Pengikut

Mulai Menjadi Blogger, Siapa Takut?


kikichemist.blogspot.com,- Menjadi seorang blogger, tentunya diminati oleh banyak orang. Beberapa orang mungkin terasa asing ketika mendengar kata blogger ditelinganya, namun tak sedikit pula yang sudah mengetahui dan memiliki minat dalam dunia blogger. Bahkan banyak yang sukses memperoleh cuan dari blog yang dikelolanya.

Menjadi seorang blogger terlihat begitu mudah, tapi nyatanya banyak orang yang memiliki niat kuat di awal untuk menjadi seorang blogger, namun kemudian berhenti dan menyerah. 

Akibatnya, banyak blog yang dipenuhi sarang laba-laba dan tak berfungsi optimal. Padahal, jika dikelola dengan baik, sebuah blog akan menjadi sangat bermanfaat bagi orang-orang dalam memperoleh informasi. 

Nah, untuk kamu mau jadi blogger tapi masih bingung gimana caranya,  yuk simak ulasan berikut.

Niat adalah Kuncinya

Sebelum memulai untuk menjadi seorang blogger, alangkah baiknya kita luruskan niat terlebih dahulu. 

Memiliki niat yang kuat untuk menebar manfaat harus ditanamkan dalam-dalam agar rencana pengembangan blog tidak berhenti di tengah jalan. 

Selain itu, kita harus punya tujuan untuk apa blog kita dibuat nantinya, agar ketika kita memiliki blog, kita tahu harus bergerak dari mana dan ke mana. 

Tapi, jangan miliki niat yang menggebu-gebu, karena kebanyakan orang memiliki niat yang sangat menggebu-gebu tapi hanya bertahan beberapa hari saja, selanjutnya ia lupa punya niat untuk ngeblog hehe. Kuatkan niat kamu ya jika mau jadi seorang blogger.

Cara Agar Bisa Jadi Blogger

Nah, setelah punya niat yang kuat, kikichemist.blogspot.com punya sedikit tips nih buat para pemula yang mau jadi blogger dari nol banget. Sebagian tips berasal dari pengalaman sendiri loh. Yuk mari kita simak apa aja sih tipsnya!

1.      Mengikuti kelas blogger komunitas

Dear, untuk menjadi seorang blogger, kalo kamu masih awam banget sama yang namanya blogger, kamu bisa mulai dengan cari informasi kelas blogger yang ada di kotamu atau kamu bisa juga cari kelas onlinenya. 

Kalau saya dulu di masa kuliah, di kota saya ada komunitas yang rutin ngadain kelas blog, kelasnya gratis kok dan nantinya orang-orang yang ikut kelas itu bakal bantu kamu untuk support blog yang baru kamu buat. 

Di sana, nanti kamu akan mulai diajari gimana caranya buat blog yang paling sederhana, biasanya sih dimulai dari blogspot.com dahulu, baru nantinya kamu akan diajari untuk ganti jadi .com, wordpress.com atau blog-blog dengan domain yang lebih dipercaya lainnya.

2. Membuat Blog Sederhana

1.      Setelah mengikuti kelas dari suatu komunitas, kamu akan mulai diajari cara membuat blog. Kalau yang sudah saya pelajari, saya membuat blog dari laman blogger. Begini urutannya:

        1.      Login ke Blogger.
2.      Di sebelah kiri, klik Panah bawah .
3.      Klik Blog baru.
4.      Masukkan nama blog.
5.      Klik Berikutnya.
6.      Pilih URL atau alamat blog.
7.      Klik Simpan.

Ketika memilih alamat untuk blog kita, pastikan menggunakan nama blog yang nantinya akan selaras dengan isi yang akan kita tuliskan di blog kita, agar blog kita memiliki ciri khasnya tersendiri dan orang akan lebih mudah mengingatnya.

1.         3. Rajin Membaca Artikel dan Konsisten Menulis

Nah, sekarang kamu telah memiliki blog sendiri. Yang harus kamu lakukan pertama kali adalah rajin membaca artikel agar ide kamu gak habis-habis. Dari membaca, nantinya kamu akan menemukan ide untuk membuat konten di dalam blogmu. 

Selain itu, secara gak langsung kamu juga bisa memperbaiki kualitas tulisan di dalam blog.

Ketika sudah memiliki blog, biasanya konsistensi dalam menulis menjadi kendala banyak orang. Jadi, usahakan untuk kamu yang serius mau menjadi blogger, konsistenlah menulis. 

Tulislah apapun dalam catatanmu dan berikan waktu khusus untuk membuat tulisan di blog. Jangan menulis di waktu luang, tapi luangkanlah waktumu setiap hari untuk membuat konten blog agar blogmu tidak diam di tempat nantinya

2.               4. Pelajari SEO dan Pilih Tema Yang Menarik

Dalam dunia blog, ada yang dikenal dengan nama SEO (Search Engine Optimization). SEO penting di dunia blog, tujuan mempelajarinya adalah agar blog yang telah kamu buat dapat berada di bagian atas ketika pembaca mencari informasi terkait dan banyak pengunjung yang akan mengunjungi blogmu.

Selain itu, pemilihan tema juga penting untuk menjaga kenyamanan pembaca ketika mengunjungi blog kita. Usahakan tidak menggunakan tema yang telah tersedia, carilah tema blog di luar dari tema yang telah disediakan. Ada kok yang gratis.

3.                5. Kembangkan Blog

Setelah blogmu telah mulai dikelola dan dirasa sudah harus naik level, kembangkanlah blog kamu dengan mengganti domainnya. Domain blog biasanya harus dibeli, harganya bervariasi. 

Mulai dari belasan hingga ratusan ribu, nantinya domain yang kamu gunakan akan berlaku selama setahun dan bisa diperpanjang tiap tahunnya. Kamu bisa membeli domain di domainesia, niagahoster, atau tempat-tempat terpercaya lainnya.

Itulah sedikit tips yang bisa kamu terapkan untuk menjadi seorang blogger, yang paling utama adalah konsisten menulis. Karena tanpa menulis blog kita tidak akan jadi apa-apa. 

Nahh, ngomong-ngomong tentang blogger, kalian pernah denger gak blogspedia? Buat para pemula yang belum tau, blogspedia itu tongkrongan untuk para blogger pemula, selain dengan mengikuti kelas dari komunitas blogger, kalian yang kesulitan nyari komunitas juga bisa mampir ke blogspedia ini. 

Di sana banyak disajikan tips menulis, tips SEO, juga melayani jasa content writing dan blog coaching. Jadi, buat para pemula bisa mulai stalking-stalking blogspedia nih, dijamin gak bakal bingung lagi deh untuk mulai ngeblog. Semoga bermanfaat!



kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

Posting Komentar