Pengikut

7 Kata-kata Bijak Dalam Al-Qur’an Yang Bisa Memotivasi Aku dan Kamu

kata-kata bijak dalam al-quran

kikichemist.blogspot.com,- Dalam hidup, manusia sering kali dilanda masalah dan kegelisahan. Bahkan, begitu banyak manusia yang berputus asa karena merasa tak memiliki solusi atas masalahnya, beberapa orang mencari buku-buku motivasi, pergi ke tempat hiburan, travelling untuk menyemangati dirinya.

Tapi, tahukah kamu? Di dalam kitab Al-qur’an, terdapat banyak kata-kata bijak yang bisa jadi motivasi buat kamu. 

Selain itu, kata-kata yang terdapat di dalamnya bisa nenangin kamu. Nah, kali ini ada 7 kata bijak di dalam Al-qur’an yang disajikan di artikel ini. Berikut kata-kata bijak dalam Al-qur’an yang bisa memotivasi kamu.


Q.S An-Nahl: 97


"Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik, dan sesungguhnya akan kami berikan balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (Q.S An-Nahl: 97)

Ayat ini menjelaskan, siapapun yang mengerjakan perbuatan baik, sekecil apapun itu, dalam keadaan beriman dan penuh keikhlasan, maka Allah akan memberikan kehidupan yang baik baginya, baik di dunia maupun di akhirat.

Allah juga akan membalasnya dengan pahala yang jauh lebih baik dari apa yang telah dikerjakan hamba tersebut. Tetaplah ikhlas dalam berbuat baik ya.

Q.S Ar-Rahman


“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?.” (Q.S Ar-Rahman)

Dilansir dari bersamadakwah.net, menurut Buya Hamka dalam tafsir al-azhar, ayat ini merupakan inti dari surah Ar-rahman. Ayat ini sangat tepat untuk membuat manusia berpikir betapa besar dan betapa banyaknya nikmat Allah.

Jadi, kita harus banyak bersyukur karena masalah yang menimpa kita itu gak sebanding dengan semua nikmat yang udah Allah kasih sama kita.

Q.S Al-Insyirah: 5-6

“Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S Al-Insyirah: 5-6)


Dilansir dari rumaysho.com, Syaikh Abu Bakr Jabir Al-Jazairi berkata, “bersama kesulitan itu ada kemudahan seterusnya dan selamanya.

Satu kesulitan tak mungkin mengalahkan dua kemudahan. Harapan seorang mungkin ingin bahagia selamanya (Aysar At-Tafasir hlm. 1482). Artinya, kita tak boleh berputus asa, selalu yakinlah bahwa pada tiap masalah kita selalu ada solusi yang membersamainya.

Q.S Al-Baqarah: 286


“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Al-Baqarah: 286)
Dilansir dari bersamadakwah.net, ayat ini menunjukkan bahwa Allah sangat lemah lembut kepada hamba-Nya dan menunjukkan betapa besar kasih sayang Allah.

Ibnu Katsir menjelaskan, sekalipun Allah Subhanahu wa Ta’ala melakukan perhitungan hisab, tetapi Dia tidak menyiksa kecuali terhadap hal-hal yang seseorang memiliki kemampuan untuk menolaknya.


Ada pun sesuatu yang seseorang tidak memiliki kemampuan menolaknya, misalnya bisikan hati, manusia tidak dibebaninya. Dan benci terhadap bisikan yang jahat termasuk iman.


Q.S Ar-Ra'd: 11


"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (Q.S Ar-Ra'd: 11)

Ayat ini seringkali menjadi motivasi untuk berbuat yang terbaik dan berjuang, namun ayat ini lebih tepatnya meminta kita untuk menjaga atau merawat agar anugerah yang baik dari Allah tak berubah menjadi buruk karena perilaku kita.

Q.S. Ibrahim: 7


“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (Q.S. Ibrahim:7).”

Dalam ayat ini, Allah mengingatkan hambaNya untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya.

Bila kita melaksanakannya, maka Allah akan menambah nikmat-Nya, Allah juga mengingatkan agar tak mengingkari nikmat-Nya, barangsiapa yang tak mau bersyukur maka Allah akan menimpakan azab terhadapnya.

So, jangan lupa bersyukur ya, karena banyak banget hal yang bisa kita syukuri.

Q.S. Al Baqarah: 153


“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q.S. Al Baqarah: 153)

Dilansir dari tafsir dalam Tafsirq.com, ayat ini memiliki makna Allah Subhaanahu wa Ta'aala memerintahkan kepada kaum mukmin untuk menghadapi urusan mereka dengan sabar dan shalat. Sabar artinya menahan diri terhadap hal-hal yang tidak disukai.

Ia terbagi menjadi tiga bagian: Pertama, sabar dalam menjalankan perintah Allah. Kedua, sabar dalam menjauhi larangan Allah, dan ketiga, sabar dalam menghadapi musibah yang menimpa dengan tidak keluh kesah.

Sabar berdasarkan ayat ini merupakan pertolongan yang paling besar dalam menghadap segala perkara.

Allah akan senantiasa memberikan pertolongan bagi manusia, yang jelas kita harus banyak bersabar dan meyakini Allah pasti akan membantu.
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

Posting Komentar