Pengikut

9 Doa Harian Ini Akan Membuat Aktivitasmu Berkah

Posting Komentar
doa harian untuk aktivitas muslim

kikichemist.com., Menjalankan aktivitas ibadah sudah menjadi kewajiban bagi umat manusia. Seperti perintah Allah dalam surah Az-Zariyat ayat 56, kita juga tau bahwa tujuan dari penciptaan kita adalah untuk beribadah.

Untuk itu, pasti dong kita punya aktivitas ibadah harian. Berdoa merupakan salah satu ibadah harian yang kita lakukan. Inti dari tiap ibadah berdoa sih ya. Tapi, kita juga punya doa masing-masing pada tiap aktivitas, ya gak?

Kalau anak tahun 90-an pasti pada ngerasain nih gimana rasanya ngaji malam. Seru banget kalo inget masa-masa itu. Aku sendiri, dulu ngaji malam bareng sama adik, yang kalo dia gak ngaji aku terpaksa ngaji sendirian.

Kalian punya cerita unik gitu gak sih di masa ngaji dulu. Kalo dulu, namanya juga anak-anak kan ya, pasti rasa takutnya itu menggebu-gebu, kebetulan aku termasuk anak yang penakut wkwk. Nah, jadi dulu kalo mau ke rumah guru ngajinya harus masuk ke dalam lorong gitu.

Dan kebetulan ntah kenapa dari depan lorong sampai ke rumah guru ngaji kite orang tuh selalu sepi dan agak gelap. Alhasil kalo udah lewat tempat itu pasti harus pake jurus ninja seribu bayangan dan di tengah dinginnya malam harus rela berkeringat wkwk.

Eh, malah jadi cerita panjang lebar. Jadi, waktu zaman ngaji dulu aku pernah dibekali beberapa doa harian yang sampai saat ini masih kuamalkan. Ntah kenapa melekat banget doa-doanya wkkwk.

Oke deh sebelum masuk ke 9 doa harian yang akan membuat aktivitasmu berkah, kita kulik dulu yuk apa sih hikmah dari berdoa itu?

Hikmah Berdoa

hikmah berdoa dalam tiap aktivitas

Sebelumnya, kita sama-sama tau ya kalo berdoa itu merupakan aktivitas ibadah yang kita lakukan untuk pencipta kita. Jadi, kalo ada yang berdoa untuk yang lain, kalian jangan pada ngikut ya. Ada beberapa hikmah berdoa yang bisa kita pahami, di antaranya:

1. Menjaga Adab Seorang Muslim

Pertama sekali, adalah menjaga adab. Yup, bedoa adalah cara kita untuk menjaga adab sama Allah. Kita kan udah dikasih tumpangan di bumi, masak iya kita gak nunjukin rasa hormat sama yang punya bumi.

Jadi, berdoa itu tandanya kita sadar kalo kita itu ada dibawah naungan Allah, kita sadar bahwa di mana pun berada, ada Allah yang selalu memantau.

2. Meminta Perlindungan Dari Allah

Hikmah berdoa yang kedua yaitu kita meminta perlindungan dari Allah. Dengan berdoa, itu artinya kita sedang meminta perlindungan dari hal-hal yang buruk.

Namanya manusia, banyak hal-hal yang gak kita ketahui, maka dari itu kita butuh perlindungan dari Allah dalam setiap aktivitas.

3. Menyadari Kelemahan Sebagai Manusia

Hikmah yang selanjutnya yaitu menyadari bahwa kita adalah makhluk lemah yang memang butuh Allah. Dengan kita meminta perlindungan, artinya kita sadar bahwa kita lemah. 

Sehingga butuh perlindungan dari Allah yang maha melindungi, karena gak ada yang bisa melindungi kita sebaik Allah. Jadi, jangan lupa untuk selalu menerapkan doa-doa harian dalam tiap aktivitas kita ya dear.


Cara Mudah Mengingat Doa

Ketika kita mengetahui doa baru, pasti kita langsung punya hasrat untuk bisa mengingat doa tersebut. Tapi, gak jarang udah kita hafal tapi gak hafal-hafal.

Bisa juga udah kita hafal tapi malah lupa, waduh kan berabe ya jadinya. Untuk mudah mengingat doa, kalian bisa terapkan hal ini.

Hafalkan doa satu persatu. Kalai kalian ada beberapa doa yang dirasa penting dan mau nginget semuanya tapi sulit, hafalin doanya satu-satu. Jangan dihafal sekalian semua dear, setelah hafal satu doa langsung amalkan dalam keseharian kita.

Hafal lagi yang selanjutnya, lalu amalkan lagi. Konon, kalau kita pakai dalam aktivitas, doa itu bisa nempel secara perlahan, nantinya pasti luar kepala dan selalu inget deh.

Kumpulan Doa Sehari-Hari Yang Buat Hidupmu Berkah


kumpulan doa muslim


Nah, setelah sedikit cuap-cuap di atas, ini dia nih yang ditunggu. Kumpulan doa penting yang bisa kalian hafal dan jadi doa keseharian kita

Ini dia beberapa doa keseharian sesuai sunnah yang bisa kalian hafalkan dan amalkan biar tiap aktivitas bisa jadi berkah dan bernilai ibadah.

Beberapa doa ini terlihat simple tapi seringkali dilupkan. Setelah ini, jangan dilupakan lagi ya dear.

1. Doa Masuk WC

Sebelum memasuki wc, ingat ya dear untuk melangkahkan kaki sebelah kiri terlebih dahulu, begini lafadz do'anya:
Bismillahi allahumma innii a'uudzu bika minal khubutsi wal khabaaits

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung padaMu dari godaan iblis jantan dan betina." (HR Muslim)

2. Doa Keluar WC

Setelah selesai, jangan lupa langkahkan kaki kanan terlebih dahulu sebelum keluar dari wc/kamar mandi. Untuk lafadz do'anya seperti ini:
Gufroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba 'anni al-adza wa 'aafaani
Artinya: "Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan mensehatkan aku."

3. Doa Setelah Istinja

Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi

Artinya: "Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji atau zina"

4. Doa Keluar Rumah

Bismillahi tawakkaltu 'alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah
Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya"


5. Doa Setelah Wudhu

Asyhadu al laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lah, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rasuuluhu. Allahumma ij'alni minat tawwaabiina waj'alni minal mutathahhiriin
Artinya: "Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu baginya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusannya. Ya Allah, jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku golongan orang-orang yang suci."


6. Doa Ketika Bercermin

Allaahumma kamaa hassanta khalqii fahassin khuluqii.
Artinya: “Wahai Tuhanku, sebagaimana telah Kaubaguskan kejadianku, maka baguskanlah perangaiku."


7. Doa Berkendara

Subhaanal ladzii sakhhoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa robbinaa lamungqolibuuna."

Artinya: "Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.


8. Doa Bangun Tidur

Alhamdulillahil adzi ahyana ba'da ma amatana wa iliahin nusyur.
Artinya: "Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami dan kepada Allah kami akan dibangkitkan."


9. Doa Masuk Masjid

Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatik

Artinya: "Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu untukku."


Penutup

Akhirnya tiba di penghujung acara, eh artikel ya dear. Itulah beberapa doa harian yang insyaAllah akan membuat aktivitasmu menjadi lebih berkah. Doanya sederhana tapi insyaAllah memiliki nilai pahala yang gak sederhana. Kalian udah nerapin doanya belum?
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

Posting Komentar