Pengikut

Resep Praktis Anti Gagal Kulit Dimsum

Posting Komentar
resep kulit dimsum
kikichemist.com,- Setiap daerah maupun negara pasti akan selalu memiliki makanan khasnya masing-masing. Makanan khas ini biasanya tercipta dari resep turun temurun para orangtua di zaman dahulu yang mengkonsumsi aneka makanan tradisional tersebut.

Kali ini, aku akan berbicara mengenai dimsum. Setelah bakso menjadi makanan paling dicintai masyarakat Indonesia, ternyata ada makanan lain yang saat ini merajai pasar. Belakangan, dunia kuliner dipenuhi dengan berbagai jenis dimsum, penjualnya pun semakin banyak lantaran minat mayarakat yang cukup tinggi terhadap makanan ini.

Mulai dari yang matang hingga frozen terus diproduksi oleh para pengusaha dimsum. Bahkan, di kota Medan sudah ada pabrik dimsum. Makanan yang terbuat dari bahan utama ayam, udang atau kepiting ini tergolong cukup mahal.

Maka dari itu, kita bisa saja membuatnya sendiri dirumah agar menghasilkan lebih banyak dimsum dan tentunya tak merogoh kocek yang sangat dalam. Untuk membuatnya, kita perlu membuat stok kulit dimsum terlebih dahulu. Maka dari itu, artikel ini akan menyediakan cara membuat kulit dimsum.

Sekilas Tentang Dimsum

Sebelum membuat kulit dimsum, ada baiknya kita mengetahui dulu sekilas sejarah mengenai dimsum.

Dimsum merupakan makanan asal cina yang mulai dikenal pada 618-908 M. Dimsum memiliki arti makanan kecil, yang biasa disantap saat sarapan. Namun di Indonesia, dimsum menjadi camilan kapan saja, baik saat nongkrong bersama teman, atau disela kegiatan mengobrol.

Awalnya, dimsum merupakan makanan sarapan para raja yang disantap bersama teh hitam. Tradisi ini terjadi di masa Dinasti Han pada tahun 206 SM yang dikenal dengan tradisi yumcha.

Kulit Dimsum dan Kulit Pangsit, Berbeda?

Berbicara mengenai kulit dimsum dan kulit pangsit, mungkin sekilas akan terlihat sama. Namun ternyata ada sedikit perbedaan dari cara membuatnya. Kulit dimsum biasanya dibuat dengan menggunakan air hangat menuju panas sedangkan kulit pangsit dibuat dengan menggunakan air dingin.

Penggunaan air hangat pada proses pembuatan kulit dimsum bertujuan agar kulit dimsum tetap lembut meskipun dimsum dimakan dalam keadaan dingin, karena proses pembuatan dimsum dengan cara dikukus.

Penggunaan kulit dimsum dan kulit pangsit sebenarnya bisa saling menggantikan, namun kulit pangsit nantinya akan lebih keras dibandingkan dengan kulit dimsum.

Resep Kulit Dimsum

Setelah mengetahui sedikit sejarah maupun perbedaan kulit pangsit dengan kulit dimsum, saatnya untuk membuat kulit dimsum yang sangat mudah.

Bahan:

  • Tepung terigu 10 sendok
  • Garam setengah sendok
  • Penyedap rasa (jika mau) sejumput
  • Air hangat menuju panas setengah gelas

Cara membuat:

  • Ambil 10 sendok tepung terigu dan letakan ke dalam wadah sisihkan
  • Di dalam setengah gelas air hangat menuju panas masukkan garam dan penyedap rasa lalu aduk sampai larut
  • Tuang air sedikit demi sedikit ke dalam wadah tepung kemudian campurkan menggunakan sendok hingga menggumpal
  • Lanjut uleni adonan dengan menggunakan tangan, tidak perlu sampai kalis, yang penting menyatu
  • Masukkan adonan ke dalam plastic lalu kemudian diamkan selama 1 jam.
  • Setelah satu jam, uleni kembali adonan lalu bagilah menjadi beberapa bagian kecil untuk di cetak
  • Tetap tutupi adonan yang belum dicetak dengan plastik agar adonan tidak mengering
  • Cetak adonan menggunakan ampia sesuai selera, jangan lupa lapisi adonan yang telah tercetak dengan tepung tapioka atau tepung maizena
  • Kulit dimsum siap digunakan

Membuat kulit dimsum ternyata tidak sulit, dan menghasilkan lembaran yang cukup banyak, daripada membeli kulit dimsum di luar, kita tidak tau proses pembuatannya, lebih baik kita buat sendiri. Untung resep dimsumnya, next time ya dear, selamat mencoba.
kikichem
Hello! Call me Kiki

Related Posts

Posting Komentar