Pengikut

Ini dia! Pentingnya Content Plan Untuk Blogger

2 komentar
content plant untuk blog

kikichemist.com., Menjadi seorang blogger merupakan tantangan yang cukup menguji nyali. Saat ini, telah banyak orang yang mulai memasuki dunia blogger. Membuat sebuah blog itu cukup mudah, namun tantangan selanjutnya adalah mempertahankan blog agar tetap hidup.

Untuk itu, diperlukan yang namanya sebuah perencanaan. Ketika kita mulai menulis sebuah artikel, seringkali menemukan jalan buntu, kadang juga ide tiba-tiba ngibrit begitu aja.

Nah,ini nih yang jadi penyebab seorang blogger akhirnya memutuskan untuk mundur alon-alon dan akhirnya blog ditinggalkan begitu aja. Hal ini terjadi karena gak ada perencanaan yang matang untuk menulis di sebuah blog.

Jadi, ada yang namanya content plan. Content plan ini dibuat untuk memudahkan kita melanjutkan tulisan di blog. Dengan adanya content plan untuk blogger, kita jadi tau akan menulis konten apa untuk blog kedepannya.


Kenapa harus membuat Content Plan?

Jadi, kita ngomongin content plan untuk blogger dulu ya dear. Ada beberapa alasan kenapa kita sebagai blogger harus membuat content plan.

Setelah kita nentuin niche yang pas untuk blog yang akan kita besarkan, saatnya membuat content plan untuk memudahkan jalannya blog. Beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari membuat content plan untuk blog di antaranya:


1. Bantu Kita Konsisten Posting Artikel

Dengan membuat planning, kita akan tau kapan waktu untuk post artikel. Penetapan jadwal yang teratur nantinya akan kita jadikan patokan untuk menulis, sehingga kita gak akan menerka-nerka lagi kapan akan nulis di blog dan gak akan berakhir nihil.

Untuk jadwal post artikel, bisa disesuaikan dengan kemampuan kita sendiri ya dear, bisa sehari sekali, seminggu dua kali, atau terserah kamu. Jadi, udah pasti content plan untuk blogger itu penting banget.


2. Konten di Blog Jadi Seimbang

Kalo kita punya niche blog yang lebih dari satu, nantinya perencanaan yang kamu buat akan dapat menyeimbangkannya. Jadi kita bisa selang-seling niche untuk tiap postingan, sehingga postingan blog jadi lebih rapi.


3. Konten Sesuai yang Diinginkan Pembaca

Ketika membuat konten artikel untuk sebuah blog, tentu kita akan melakukan keyword research agar kita bisa membuat artikel yang dibutuhkan pembaca. Dengan adanya perencanaan, kitamenjadi lebih tau apa yang diinginkan oleh para pembaca.


4. Bisa Menandai Hari-hari Special

Dengan adanya perencanaan, kita bisa melihat tanggal-tanggal penting di kalender, sehingga akan memudahkan kita membuat artikel sesuai dengan momen perayaan yang sedang berlangsung.


5. Memilih Ide Terbaik

Perencanaan yang kita buat akan memudahkan kita untuk memilih ide yang terbaik untuk membuat artikel, jadi nantinya artikel kita akan lebih berkualitas.


6. Ide Tidak Buntu

Nah, kalo kita udah research, pastinya kata kunci yang diinginkan udah ada dalam genggaman kita, jadi nantinya kita tinggal kembangkan ide sesuai dengan kata kunci itu tadi, gak ada lagi deh alasan buntu nulis.


7. Cepat Cari Postingan

Dengan adanya content plan, kita bisa langsung cari sumber-sumber yang bisa menguatkan artikel kita. Dengan begitu link-link yang kita butuhkan udah tersedia dan tinggal selesaikan artikelnya aja, jadi eksekusinya akan menjadi lebih baik.


8. Menghemat Waktu

Untuk menghemat waktu, udah pasti ya, karna kita udah search dari awal, gak perlu lagi search ulang untuk mencari informasi terkait artikel, saat orang lain masih searching manja, kita udah mulai menyelesaikan artikel. Gimana? Oke kan?


Tips Membuat Content Plan

Untuk membuat perencanaan nulis blog yang baik, kichem punya beberapa tips yang bisa kamu terapkan nih dear, di antaranya:


1. Fokus Pada Niche

Untuk tips yang pertama, kalian harus fokus pada niche blog. Jika punya lebih dari satu niche, buat post artikel untuk niche yang sama di hari yang sama, misal tiap hari senin posting niche travelling, tiap hari selasa posting niche lifestyle.

Jangan lupa, fokuskan pada niche ketika research keyword, sehingga plannya gak bleber ke mana-mana.

2. Sesuaikan Konten Dengan Yang Dibutuhkan

Sesuaikan artikel yang akan jadi content plan kalian dengan apa yang sedang dibutuhkan pembaca, beri solusi bagi pembaca agar nantinya pembaca tertarik untuk ngadem di blog kita.


3. Research Keyword

Jangan lupa, selalu research keyword ketika akan membuat contrnt plan, karena kita gak mau kan kalo konten artikel kita gak terbaca sama orang lain? Jadi banyakin research keyword biar nemu yang cucok.

Jenis-jenis Content Blog Plan

jadi, ada beberapa jenis content plan yang bisa kita buat untuk perencanaan blog kita. Content plan untuk blogger ini terbagi menjadi tiga jenis, di antaranya ada yearly blog plan (rencana tahunan), monthly blog plan (rencana bulanan), dan weekly blog plan (rencana mingguan).

Beberapa jenis blog plan yang perlu kita persiapkan ini memiliki cara penyusunan yang berbeda. Untuk penjelasan lebih lengkap, yuk ceki-ceki.


1. Yearly Blog Plan



Ini adalah contoh rencana tahunan yang akan kubuat untuk blogku kedepannya. Jadi, masih banyak banget pr yang harus dikerjain biar target tercapai nih.


Yearly blog plan adalah rancangan rencana yang akan kita buat untuk blog dalam kurun waktu satu tahun ke depan. Lebih tepatnya kita buat list-list rencana apa yang akan kita buat untuk bisa meningkatkan performa dan kualitas dari blog kita.


Tentukan hal-hal apa aja, yang mau kamu capai untuk blog yang sedang kamu bangun dear. Di samping hal yang mau kamu capai, siapkan juga apa saja yang akan kamu lakukan biar yang kamu mau tadi bisa tercapai, ibarat kayak visi misi gitu deh.


2. Monthly Blog Plan

Monthly blog plan adalah rencana yang akan kita buat untuk blog dalam kurun waktu satu bulan ke depan. untuk membuat rencana perbulan ini, kamu bisa melihat hari-hari penting juga dear, biar ketika buat artikel, kita bisa mengaitkan dengan hari besar di kalender.

Untuk post artikel, kamu juga harus merencanakan, dalam satu bulan itu akan menerbitkan artikel sebanyak berapa kali dan niche apa yang kamu pulih tiap minggunya. Jadi kamu udah tau nih, minggu pertama, kedua, dst di bulan ini mau post artikel tentang apa.


3. Weekly Blog Plan




Jadi ceritanya aku dapet tantangan nih dari blogspedia coaching untuk membuat rencana mingguan blogku dari tanggal 22 Agustus-27 agustus 2022 nih. Ini dia contoh blog planku untuk satu minggu ke depan.

Untuk weekly blog plan, ini adalah rencana ngeblog yang akan kamu buat dalam kurun waktu satu minggu ke depan. Rencana ini tentu lebih rinci, kamu udah tau niche apa dan topik apa yang akan kamu buat di artikelmu.


Penutup

Oke deh, cukup sekian cuap-cuap dariku terkait content plan untuk blogger, semoga kita semua bisa buat conten plan dengan baik, sekaligus melahirkan artikel-artikel yang bermanfaat untuk blog kita ya dear. Semangat buat konten!


kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

2 komentar

  1. Masya Allah. Cakep. Sungguh menginspirasi. Thanks ya buat sharing _blog plan_ .


    Btw, masukan konten 22 dan 26 Agustus ditukar aja jadwalnya.


    🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, iyaya kak. Kayaknya jadi hari kedua aja deh yang tanggal 26 wkwk

      Hapus

Posting Komentar