhluk gaib atau gak.

Tapi, kalian bisa banget lakukan ritual ini, tepatnya adab sebelum tidur yang bisa kita amalkan, selain untuk menghindari sleep paralyisis, ini juga upaya penjagaan dan penyerahan diri kita sama Allah. Karena ketika tidur, ruh kita tak sedang bersama kita. So, jangan lupa diamalkan ya.

1. Berwudu

Pertama kali yang harus kita lakukan adalah berwudu. Yup, menjaga wudu pasti udah jadi kebiasaan kita ketika beraktivitas, namun ketika tidur kita juga tak boleh melupakan untuk bersuci, agar kalau-kalau Allah ambil raga kita, kita berada dalam keadaan suci.

Tapi, ini bukan asal-asalan ya dear, ada hadist yang memerintahkan kita juga, hadistnya berbunyi:

“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710)

2. Membaca Surah Al-Mulk

Kalian pernah mendengar untuk membaca surah Al-Mulk agar terhindar dari azab kubur gak dear? nah, surah Al-Mulk ini kita bacakan sebelum tidur.


3. Membaca Dzikir dan Meniupkan Ke Seluruh Tubuh

Nah, sebelum tidur, kita juga harus membacakan dzikir untuk diri kita, biasanya ini dikenal ruqyah mandiri. Silakan baca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas lalu tiupkan keseluruh tubuh yang bisa dijangkau, dilakukan sebanyak 3 kali ya dear. 

Kemudian baca juga ayat kursi dan tiupkan keseluruh anggota badan. Ini juga merupakan sunnah nabi ﷺ . Sebagaimana yang tercantum dalam hadist riwayat bukhari no. 5017 dan no 3275.


3. Membaca Doa Sebelum Tidur


Selain dari dzikir di atas, doa sebelum tidur juga wajib dong kita baca. Jadi, setelahnya bacalah do’a tidur, udah pada tau kan dear doanya?


Do’a sebelum tidur: “Bismika allahumma ahya wa amuutu “

Do’a bangun tidur “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur”

4. Menghadap Ke Sebelah Kanan

Terakhir, biasakanlah tidur dengan menghadap ke sebelah kanan. Aku pernah tak sengaja tidur kearah kiri, alhasil sleep paralysis menguasai wkwk.

Jadi, selalu mulai tidur dengan menghadap ke sebelah kanan ya dear, kita ikut sunnah rasulullah biar setiap aktivitas kita berkah dan bernilai pahala. Mantep kan, udah selamat berpahala pula.


Penutup

Hoke deh, itu dia sedikit informasi yang bisa kubagikan, beberapa amalan sebelum tidur ini, juga merupakan terapi agar kita bisa tidur nyenyak dear, tidur yang nyenyak pasti akan menghasilkan badan yang fit ketika bangun nanti.

Jadi, jangan takut mengalami sleep paralysis ya dear, aku sendiri sudah membuktikannya dan Alhamdulillah berhasil. Kadang, kita disarankan untuk mengubah posisi tidur agar tak terkena sleep paralysis lagi, tapi kenyataannya kurang efektif. Ritual di atas lebih efektif dan bekerja, coba deh!


kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

6 komentar

  1. Saya dulu waktu kuliah sering banget kena tindihan, kemungkinan stress apa yaa, banyak tugas hehe tapi setelah menerapkan tidur sesuai sunah memang akhirnya lebih tenang sih. kuncinya adalah melakukan aktivitas pra tidur dengan mencontoh Rasul yaa, agar bisa tidur nyenyak.

    BalasHapus
  2. Baru tau tindihan itu ternyata ada alasan medis nya. Dan memang perlu juga mengamalkan adab sebelum tidur, biar aman. Next, tips biar gmpang tidur dek, request hehe

    BalasHapus
  3. Kalau terlalu capek biasanya aku kena sleep paralysis. Makanya sekarang kalau capek, mending istirahat dulu.

    BalasHapus
  4. Tips penting banget nih biar tidur kita lebih berkualitas ya.. soalnya aku tipikal suka kebangun tengah malam gitu...

    BalasHapus
  5. Jadi ingat smalam mimpi buruk sampai-nangis d mimpinya lanjut pas bangun tidur 🤣.
    Mksh remindernya mb.. Aku blm bca al mulu semalam heheh

    BalasHapus
  6. Kemarin nemu satu video mengenai gerakan untuk melemaskan tubuh sebelum tidur, bisa juga tuh dicoba

    BalasHapus

Posting Komentar