Pengikut

3 Alasan Kenapa Kamu Harus Berbisnis

Posting Komentar

 

alasan kita harus berbisnis

kikichemist.com,- Di zaman yang semakin canggih ini, beragam kebutuhan terus naik harganya. Seringkali ketika kita bekerja, akan terjadi besar pasak dari pada tiang.

Kehidupan yang seperti ini tentunya takkan membuat kita maju, karena pemasukan akan segera habis oleh pengeluaran, bahkan terkadang tak sempat menyisihkan penghasilan untuk ditabung.

Sekalipun bisa menyisihkannya, anda akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk berhasil memperoleh uang dalam jumlah besar.

Untuk itu, kita harus memutar otak agar penghasilan yang diperoleh tak hanya berasal dari satu sumber saja. Bagaimana caranya? Jika anda berprofesi sebagai guru, berbisnislah, jika anda berprofesi sebagai pekerja yang masih dibayar orang, berbisnislah.

Dengan menambah penghasilan dari dunia bisnis, kita akan mendapat banyak keuntungan. Apa saja itu?

3 Alasan Kita Berbisnis

alasan berbisnis

Nah, buat sahabat kongkow yang masih bingung nih, kenapa sih kita harus berbisnis? Memangnya kalo gak bisnis gak bisa kaya? Memangnya kita harus kaya? Coba lihat 3 alasan ini, kali aja kan bisa mengubah pikiran kalian dear. Yuk simak!

1. Kebutuhan Dapat Terpenuhi


Siapa sih yang tak ingin semua kebutuhannya dapat terpenuhi? Tentu kita menginginkan hal tersebut. Tak hanya kebutuhan makan sehari-hari, namun juga kebutuhan sandang dan papan. 

Setiap orang pasti memiliki impian punya rumah sendiri, tapi saat ini banyak orang yang bahkan sampai hari tuanya tak memiliki rumah sendiri.

Hal ini terjadi karena penghasilan rumah tangga tidak dikelola dengan baik, mungkin juga hanya berpatok pada satu penghasilan yang itu-itu saja. Alhasil, kita hanya akan hidup dengan cukup saja, tanpa ada yang berlebih.

Ketika kita menyisihkan penghasilan yang diperoleh untuk menjalankan bisnis, keuangan rumah tangga pasti dapat memenuhi kebutuhan sandang, pangan, dan papan dengan baik, karena nantinya kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari bisnis.

2. Ekonomi Lebih Stabil


Ketika kita memiliki penghasilan yang bersumber dari bisnis, keuntungan yang diperoleh akan membuat ekonomi keluarga lebih stabil. Selain karena keuntungan yang didapat, mindset kita juga secara tak langsung akan berubah.

Terbiasanya kita dalam menjalankan bisnis akan membuat kita menjadi seorang yang lebih terencana dan mampu melihat berbagai peluang kegagalan atau keberhasilan, dengan begitu kita bisa lebih mudah untuk mengatur strategi keuangan dalam rumah tangga. 

Tentunya kita tak takut lagi ketika ada kebutuhan mendadak yang diperlukan karena pemasukan dari bisnis telah dapat kita kelola dengan baik.



3. Menjadikan Harta sebagai Wasilah Meraih Surga


Berbagai keuntungan yang telah kita peroleh dari berbisnis, pasti tak semata-mata hanya untuk dunia saja. Ketika kita telah berhasil membangun sebuah bisnis, tentu kita ingin bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Dengan adanya kelebihan harta yang dimiliki, kita takkan segan-segan untuk memberikan sedekah dalam jumlah yang besar. 

Ntah itu untuk pembangunan masjid, rumah tahfidz, ataupun kotak-kotak amal yang sering kita lewati di jalan. Pasti takkan ada lagi rasa ragu untuk memasukkan uang dalam jumlah besar. Bukankah amal jariyah itu memiliki pahala yang sangat besar?



Bagaimana Cara Memulai Bisnis?


bagaimana mulai berbisnis

Setelah mengetahui alasan mengapa kita harus berbisnis, selanjutnya mungkin banyak pertanyaan yang timbul, yaitu bagaimana cara memulai berbisnis? 

Untuk itu, ada beberapa yang dapat dilakukan agar kita bisa mulai berbisnis dan stabilkan ekonomi keluarga. Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menjalankan suatu bisnis.

1. Buka Bisnis Sendiri


Untuk mulai masuk ke dalam dunia bisnis, sebelumnya siapkan modal terlebih dahulu. Setelah memiliki modal yang dirasa cukup, lakukanlah hal-hal berikut:

  1. Tentukan jenis usaha yang diinginkan
  2. Lakukanlah riset untuk melihat peluang dari bisnis yang kita pilih
  3. Pastikan usaha yang akan anda jalankan memiliki keunikan tersendiri
  4. Tetapkan anggaran yang akan kita keluarkan untuk memulai bisnis
  5. Tentukan waktu yang akan anda gunakan untuk memulai bisnis
  6. Susunlah strategi promosi untuk mengembangkan bisnis

Sebelum memutuskan untuk mulai membuka bisnis, susunlah terlebih dahulu perencanaan yang matang, juga perhatikan juga tujuan dan resiko tiap tindak tanduknya agar bisnis yang dijalankan tak berhenti di tengah jalan dan mampu memenuhi kebutuhan kita dengan baik.



2. Bergabung Bersama Bisnis Teman


Selain dengan membuka bisnis sendiri, kita bisa bergabung bisnis bersama teman, jika modal yang kita punya tak ada atau justru tak cukup untuk mulai membuka bisnis. 

Kita bisa membentuk tim untuk bekerja sama menjalankan sebuah bisnis. Dalam kerjasama tersebut bisa dilakukan pembagian peran untuk mengelola bisnis yang akan dijalankan.

Penutup

Jadi, udah taukan kenapa kita harus berbisnis. Kalo ada peluang, jangan dilewatkan. Ayo mulai bisnismu dan lebarkan sayap untuk kesejahteraan di masa depan, yang penting nawaitu aja dulu, action kemudian.

kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

Posting Komentar