Pengikut

Review Film Munafik, Mas Adam Jadi Idaman!

2 komentar
review film horor munafik

kikichemist.com., Hei-hei, balik lagi nih di rumah kichem, kali ini aku mau sedikit ngomongin dunia perfilman. Bagi pecinta film, pasti akan selalu nyari rekomendasi film yang akan ditonton.

Suka kesel gak sih kalo kita udah capek-capek nonton film, eh ternyata filmnya ngebosenin, atau malah bikin bingung dan alurnya bukannya bikin refresh otak kita yang butuh hiburan, malah bikin isi kepala kayak benang kusut.

Aku pernah banget mengalami itu, nonton film bukannya bikin happy malah bikin kapok wkwk. Terkadang, ada aja film-film yang bikin nyesel nontonnya, mungkin karena aku bukan target penontonnya kali ya.

Betewe, ngomongin soal film kalian suka genre apa nih? Kalo aku sendiri sebenernya suka film horror, thriller, juga science-fiction. Tapi, kadang susah nyari film horror yang bagus.

Tapi, aku nemuin satu film horror yang bagus banget menurutku. Kalian udah pernah nonton “Munafik” belum? Atau pernah tau judul filmnya?

Film ini pertama kali direkomendasiin sama murobbiku waktu zaman kuliah dulu. Berkat beliau, aku jadi bisa nikmati film horror islami yang cukup menegangkan ini. Jadi, berhubung aku udah nonton filmnya, kali ini aku akan ngasih review film munafik buat kalian.



Identitas Film "Munafik"


Sebelum kita bahas filmnya lebih jauh, yuk kenal-kenalan dulu sama si film satu ini, biar kita lebih tau asal usul film ini dari mana, dan siapa sih yang berperan penting dalam film satu ini.

film horor religi

Judul: 
"Munafik"

Penulis Skenario: 
Syamsul Yusof

Sutradara: 
Syamsul Yusof

Daftar pemain:
  • Syamsul Yusof sebagai Ustaz Adam
  • Nabila Huda sebagai Maria
  • Fizz Fairuz sebagai Iman
  • Sabrina Ali sebagai Zati
  • Pekin Ibrahim sebagai Fazli
  • Datuk Rahim Razali sebagai Rahim
  • A. Galak sebagai Imam Ali
  • Zarina Zainoordin sebagai Zulaikha
Distributor
Skop Productions (Malaysia), MD Pictures (Indonesia)

Durasi
1 jam 38 menit

Tahun tayang
2016

Tempat tayang
Bioskop, Disney+ Hotstar, Vidio

Sekilas Tentang Film Munafik


Dear, kalian tau gak? Film munafik merupakan salah satu film horor Malaysia terbaik dan sempat meraih beberapa penghargaan. Perbedaannya dengan film horror kebanyakan, film ini merupakan sebuah film horror yang berpadu dengan religi.

Film ini tayang pada tahun 2016, dan sekuelnya (Munafik 2) tayang tahun 2018. Film horror ini disutradarai sekaligus diperankan oleh Syamsyul Yusof.

Syamsul Yusof atau Mohd Syamsul bin Mohd Yusof merupakan seorang actor, sutradara, produser film, penulis naskah, rapper sekaligus penyanyi. Pria kelahiran 1984 ini sukses membawa munafik menerima beberapa penghargaan.

Film ini merupakan film kesembilannya dan merupakan film horror keduanya setelah film Khufarat. Penasaran sama filmnya? Review film munafik semakin banyak dicari lantaran rasa penasaran penonton yang menggebu-gebu.

Setelah film ini melejit, mas Adam yang diperankan oleh Syamsul Yusof kerap menjadi idaman bagi para ukhti yang mengidamkan sosok lelaki soleh, gak terkecuali kakak dan adikku yang jatuh cinta sama sosok Adam setelah nonton film ini.


Sinopsis Film Munafik


Film ini bercerita tentang Adam, seorang praktisi ruqyah syar’iyyah yang mengalami kecelakaan dan membuat istri tercintanya meninggal.

Kejadian itu mengguncang keimanan Adam, ia yang sebelumnya dikenal sebagai seorang yang taat beragama mulai kehilangan keyakinannya pada agama.

Sejak saat itu, Adam memutuskan untuk berhenti menjadi praktisi ruqyah, ia enggan untuk mengobati orang karena Adam tak bisa menerima takdir yang menimpanya. Kecelakaan yang dialaminya ternyata meninggalkan luka yang begitu mendalam.

Suatu hari, ia diminta untuk menyembuhkan seorang bernama Maria yang telah lama diganggu oleh Iblis dan menyebabkannya depresi. Tak ada pilihan lain, akhirnya Adam memutuskan untuk membantu Maria.

Sekelumit kejadian janggal mulai terjadi sejak Adam ikut campur dalam penyembuhan Maria. Ali, seorang imam terpandang di desa tersebut tewas mengenaskan, sementara Osman ayah Maria tiba-tiba saja menghilang.

Adam hampir saja frustasi, namun ia mengembalikan keyakinannya dan selanjutnya kalian bisa tonton filmnya, hayoo penasaran gak? Buruan buat yang belum nonton, kuy nonton dan hilangkan rasa penasarannya.



Review Film Munafik

faedah film munafik

Film munafik berdurasi 98 menit ini cukup buat jantung kalian bagai roller coaster. Pokoknya, selama nonton film, kalian bakal sering nemuin jump scare yang bikin dag dig dug.

Gak cuma jump scarenya aja, tampilan makhluk gaib yang cukup mengerikan juga bakalan sering kalian temui dan bikin terbayang-bayang. Bagi yang penakut tapi doyannya nonton horror, siap-siap gak berani ke kamar mandi ya wkwk.

Bagusnya, film ini berkaitan dengan akidah, pesan yang disampaikan cukup mendalam, jarang-jarang ada film horror yang memberi pesan dakwah seperti film munafik ini.

Tapi, ada sedikit kekurangan sih, aku rasa dibagian akhir aku agak sedikit bingung dengan alurnya, tapi setelah beberapa saat mulai ngeh kok. Bagian akhirnya juga kurang greget, penjahatnya tiba-tiba mati aja, gak pake drama dulu wkwk.

Tapi, over all okelah, kalo disuruh ngasih bintang, aku kasih 5/5 untuk film satu ini. Karena suka sama filmnya, aku juga udah nonton sekuelnya, Munafik 2. Tapi, aku rasa lebih bagus cerita film Munafik, karena Munafik 2 berakhir dengan sad ending huaa.

Baiklah, ada beberapa faedah yang bisa kita ambil dalam film ini di antaranya:

  • Hendaknya kita bisa berlapang dada dalam menerima segala ketentuan dari Allah, karena sepahit apapun takdir yang menimpa kita, itu adalah yang paling baik bagi kita.
  • Jangan mudah tergoyahkan oleh syaitan, kuatkan keimanan kita agar tak mudah digoyahkan.
  • Janganlah menggadaikan akidah hanya untuk meraih harta dunia.

Kalau kalian tonton filmnya, barangkali ada faedah lain yang bisa diambil. Kuy, banyak manfaat yang bisa kita ambil kok meskipun nontonnya horror, jadi bisa sambil menyelam minum air.


Penghargaan Yang Diraih

penghargaan film horor

Film Munafik berhasil menyabet beberapa penghargaan setelah tayang dengan gagahnya, di antara penghargaan yang berhasil dimenangkan yaitu:

  • Pemenang kategori Terbaik Bahasa Kebangsaan, pengarah terbaik, suntingan terbaik, Pelakon Wanita Terbaik, dan Penataan Bunyi Terbaik dalam Festival Film Malaysia ke-28 
  • Pemenang kategori Pelakon Pembantu Wanita Terbaik dalam Anugerah Majlis Pengkritik Filem Kuala Lumpur 2016
  • Pemenang kategori pengarah filem terbaik dalam Anugerah Skrin 2016
  • Pemenang kategori Filem MeleTOP dalam Anugerah MeleTOP Era 2017 
  • Pemenang Gandingan Serasi Filem dalam Anugerah Bintang Popular Berita Harian ke-30 
  • Pemenang Pengarah Terbaik dalam Festival Filem Asia Pasifik ke-57

Akhirnya, sampai juga di penghujung kata. sekian dulu deh review film Munafik yang bisa aku share ke kalian. Pokoknya rekomended deh, aku harap sih bakalan ada film-film horor sekelas film Munafik ini, biar lebih bisa diambil faedahnya. Gimana? Udah gak sabar pengen nonton?
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

2 komentar

  1. Mba keren bisa nonton film horor kek gitu. Kalo aku nyerah duluan begitu denger kata 'horor', ngga ada nyali aku. Meskipun sebenere penasaran pengen nonton padahal.. Hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk coba sekali ditonton dulu mbak, kalo ngerasa trauma gak usah dilanjut😂

      Hapus

Posting Komentar