Pengikut

Semarak HUT RI, Ini Tips Menang Lomba Cipta Puisi

Posting Komentar
tips menang lomba cipta puisi

kikichemist.com., Hai hai, apa kabar dear? Masih sehat atau masih sakit nih? Semoga di mana pun kalian berada tetep dalam keadaan sehat ya, seperti slogan HUT RI kita kali ini “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Semoga yang sakit segera pulih ya.

Kali ini, kita lagi berada di bulannya Indonesia nih. Hasil dari perjuangan para pahlawan kita, masih bisa kita nikmati hingga hari ini, jangan lupa untuk doain para pahlawan kita dear, karena tanpa mereka mungkin kita gak akan sebebas saat ini.

Oh iya, di bulan kemerdekaan ini kalian udah ikut lomba apa aja nih? Pasti banyak ya lomba yang digelar di lingkungan kita masing-masing, keseruannya menggema ke seluruh penjuru Indonesia.

Tapi, gak cuma lomba offline aja, di zaman digital juga semakin banyak perlombaan yang diadakan secara online oleh berbagai lembaga. Hadiahnya juga cukup menarik. Salah satunya lomba cipta puisi.

Di bulan kemerdekaan ini banyak banget lomba cipta puisi yang diadain dalam rangka menyemarakkan HUT RI. Tapi, ada juga lomba cipta puisi yang diadain bulan agustus meskipun bukan dalam rangka kemerdekaan.

Berhubung aku sukanya puisi, jadi kali ini kita ngomongin lomba cipta puisi aja ya dear hihi. Kalo kamu pecinta puisi, pasti gemes banget pengen naklukin puisi ini. Secara, buat puisi bukan hal yang mudah ya, tentu untuk itu kita butuh tips menang lomba cipta puisi.

Pentingnya Perlombaan Puisi


Puisi itu, salah satu karya seni yang sangat indah ya dear, keindahan makna yang tersirat kadang buat terkagum-kagum. Aku juga kadang mikir “kok ada ya orang yang bisa buat puisi kayak gini”, sangking kagumnya. Makanya kita butuh tips menang lomba cipta puisi biar bisa sehebat itu.

Karena keindahan puisi inilah, perlombaan cipta puisi menjadi penting. Kadang, untuk buat puisi sebait aja butuh energi ekstra dan gak jarang bisa selesai berhari-hari. Membuat puisi itu butuh belajar sering-sering, dan keahliannya gak bisa didapetin dalam waktu sekejap mata.

Makanya, bagi yang bisa menaklukkan puisi lewat lomba perlu kita beri applause. Tantangan membuat sebuah puisi akan meningkatkan kreativitas penulisnya, karena menulis puisi merupakan proses menuangkan pikiran dan perasaan dalam sebuah karya seni.

Selain itu, ketika kita sudah mahir menulis puisi, ini juga bisa menjadi peluang bagi kita untuk mendapatkan penghasilan. Beberapa media seperti basabasi.co dkk, menerima naskah puisi untuk diterbitkan oleh mereka.

Lomba Cipta Puisi Sebagai Persembahan Untuk Indonesia


Menjelang hari kemerdekaan kemarin, banyak diadakan lomba cipta puisi yang bertema kemerdekaan. Organisasi kepenulisan seperti FLP Medan juga turut menyelenggarakan lomba cipta puisi untuk memperingati semarak HUT RI.

Kenapa lomba cipta puisi?

Kalo ditanya begitu, tentu jawabannya karena puisi punya banyak kelebihan. Gak sembarang orang bisa nulis puisi yang bener-bener bagus, ya gak?

Dalam proses menulis puisi, ada penuangan rasa untuk menciptakan makna. Oleh karena itu, ketika menciptakan puisi untuk kemerdekaan Indonesia, perlu pendalaman untuk mengenal Indonesia terlebih dahulu, karena kalo gak kenal, bakalan susah merangkai cerita yang akan disamarkan dalam diksi.

Untuk itu, lomba cipta puisi ini merupakan persembahan special bagi Indonesia agar masyarakatnya semakin mengenal dan memiliki rasa yang mendalam terhadap negeri tercintanya.

Gimana Sih Caranya Biar Menang Lomba Puisi?

lomba cipta puisi

Nah, dari banyaknya lomba cipta puisi yang diadain. Saat mengikuti lombanya, pasti kalian ingin jadi pemenang kan dear? Siapa sih yang gak mau jadi pemenang lomba, selain buat kita makin mahir, juga bisa nambah portofolio kita kan.

Jadi, agar bisa menang lomba cipta puisi, kalian perlu melakukan beberapa hal. Ini dia, tips menang lomba cipta puisi, di antaranya:

  1. Konsisten belajar
  2. Sering baca puisi pemenang lomba
  3. Sering ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) puisi yang bagus
  4. Terus ikut lomba puisi agar terlatih dan menghasilkan puisi yang bagus
  5. Gak putus asa ketika gagal jadi pemenang

Inti dari sebuah perlombaan, yang penting kalian terus ikuti lomba sejenis dan tempa diri terus menerus, pasti bakalan bisa jadi pemenang. Untuk memudahkan kalian jadi pemenang, aku kasih beberapa tips deh biar kalian bisa makin belajar buat puisi.

Tips Menulis Puisi Yang Mudah Bagi Pemula

tips menulis puisi bagi pemula

Berhubung aku juga masih pemula, pastinya aku juga ngasih tips buat kalian para pemula dong. Jadi, setelah beberapa kali bergelut dengan materi terkait puisi, aku bisa ambil tips yang bisa kubagikan ke kalian. Semoga aja bisa bermanfaat dan memudahkan kalian.

1. Menulis Tidak Dengan Perasaan

Dari materi yang pernah aku terima sebelumnya dari kang Irfan, aku diberitahu, bahwa kalo nulis puisi itu kita gak boleh dalam keadaan gundah gulana. Karena Ketika kita menulis puisi dalam kondisi hati yang tidak tenang, nantinya puisi yang keluar malah curahan hati kita.

Pembaca itukan butuhnya feel dari puisinya ya, bukan feel dari curhatan kita. Jadi, tulislah puisi dalam keadaan hati yang tenang biar kita bisa berpikir lebih jernih.

Beberapa orang yang masih maksa nulis dalam keadaan galau pasti banyak yang menentang dan gak setuju (kayak aku dulu wkwk), tapi memang begitulah adanya. seiring dengan mahirnya kita menulis puisi, pasti kita juga bisa rasain perbedaannya.

Karena puisi dengan curhat itu dua hal yang berbeda, tapi curhat bisa kita selipkan di dalam puisi. Jangan lupa, tetep tuangkan rasa dalam puisinya biar sampai ke pembaca.

Hal ini juga harus kalian lakukan, karena ketika kalian gak ngerasa gundah lagi, nantinya kalian gak akan bisa nulis puisi dan jadinya malah buntu.

2. Perkaya Diksi

Hal selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah, perkaya diksi. Untuk memudahkan kita memutar kalimat dan menyelipkan makna dalam puisi, kita perlu memperkaya diksi. Caranya adalah dengan sering membaca puisi dan ambillah kata-kata yang belum pernah kalian gunakan.

3. Gunakan Thesaurus Untuk Mencari Sinonim

Ini dia, ketika menulis puisi kita memerlukan diksi yang banyak kan ya. Jadi, kalian bisa nyari diksi-diksi yang anti mainstream melalui thesaurus. Silakan cari sinonim dari kata sehari-hari yang kita punya, jadi kita bisa ambil bahasa yang berbeda tapi dalam artian yang sama.

4. Gunakan Metafora

Untuk nulis puisi, jangan ungkapkan makna secara gamblang ya dear. Namanya juga puisi, pasti maknanya suka bikin nebak-nebak pembacanya. Jadi, kalian bisa menggunakan metafora, atau kalimat yang tidak sebenarnya dalam puisi tersebut.

5. Sering Mengendapkan Puisi

Langkah selanjutnya ketika belajar menulis puisi, kalian harus sering mengendapkan puisi. Maksudnya di sini, silakan buat puisi. Nantinya puisi yang telah selesai kalian buat bisa kalian simpan dan buka lagi beberapa jam atau beberapa hari setelahnya.

Pasti aka nada sesuatu yang gak pas setelah kalian baca ulang, nah disaat itulah kalian bisa merubah diksi dalam puisi tersebut dan menggantinya dengan yang lebih cocok.

Tips Bermain Diksi Dalam Puisi

tips bermain diksi dalam puisi

Setelah beberapa tips menulis puisi tersebut, mari kita masuk ke lingkaran yang lebih kecil lagi. Kali ini kita masuk ke diksi. Kalian tau diksi kan? kalo di pelajaran bahasa Indonesia zaman SMA dulu, katanya diksi itu adalah pilihan kata.

Jadi, dalam puisi ini kita perlu banyak diksi biar puisi yang kita buat berasa banget feelnya, dan keindahannya juga semakin terlihat. Jadi, yuk ceki-ceki cara bermain diksi dalam puisinya.

1. Hindari Memilih Diksi Yang Sering Digunakan

Dalam membuat sebuah puisi, kita akan memilih kata-kata yang indah pastinya. Jadi, tips yang pertama itu, hindari diksi yang udah mainstream banget digunakan. Karena biasanya, diksi yang udah sering kali digunakan akan membuat puisi kita "anyep".

Misalnya pemakaian kata "kian", "kala", “asa” atau kata "semburat". Kata2 ini udah terlalu mainstream dan saya gak sarankan untuk digunakan dalam puisi ya.


Contoh:

"Kala sinar matahari menerpa"

"Perahumu kian dekat"

Atau

"Semburat cahaya senja"

2. Sering Membaca Dan Mendengarkan Puisi

Tips selanjutnya, perbanyaklah membaca dan mendengarkan puisi sebelum membuatnya. Kalau aku, biasanya sebelum buat puisi selalu research puisi-puisi yang bagus.

Kadang juga, aku dengerin puisi kemudian mencatatnya dalam buku, baru aku baca berulang-ulang kalimatnya.

Puisi dari para penyair cukup membantu kita untuk nulis puisi. Aku juga rekomendasiin kalian untuk dengerin puisi dari Iyut Fitrah, beliau ini biasanya menjadi tim payakumbuh poetry festival.

Menurutku, puisi beliau cukup bagus dan sering aku jadikan acuan. Kita bisa catat ulang, kemudian baca berulang-ulang untuk mengetahui pola puisinya, kemudian coba tiru polanya, bukan tiru puisinya ya wkwk.

Gak harus beliau dear, kalian bisa cari puisi dari sastrawan Indonesia yang lain, banyak kok yang bagus dan bisa kita pelajari polanya. Selama kita suka sama bunyi puisinya, akan lebih mudah bagi kita mengikuti polanya.


3. Tempatkan Diksi Sesuai Urutannya

Yup, kita harus menempatkan diksi ditempatnya, jangan sampai salah kamar. Maksudnya di sini, kita menempatkan diksi, harus sesuai dengan gimana enaknya dibaca dan biar kalimatnya ngalir. Bisa dibilang gitu kali ya, jangan buat diksinya berasa "tiba-tiba dateng".


Contohnya:

"Ketika jenggala menyapa"

Kata ini kayaknya kurang tepat deh dear, karena akan mengurangi "rasa" dalam puisi. Mungkin kata jenggala itu diksi yang indah, tapi kurang tepat jika diletakkan begitu.

Kalau mau menggunakan jenggala, lebih baik:

"Seketika jenggala hadir menapaki bumi"
Begitu juga kalau kita mau menggunakan kata anti mainstream seperti baskara, nabastala, eunoia, surya dll. Kita harus mikirin kata penyerta yang baik biar kalimatnya lebih indah dan ngalir ketika dibaca.

Gimana? Udah siap jadi pemenang belum nih dear? Tips menang lomba cipta puisinya udah, saatnya eksekusi.


Lomba Cipta Puisi Agustus 2022

Ada bonus nih! Setelah kita kulik-kulik tentang puisi, dan tau tips menang lomba cipta puisi, aku bakal kasih info lomba cipta puisi yang diadain agustus ini. Jadi, kalian bisa ikutin lombanya dan raih kesempatan jadi pemenang.

1. Lomba Cipta Puisi FLP Medan

lomba cipta puisi flp medan

Lomba cipta puisi FLP Medan ini udah lewat sayangnya dear, periode lombanya antara 17 Juli-17 Agustus 2022. Tanggalnya udah cantik banget untuk memperingati hari kemerdekaan, tapi sayangnya udah expired.

2. Lomba Cipta Puisi FLP Bekasi

lomba cipta puisi flp bekasi


Lomba yang diadakan FLP Bekasi ini ada dua kategori, tapi karena kita bahasnya puisi, jadi yang puisi aja kali ya wkwk. Kalian bisa ceki syaratnya di sini, lombanya juga bersifat gratis pokoknya.

3. Lomba Cipta Puisi Indihome

lomba puisi indihome

Periode lomba untuk perlombaan ini sampai akhir agustus nih dear, tepatnya 31 agustus 2022, lombanya gratis. Perlombaan ini merupakan kolaborasi indihome dengan ruang_nulis. Silakan dikepoin ya syarat dan ketentuannya di akun instagramnya mysumatera satu ini, silakan diklik.

4. Payakumbuh Poetry Festival

lomba cipta puisi payakumbuh

Perlombaan ini diadakan sampai tanggal 15 september 2022. Untuk syarat dan ketentuannya kalian bisa klik payakumbuh.poetryfest. Lomba ini bersifat gratis dan biasanya diadakan setiap tahunnya. Yuk ayuk silakan dikirim naskahnya.

Penutup

Setelah bahas-bahas tentang puisi, saatnya menangkan lombanya. Tips menang lomba cipta puisi udah, tips menulis puisinya udah, tips memainkan diksinya juga udah. Udah pada mahir dong nulis puisinya. Jangan lupa terus belajar ya dear. Penyair idola kalian siapa nih?
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

Posting Komentar