Belajar Ilmu Pranikah Bareng KLIK Medan Chapter 14

15 komentar
BELAJAR ILMU PRANIKAH


kikichemist.com., Pernikahan adalah proses belajar yang tak ada habisnya. Sebagai manusia, tentu kita mempunyai naluri untuk memiliki pasangan.

Hayoo siapa nih yang gak mau punya pasangan, pasti pada mau dong ya. Untuk itu, sebelum menemukan jodoh terbaik, ada baiknya kita mempersiapkan diri. Kalo mau jodoh yang baik, tentu kita juga harus memperbaiki diri kan?

Memperbaiki diri gak hanya tentang pemahaman agama yang ditambah, atau amal ibadah yang semakin kenceng aja. Tapi, ada ilmu yang juga perlu kita persiapkan untuk mengendarai kapal bernama pernikahan, yaitu ilmu pranikah.

Bagi sebagian orang, mungkin mempelajari ilmu pranikah cukup tabu. Tapi, tahukah dear? Angka perceraian di Indonesia hingga tahun 2021 mencapai 447.743 kasus. Ini artinya ada yang perlu diperbaiki dari sebuah hubungan rumah tangga.

Tingginya angka perceraian yang terjadi, sedikit banyaknya pasti mempengaruhi kawula muda untuk menikah. Maka dari itu, sangat diperlukan adanya bimbingan pranikah demi terjalinnya rumah tangga yang harmonis.

Jadi, kita perlu banget nih dear untuk mempelajari ilmu pranikah agar bisa meraih keluarga yang samarada. Beberapa waktu yang lalu, aku berkesempatan untuk belajar ilmu pranikah bareng KLIK Chapter 14. Menghadiri kajiannya buat aku seperti baterai lowbat yang seketika di charge.


Bagaimana sih Hukum Menikah?

Sebelum kita kulik lebih dalam mengenai event belajar ilmu pranikah bareng KLIK Chapter 14, ada baiknya nih kita tau dulu hukum-hukum pernikahan. Jadi, hukum pernikahan gak cuma satu ya dear, tapi hukum pernikahan itu bisa jadi wajib, mubah, makruh, bisa juga jadi haram tergantung kondisinya.

Hukumnya Wajib

Hukum menikah menjadi wajib ketika seseorang mengkhawatirkan dirinya jatuh ke dalam perbuatan zina jika tidak menikah. Hal ini menjadi wajib dikarenakan hukumnya wajib untuk meninggalkan zina, dan tak ada penunaian yang sempurna kecuali dengan menikah.

Hukumnya Mubah

Hukum menikah menjadi mubah ketika ada seseorang yang tidak bersyahwat, namun memiliki kecukupan harta, dikarenakan tidak ada sebab-sebab yang mewajibkannya, maka dihukumi mubah.

Hukumnya Makruh

Hukum menikah menjadi makhruh ketika ada seorang yang tidak bersyahwat dan ia juga fakir, karena ia tak punya kebutuhan untuk menikah juga akan menanggung beban yang berat nantinya. Menikah juga dihukumi makruh kepada seorang yang tak bisa memberi nafkah batin terhadap istrinya.

Hukumnya Haram

Hukum menikah menjadi haram ketika seseorang benar-benar tidak dapat menunaikan perkara-perkara yang berkaitan dengan kehidupan rumah tangga. Karena menikah itu disyariatkan untuk memberikan maslahat.


Kriteria Memilih Pasangan Hidup


Dear, kalau kalian punya kriteria pasangan hidup gak? penting banget kan kita tau kriteria pasangan hidup yang kita butuhkan. Karena memilih pasangan hidup itu tentu gak bisa sembarangan, secara kita akan menjalaninya seumur hidup.

Usahakan carilah pasangan hidup hingga mati ya dear, karena kehidupan kita gak akan berakhir ketika kita mati, tapi justru dimulai ketika kita mati. Jadi, kita perlu nih partner yang bisa kita jadiin pasangan di dunia maupun di akhirat.

Kalau mau cari pasangan dunia akhirat, jangan buru-buru ya dear, biar kita gak salah. Pertimbangkan syariat untuk memilihnya. Pilihlah seseorang karenaNya, karena apapun yang kita pilih jika berlandaskan Allah, insyaAllah kita akan mendapat yang paling baik.

Apa Itu KLIK?

kuliah pranikah bareng


Kalian pernah dengar KLIK gak? Kalo kata klik mungkin sering ya, tapi kalo klik yang satu ini mungkin gak semua orang tau.

Nah, jadi KLIK atau klinik nikah Medan adalah sebuah lembaga edukasi pernikahan yang berdiri sejak 2015, yang didirikan oleh Isnan Nisa Nasution. Lembaga ini pertama kali berdiri di kota Malang pada tahun 2014.

KLIK didirikan dengan tujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan penumbuhan kesadaran tentang kehidupan rumah tangga dan keluarga. Belajar ilmu pranikah juga harus total.

KLIK hadir didasari oleh tingginya angka perceraian yang ada di Indonesia serta minimnya pengetahuan masyarakat tentang membina rumah tangga, klinik nikah satu ini memiliki visi untuk menjadi figure keluarga dakwah.

Adapun beberapa tahapan materi yang aka diberikan saat kelas KLIK berlangsung di antaranya:

  • Niat dan Mindset Pernikahan
  • Kesehatan Pra Nikah
  • Tahapan Memilih Jodoh dan Ta’aruf
  • Khitbah dan Mahar
  • Administrasi KUA
  • Fiqh Walimah
  • Fiqih Jima’
  • Management Keuangan Keluarga
  • Manajemen Komunikasi dan Konflik Keluarga
  • Fiqih Thalaq & Ruju’
  • Parenting Islam
Pemberian materi biasanya dilakukan seminggu sekali, sehingga pertemuan akan berakhir dalam tiga bulan lamanya, tentunya dari list di atas kita bisa melihat pentingnya ilmu-ilmu itu kita ketahui sebelum melangkah ke arah pernikahan.

Hari Pertama Belajar Bareng KLIK

belajar ilmu pranikah


Tanggal 31 juli 2022 kemarin, aku berkesempatan untuk ikut kelas perdana Klinik Nikah Medan Chapter 14. Setelah beragam kebimbangan yang melanda, akhirnya aku mutusin untuk ikut kelas pranikah satu ini. Alhamdulillah kelasnya free.

Dipertemuan perdana ini, terdapat beberapa rangkaian acara, di antaranya registrasi, perkenalan, kontrak belajar, dan materi kelas.

Sayangnya, aku datang agak sedikit terlambat waktu itu hihi. Acaranya rame banget, dihadiri oleh sekitar 80 peserta ikhwan dan akhwat. Mungkin karena masih hari pertama kali ye, tapi semoga di hari-hari berikutnya masih tetap rame.

Kelas perdana ini sebenernya dimulai sejak pukul 10.00 wib, berhubung masih perdana banget, jadi perlu adanya perkenalan. Gak lama setelah aku sampai, rangkaian acara udah masuk ke tahap perkenalan panitia.

Tiap panitia memperkenalkan diri, dan ternyata dari panitia tersebut ada pengurus dan relawan dari klinik nikah medan. Mereka semua merupakan alumni dari kelas-kelas klik sebelumnya. Wah, jadi setelah lulus kelasnya kita masih bisa berkecimpung di dunia KLIK.

Setelahnya, ada games yang diselenggarakan panitia. Gamesnya pastinya masih berhubungan dengan nikah-nikahan ya. Jadi, seluruh peserta masuk ke kahoot dan ngejawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul.

Yang bikin greget sekaligus lucu, pemenang urutan pertama gak bisa terganti dari awal permainan. Dengan nama yang unik bin aneh, “uzumaki paijo”.

Seorang ikhwan berhasil memenangkan games ini di juara satu, juara duanya juga ikhwan, namanya normal. Tapi ternyata, pemenang juara satu dan dua adalah orang yang sama wkwk. Mentang-mentang punya hp dua ya hem.

Acara inti dimulai ba’da dzuhur, peserta mulai melakukan registrasi. Seperti kesepakatan di awal, ada modul yang akan dibagikan untuk tiap peserta. Jadi, tiap peserta dikenakan biaya 150rb rupiah.

souvenir klinik nikah medan

Awalnya, kukira cuma dapet modul, ternyata ada bonus souvenir pin, gantungan tas, ditambah totebag dari klinik nikah medan. Aku yang suka printilan kayak gitu jadi seneng banget hihi. Setelah registrasi, peserta akan dapet semua itu plus selembar form registrasi.


Mindset Pernikahan Ala KLIK

mindset ilmu pranikah

Wuahh akhirnya setelah beberapa rangkaian acara, masuk juga ke acara ini, yaitu pemberian materi yang dibawakan oleh ustadz Fadli Sudiro, S.HI, MHQ. Pemateri hebat satu ini merupakan mentor PPA, founder MSQ, sekaligus ketua FKP RRI Medan.

Pembawaan materi diawali dengan muhasabah, ustadz fadli meminta semua peserta untuk memejamkan mata, diiringi musik yang sangat lembut ustadz fadli memberikan kata-kata pembersihan diri.

Kali ini ustadz Fadli Sudiro memberikan materi mengenai niat dan mindset pernikahan. Beliau menyampaikan bahwa pernikahan itu adalah keajaiban, nikah itu menyempurnakan separuh agama. Kata beliau, nikah lebih maslahat walau tak luput dari masalah.

Satu hal yang paling ngena waktu kudengan adalah ketika beliau mengatakan “Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin menikah adalah mengembalikan segala sesuatu kepada Allah, bersihkan diri dari semua ketidak mungkinan.”

Ketika mendengarnya rasanya kayak nyess, iyaya. Kita sering sekali memaksa ingin ini dan itu, padahal Allah lebih tau mana yang pantes buat kita. Maka, mengembalikan segala sesuatu kepada Allah adalah hal yang seharusnya kita lakukan sejak awal.

Ketika kita ingin menikah, tak perlu memaksakan apa maunya kita, karena terkadang sesuatu yang kita paksakan justru tak sesuai dengan apa yang kita dapat, sebaliknya ketika kita pasrahkan segalanya pada Allah, insyaAllah yang terbaik akan Allah datangkan. Intinya, Ruang terbesar itu niat dan Allah memberi kepada orang-orang yang berniat besar.

Adapun beberapa persiapan menikah yang paling utama di antaranya:
  • Bersihkan diri
  • Bekali diri
  • Muhasabah diri
  • Memantaskan diri
Penyampaian materi diakhiri dengan diskusi tanya jawab yang menguras air mata dan kemudian muhasabah oleh ustadz Fadli Sudiro.

Akhirnya selesai juga cuap-cuap ya dear, wah kita harus tau nih betapa pentingnya belajar ilmu pranikah sebelum menikah.

Mau kerja aja kita harus kuliah dulu 4 tahun, masak iya mau menikah seumur hidup gak belajar, ya gak? Oke deh, begitulah pengalamanku hadir di kelas perdana belajar ilmu pranikah bareng KLIK Chapter 14. Kalian mau ikutan?
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

15 komentar

  1. Coba ada di Lampung Kak aku pengen ikut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaya mbak, semoga nanti klik bisa buka cabang di lampung hihi

      Hapus
  2. Kalo ada di Palembang aku mau ikutan🥺

    BalasHapus
  3. Wah kayaknya klik harus buka cabang lagi nih

    BalasHapus
  4. Kepo banget dengan sesi mindset pernikahan. Karena hal ini cukup jarang dibahas, padahal justru hal utama. Ketika mindset kita kuat, plus ketemu pasangan yang sejalan insya Allah bikin pernikahan langgeng. Sukses untuk KLIK Medan dan Nusantara banyak berbagi ilmu🙌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bener banget, mindset itu kuncinya. Alhamdulillah berkesempatan belajar di klik

      Hapus
  5. Saya dulu ikutan juga kuliah pra nikah. Masyallah ilmunya ternyata banyak banget.. kalau di KUA sendiri tiap mau nikah ada semacam 'ceramah singkat' dari pegawai KUA nya tapi memang lebih afdol ikut kuliah ora nikah karena lebih banyak bahasannya. Setelah nikah pun tetap harus ikut kajian2 masalah rumah tangga biar jadi pengingat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah masyaAllah, memang kita kudu banyak belajar ya mbak.

      Hapus
  6. Wah, bener-bener dikupas tuntas oleh KLIK ya. Berguna sekali untuk pasangan yang akan menikah.

    BalasHapus
  7. Yang untuk post nikah juga bisa dibuat oleh KLiK Mbak, agar semakin langgeng :D

    BalasHapus
  8. Mksh sharingnya mb.. Kalau menurut Mb Kiki, hukum menikah buatku apa? Hehe

    BalasHapus
  9. Semangat belajarnya, mbaa, semoga segera bertemu dengan jodoh yg klik jg, Aamiin

    BalasHapus
  10. Iya nih, ilmu pranikah ini wajib diketahui oleh calon pasangan yang akan menikah. Lebih banyak ilmu, lebih siap mengarungi kehidupan rumah tangga.

    BalasHapus

Posting Komentar