Pengikut

5 Film Terbaik Karya Anak Bangsa

 

Film terbaik karya anak bangsa

kikichemist.blogspot.com,- Berbicara mengenai film, banyak sekali film-film yang tayang di bioskop. Banyak film-film luar negeri yang ditonton oleh masyarakat Indonesia. Contohnya saja film Harry Potter yang tak pernah terlupakan dan selalu diingat sepanjang zaman. 

Namun, tahukah kalian bahwa Indonesia juga punya film keren yang selalu diingat sepanjang zaman loh. Film karya anak bangsa yang berbakat gak kalah dengan film luar negeri. Ini dia, 5 film terbaik Indonesia yang akan dibahas di artikel ini. Apa aja sih filmya?

1. Laskar Pelangi

Laskar pelangi merupakan film inspiratif yang tayang pada tahun 2008. Film ini diadaptasi dari sebuah novel karya Andrea Hirata, tentu kita sudah tak asing lagi dengan film yang satu ini. 

Laskar pelangi merupakan film garapan kerjasama antara sutradara Riri Riza, penulis scenario Salman Aristo, dan produser Mira Lesmana. Film ini setidaknya mendapatkan 7 penghargaan di tahun 2009.


Film ini bercerita tentang kehidupan anak-anak di desa Belitung yang bersekolah disebuah SD dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Sekolah yang bernama SD Muhammadiyah Gontong ini terancam ditutup oleh dinas pendidikan setempat karena kekurangan murid. 

Pemerintah memberi syarat minimal ada 10 siswa yang bersekolah, sementara murid yang terdapat di sekolah itu hanya 9 orang. Pak Harfan yang merupakan kepala sekolah SD tersebut hampir menyerah, tapi bu muslimah (guru) tetap percaya aka nada satu siswa lagi yang mendaftar. 

Akhirnya nasib sekolah tertolong karena ada 2 orang siswa yang mendaftar, yaitu Harun seorang siswa keterbelakangan mental dan Lintang siswa miskin yang jenius. Sejak saat itu, bu muslimah mendidik ke 11 muridnya dengan keikhlasan hati dan memberi julukan murid-muridnya laskar pelangi. 

Singkat cerita anak-anak laskar pelangi membuktikan bahwa mereka berprestasi dengan memenangkan beberapa perlombaan. Namun, ditengah rasa bahagia yang menyelimuti, 

Lintang siswa pintar di sekolah tersebut memutuskan berhenti sekolah karena ayahnya meninggal dan ia harus bekerja untuk menghidupi keluarga dan adik-adiknya. Selanjutnya, silakan ditonton filmnya ya bagi yang penasaran hihi.

2. 5 cm


5 cm adalah film drama Indonesia yang dirilis pada tahun 2012, film ini disutradarai oleh Rizal Mantovani dan merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama.  

Film ini bercerita tentang lima remaja yang telah bersahabat selama sepuluh tahun lamanya, suatu hari mereka merasa jenuh dengan persahabatannya, dan memutuskan untuk berpisah serta tak saling berkomunikasi selama 3 bulan lamanya. 

Setelah 3 bulan penuh kerinduan, banyak yang terjadi di antara mereka, sesuatu yang membuat mereka menjadi lebih baik menjalani kehidupan. Setelah 3 bulan berlalu, mereka kembali bertemu dan merayakan pertemuan merek dengan perjalanan penuh impian dan tantangan. 

Sebuah perjalanan hati demi mengibarkan sang saka merah putih di puncak tertinggi jawa, yaitu mahameru saat hari kemerdekaan (17 agustus), sebuah perjalanan penuh perjuangan yang membuat mereka semakin mencintai tanah air. Yang jelas filmnya seru, dan kalian wajib nonton.

3. Petualangan Sherina

Petualangan sherina

Untuk anak tahun 90-an tentu gak akan asing dengan film yang satu ini, film yang bergenre petualangan, drama sekaligus keluarga ini cukup menyedot perhatian di zamannya. 

Film petualangan sherina pertama kali rilis di tahun 2000, disutradarai oleh Riri Riza dan diproduseri oleh Mira Lesmana, beberapa kali film yang diperankan oleh sherina munaf dan Derby Romero ini mendapatkan penghargaan dan menjadi film anak-anak terbaik di zamannya.


Film ini bercerita tentang seorang gadis kecil bernama Sherina (Sherina Munaf) yang aktif dan punya banyak teman, ia memiliki kehidupan yang berwarna di kota Jakarta. 

Namun sayangnya, ayahnya harus pindah kerja ke bandung dan membuat mereka harus meninggalkan kota Jakarta. Hal ini membuat sherina sedih karena harus meninggalkan semua yang ia suka di Jakarta. Kesedihannya semakin bertambah ketika di hari pertama sekolah ia malah menjadi bahan rundungan teman laki-lakinya. 

Salah satunya sadam, anak dari majikan ayahnya. Singkat cerita, suatu hari mereka berdua sepakat untuk berteman dan pergi menjelajari hutan tanpa pengawasan, mereka diculik oleh komplotan kertarajasa yang menginginkan tanah orangtua sadam untuk bisnis propertinya. Petualangan mereka menjadi lebih seru ketika mereka mencoba untuk melarikan diri dari para penjahat.

4. Ketika Cinta Bertasbih

Rekomendasi film islami

Film ini merupakan adaptasi dari novel karya Habiburrahman El Shirazy, yang dirilis pada tahun 2009. Film ini bercerita tentang Azzam, seorang mahasiswa Al-Azhar yang memegang prinsip-prinsip islam. 

Selain menjadi mahasiswa, Azzam juga bekerja sebagai pembuat tempe dan bakso demi menghidupi keluarganya dikampung. Bahkan ia juga rela meninggalkan kuliahnya sementara untuk bekerja dan membantu keluarganya. 

Singkat cerita, ia bertemu dengan anna dan memiliki perasaan terhadapnya, Azzam berniat melamarnya namun Anna menerima lamaran dari sahabatnya, Furqan. Setelah menikah dengan Furqan, tak sekalipun ia menyentuh Anna, dan pada suatu hari Furqan mengatakan bahwa ia terkena HIV dan memutuskan bercerai dengan Anna. 

Azzam yang masih mencari jodoh meminta saran kepada kiai Lutfi dan kiai menceritakan sosok Anna, siapa sangka pada akhirnya Azzam menikah dengan Anna, wanita yang dicintainya sejak awal.

5. Ayat-ayat Cinta


Ayat-ayat cinta merupakan film karya Hanung Bramantyo yang diadaptasi dari sebuah novel best seller karya Habiburrahman El Shirazy. Film ini tayang perdana pada tahun 2008. 

Film ini menceritakan tentang Fahri bin Abdullah Shiddiq, seorang pelajar Indonesia yang berusaha menggapai gelar masternya di Al-Azhar Mesir. Ia adalah seorang lelaki taat dan tak pernah mengenal pacaran sebelum menikah. 

Fahri bertahan dengan menjadi penerjemah buku-buku agama, semua impiannya dijalani dengan penuh antusias, kecuali menikah. Hanya ada tiga perempuan yang dekat dengannya neneknya, ibunya, dan saudara perempuannya. 

Di Mesir, ia bertetangga dengan maria, seorang Kristen yang mengagumi Al-qur’an, ia secara diam-diam mencintai Fahri dan menceritakannya di dalam buku diary. Selain itu, seorang tetangganya bernama Noura yang sering disiksa ayahnya juga memiliki perasaan terhadap Fahri. 

Suatu hari, Fahri bertemu aisha dan singkat cerita mereka memutuskan untuk menikah, mendengar hal itu noura yang hamil karena diperkosa menuduh Fahri telah memperkosanya, dan masalah pun dimulai.

Nah, gimana? Kalian udah pada nonton filmnya? Bagus-bagus kan? Kalau belum nonton, jangan lupa untuk segera nonton, masih banyak bertebaran kok filmnya.


kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

Posting Komentar