Ampuh! Rahasia Turun Temurun Cara mengobati terkilir

2 komentar
cara meredakan ngilu terkilir

kikichemist.com., Hai dear, kali ini aku mau sedikit curhat nih. Jadi, beberapa waktu lalu aku sempat mengalami yang namanya terkilir. Awalnya, aku pikir hanya terkilir biasa, tapi ternyata kali ini beneran terkilir, gak main-main.

Akibatnya, aktifitasku banyak yang terhambat karena kejadian itu. Ternyata sakit juga ya kalo terkilir beneran hehe.

Dilansir dari alodokter.com, terkilir adalah kondisi cedera yang terjadi pada ligamen, otot, atau jaringan ikat yang menghubungkan otot dan tulang (tendon). Kondisi ini umumnya terjadi pada area yang aktif bergerak, seperti pergelangan kaki atau belakang paha.

Nah, jadi ligament itu adalah jaringan berserat yang terletak di sendi kita, fungsinya si ligament ini untuk mengikat dan menyambungkan antara satu tulang dengan tulang lain, yang membantu menstabilkan pergerakan sendi.

Jadi, kaki kita yang keseleo itu sedang mengalami ligament yang terpelintir dan robek, makanya terjadi proses pembengkakan dan sakit yang bukan main.

kebetulan, kemarin aku terkilir dibagian kaki. Kukira, sakit terkilir ini akan sembuh begitu aja dalam waktu 2-3 hari. Ternyata eh ternyata, sampai 2 minggu lebih bahkan masih meninggalkan sakit juga, Alhamdulillah.

Beberapa pengobatan tradisional pun aku jabanin demi kesembuhan kaki yang buat aku gak bisa kerja dengan baik. Berhubung aku udah tau gimana gak enaknya ketika terkilir, jadi aku akan kasih tips cara mengobati terkilir untuk kalian.

Berapa Lama Proses Penyembuhan Terkilir?

Kalo terkilir, berapa lama sih sembuhnya? Ternyata terkilir gak bisa sembuh secepat itu ya dear, jadi yang penting kita harus banyakin sabar aja untuk nunggu kesembuhannya. Dilihat dari laman rspondokindah.co.id, proses penyembuhan terkilir akan berlangsung selama 2-12 minggu.

Jadi, kalo kamu udah mengalami terkilir selama sebulan tapi belum sembuh juga, jangan khawatir karena itu hal yang normal. Tapi kalo rasa sakitnya masih dirasakan setelah waktu itu, kemungkinan ada cedera yang lebih serius, jangan lupa periksakan kaki kamu ya dear.

Selama terkilir, cari tau cara mengobati terkilir yang benar agar bisa pulih secara perlahan. Kalo aku kemarin hanya menggunakan cara tradisional dan sempet suntik juga sih wkwk. Oke deh yuk kita ceki ke bawah.

Cara Tradisional Mengobati terkilir

cara tradisional mengobati terkilir


Setelah kita sadar telah terjangkit oleh penyakit terkilir, tentunya kita harus segera mencari cara pengobatan terkilir, agar rasa sakitnya gak meradang dan bikin kita gak bisa tidur.

1. Penanganan Pertama

Untuk penanganan pertama yang harus kalian lakukan ketika terkilir, silakan lakukan RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation). Teknik ini untuk mencegah cedera yanglebih parah lagi terjadi.
  • Rest: mengistirahatkan sendi yang cedera, jangan banyak melakukan pergerakan untuk sendi yang terkena cedera
  • Ice: kompres dengan es batu untuk mengurangi pembengkakan dan proses peradangan/inflamasi. Bungkus es dengan handuk dan tempelkan pada bagian yang terkilir.
  • Compression: memberikan tekanan dengan menggunakan perban untuk mengurangi pembengkakan, jangan terlalu ketat menggunakan perban.
  • Elevation: mengangkat sendi lebih tinggi dari posisi jantung, cara ini dapat dilakukan untuk mengurangi pembengkakan.

Sayangnya, karena kurangnya ilmu, waktu itu aku gak tau gimana penanganan pertama untuk mengobati terkilir ini.


2. Pengobatan Pijat

Ternyata, ketika kita terkilir tidak dianjurkan untuk buru-buru memijat bagian yang terkilir, karena itu akan memperparah kondisi kita.

Tapi waktu itu, cara mengobati terkilir yang aku lakukan adalah dengan proses pijat/urut, meskipun tak spontan langsung memijat setelah terkilir.

Tapi, pengobatan ini cukup efektif meskipun setelah dipijat kakiku semakin sakit, tapi keesokan harinya aku sudah bisa berjalan sedikit demi sedikit.



3. Pengobatan dengan Obat Oles


Selain dengan memberikan pertolongan pertama dan pijat, untuk mempercepat proses penyembuhan aku juga menambahkan beberapa obat oles yang jadi resep turun-trmurun dari zaman dahulu.

1. Gunakan Minyak Pala

Minyak pala dipercaya dapat menyembuhkan terkilir, untuk menggunakan minyak pala, kalian cukup menghaluskan buah pala, lalu mencampurkannya dengan minyak sayur. Setelah itu, minyak pala bisa langsung dioleskan ke bagian tubuh ang terkilir.

Pala memiliki kandungan mentol yang bisa mengurangi rasa sakit., kandungan ini dapat menetralisir rasa sakit secara alami.

2. Gunakan Beras Kencur

Beras kencur dipercaya juga dapat menyembuhkan terkilir. Kandungan kencur dapat memberikan efek terapi pada bagian tubuh yang sakit atau mengalami pembengkakan.

Jurnal ilmu holistic dan kesehatan menuturkan bahwa kencur bisa digunakan untuk mengatasi pegal dang bengkak.

3. Gunakan obat Zambuk

Zambuk adalah salah satu obat oles yang wadahnya bebentuk seperti semir sepatu. Salep berwarna hitam ini terkenal ampuh untuk mengatasi pembengkakan dan keseleo ringan.


Tips Agar Mempercepat Proses Penyembuhan

tips mempercepat proses penyembuhan terkilir



Saat dalam proses pengobatan, jangan lupa tetap menjaga bagian yang terkilir ya dear, aku punya beberapa tips, untuk mempercepat proses penyembuhan bagian tubuhmu yang terkilir. Tipsnya sederhana tapi semoga ada sedikit manfaat deh.

1. Jangan banyak lakukan aktivitas pada bagian yang terkilir

Ketika kaki atau bagian tubuh ada yang terkilir, jangan lakukan banyak aktivitas ya dear, kalo kamu sedang tidak bisa jalan, biarlah makan dengan diambilkan. Kalo belum punya ayang, bisa minta pertolongan keluarga ya dear.

Kalo sholat, bisa dengan tayamum jika berjalanmu akan menimbulkan cedera yang lebih besar lagi. Usahakan minimalisir aktivitas dari bagian yang keseleo pokoknya dear.

2. Rutinkan pengobatan

Tetap rutinkan pengobatan dengan obat oles yang udah aku bagikan di atas dear, yang penting kamu sabar dalam menggunakannya.

Jangan pernah lelah untuk mengobati ya dear, biar lukamu segera sembuh.

3. Berdoa dan jangan putus asa

Jangan lupa setelah melakukan segala ikhtiar pengobatan, berdoalah pada Allah karena Ialah sang pemilik kesembuhan. Pasrahkan dan serahkan kesembuhan pada Allah.


Penutup

Semoga artikelnya bermanfaat ya dear, nah buat kalian yang mengalami terkilir, semoga cepat sembuh dan menemukan cara mengobati terkilir yang paling klop dan pas. Untuk yang belum pernah terkilir, semoga gak pernah terkilir sepanjang hidupnya ya.

kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

2 komentar

  1. Baru tahu ada obat zambuk
    Bisa kayanya nanti kubeli buat jaga-jaga

    BalasHapus

Posting Komentar