Pengikut

7 Tata Cara Untuk Melaksanakan Sholat Istikharah

4 komentar

cara melaksanakan sholat istikharah ala kikichemist



kikichemist.blogspot.com., sholat merupakan ibadah yang paling utama dilakukan oleh umat muslim. Setiap umat muslim diperintahkan untuk melaksanakan 5 sholat wajib dalam semalam. Tentu ibadah ini menjadi pengikat antara seorang hamba dengan Tuhannya.

Nah, selain sholat wajib, tentu kita mengenal ada yang namanya sholat sunnah. Artinya sholat yang jika dilakukan berpahala namun tak mengapa jika tak dikerjakan.

Tapi, para pembaca kichem pasti pernah nih kan ngerasa galau, gundah, resah ketika mau membuat sebuah keputusan. Pernah kan? Pernah dong ya.

Kita sebagai manusia sering banget nih yang namanya kena penyakit bingung dan risau, akibatnya seringkali salah dalam mengambil sebuah keputusan. Padahal keputusan yang akan kita ambil sangat penting loh.

Gak usah jauh-jauh deh, beberapa hal yang sering buat kita bingung juga nih perihal memilih jurusan kuliah, memilih pekerjaan, memilih menerima atau menolak suatu putusan, atau yang lagi hits nih memilih urusan jodoh. Kalo udah ngomongin jodoh hmm rasanya banyak banget ya kebimbangan yang muncul.

Untuk itu, ada yang namanya sholat istikharah. Sholat istikharah biasanya dikerjakan ketika kita sedang gundah-gundahnya mau ngambil keputusan nih. Jadi, dengan sholat istikharah, kita mengharapkan petunjuk dari Allah untuk keputusan yang kita ambil.

Nanti kalo berjodoh sama pilihannya pasti ada aja jalan, begitupun kalo gak jodoh, pasti ada aja jalan pemisah. Nah, kita mau tau nih apa aja sih hikmah  sholat istikharah, bagaimana hukum sholat istikharah, bagaimana doa sholat istikharah, juga tata cara sholat istikharah.

Oke deh langsung aja kita cuss cari tau semua informasinya.



Apa sih sholat istikharah?


Sholat istikharah adalah sholat sunnah dua raka’at dalam rangka memohon pilihan terbaik dari Allah subhanahu wa ta’ala ,yang biasanya dikerjakan seorang muslim apabila ia sedang bimbang akan sebuah keputusan.

Tapi, bukan berarti kita minta jawaban antara dua pilihan ketika melaksanakan istikharah ya dear. Istikharah kita lakukan semata-mata untuk memantapkan diri atas pilihan yang udah kita pilih. Jadi, tentukan dulu pilihanmu baru deh istikharah.

InsyaAllah, setelah melaksanakannya hati kita akan lebih tau memutuskan lanjut atau tidak dengan keputusan yang udah kita pilih.



Hikmah Sholat Istikharah


Sebagai seorang muslim, tentunya kita tau ya kalo apa-apa itu mesti melibatkan Allah. Melibatkan Allah dalam tiap urusan dunia itu penting, agar tiap apa yang kita lakukan bisa bernilai pahala.

Dengan melaksanakan istikharah, itu berarti kita sadar, kalo kita itu lemah, kita gak mampu buat keputusan sendiri, kita tau kalo kita cuma manusia yang memiliki batasan. Untuk itu dengan melaksanakannya kita udah meletakkan pencipta kita di urutan pertama.

Pada intinya, sholat istikharah adalah bentuk penyandaran diri kita terhadap Allah yang maha mengetahui masa depan. Allah subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguhlah berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk (QS. Al-Baqarah: 45)

Di antara keutamaan dari melaksanakan sholat istikharah antara lain:

1. Menjalankan sunnah.


Seperti yang kita ketahui bahwa sholat istikharah merupakan ibadah sunnah, yang artinya akan bernilai pahala ketika kita mengerjakannya. Nabi salallahu’alaihi wassallam juga dulu menyuruh para sahabatnya untuk melaksanakan istikharah dalam segala urusan.

2. Menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah subhanahu wa ta’ala


Berserah diri kepada Allah. Kita sebagai hambaNya, pasti akan meminta pilihan terbaik dariNya, dengan melaksanakan sholat ini, artinya kita sudah bisa menjadi hamba yang ridho pada setiap takdir yang Allah berikan.

3. Menjadikan kita manusia yang bersyukur pada ketetapan Allah


Setiap ketetapan Allah, adalah yang terbaik bagi hambaNya. Saat kita sudah melaksanakan istikharah, dan pada akhirnya Allah menetapkan apa yang tidak kita inginkan.


Kita akan tetap merasa bersyukur karena tau, kalo kita udah melalui istikharah jadi apapun itu pasti akan bisa menerima dengan lapang dada dan itu akan menjadikan kita sebagai hamba yang tawakkal.

4. Bentuk tawadhu


Istikharah adalah bukti ketawadu’an dan ketundukan seorang hamba di hadapan Allah. Hamba yang beristikharah adalah hamba yang beruntung. Karena selalu menyertakan Allah dalam tiap keputusannya.

5. Memantapkan hati


Ketika melaksanakan istikharah, Allah akan hadirkan kemantapan dalam hati kita. Untuk itu keraguan yang awalnya muncul akan segera menemukan jawabannya.

Doa sholat istikharah


Allahumma Inni asta-khiiruka bi-‘ilmik wa astaqdiruka bi qudrotik wa as-aluka min fadhlikal’azhiim fa-innaka taqdiru walaa aqdir wata’lamu walaa a’lam wa anta’allaamul ghuyuub

Allahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro (kemudian menyebutkan hajad) khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa’aaqibqti aamrii faqdurhulli wa yassirhulii tsumma baariklii fiihi wa-in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa’aaqibati amrii fashrifhu’annii washrifnii’anhu waqdurliyal khoiro haitsu kaana tsumma ardhinii bihi


Tata cara sholat istikharah


1. Bersuci dari hadats dan menggunakan pakaian yang syar’I serta menutup aurat

2. Berniat di dalam hati untuk melakukan sholat istikharah, tidak ada lafadz niat tertentu untuk melaksanakan sholat istikharah.

3. Takbiratul ihram, membaca do’a iftitah, dan surah Al-Fatihah, kemudian membaca surah apa saja yang mudah setelahnya

4. Melakukan ruku’, I’tidal, kemudian sujud. Duduk di antara dua sujud, kemudian sujud lagi dan bangkit untuk raka’at yang kedua

5. Di raka’at yang kedua, membaca surah Al-fatihah dan surah yang mudah dibaca

6. Melakukan ruku’, I’tidal, kemudian sujud. Duduk di antara dua sujud, kemudian sujud lagi dilanjutkan dengan tasyahud akhir, kemudian salam

7. Membaca do’a sholat istikharah dengan penuh kekhusyukan dan harap kepada Allah subhanahu wa ta’ala semata.



Untuk lebih jelasnya mari kita simak tata caranya dalam video berikut:



Beberapa Hal Terkait Sholat Istikharah

  1. Tidak ada dalil yang menjelaskan waktu khusus sholat istikharah. Artinya, sholat istikharah bisa dikerjakan kapan saja kecuali pada waktu-waktu yang diharamkan sholat.
  2. Jawaban dari sholat istikharah tidaklah harus berupa mimpi, terkadang kita dimudahkan oleh Allah untuk melaksanakan urusannya sehingga lancar. Terkadang juga Allah menjadikan kita condong pada satu pilihan dan enggan menjalankan pilihan yang lain.
  3. Tak masalah menjalankan sholat istikharah berapa kali, namun tak boleh membatasi bilangan dalam melaksanakan sholat istikharah dengan mengharapkan adanya fadhillah tertentu.
  4. Do’a sholat istikharah dibaca setelah melaksanakan sholat istikharah.
  5. Boleh membaca do’a dengan teks di buku jika tidak hafal, namun menghafalkannya jauh lebih baik karena akan mendatangkan kekhusyukan.


Pada dasarnya, istikharah adalah ikhtiar bagi seorang hamba untuk menetapkan sebuah keputusan.

Maka jika setelah melaksanakan istikharah ternyata kamu menemukan takdir yang tak sesuai dengan apa yang kamu mau, jangan kecewa ya dear, karena apapun itu, Allah lebih mengetahui apa yang terbaik bagi hambaNya.

Itu dia 7 Tata Cara Untuk Melaksanakan Sholat Istikharah yang bisa kamu coba laksanakan dear. Jangan lupa niatkan lillahi ta'ala ya.

kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

4 komentar

  1. Aku juga sering banget shalat istikharah kalo harus nentuin suatu pilihan, terima kasih sudah mengi ngatkan soal hikmah shalat istikharah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh masyaAllah, semoga terus istiqomah melibatkan Allah ya mas

      Hapus
  2. Masyaa Allah.bener banget. Solat istikharah itu bentuk penyandaran diri kita ke Allah. kalau kita itu makhluk lemah, butuh panduan dan petunjuk untuk memutuskan. Barokallah kak informasinya enlightening :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Alhamdulillah, semoga bermanfaat :)

      Hapus

Posting Komentar